10 Kandungan Zat Dalam Minuman Kopi

10 Kandungan Zat Dalam Minuman Kopi-Kopi memang bukan minuman yang asing lagi bagi pria maupun wanita. Banyak sekarang yang mengkonsumsi kopi setiap harinya dengan berbagai alasan. Untuk menambah semangat kerja di pagi hari atau penahan kantuk setiap malam hari.

Bahkan tanpa disadari, banyak orang yang tidak bisa melewatkan minuman hitam satu ini sehari saja. Jika anda penikmat kopi tentunya harus mengetahui berbagai kandungan yang ada di dalamnya.

Advertisement

Berikut merupakan 10 kandungan zat yang terdapat dalam minuman kopi:

10 Kandungan Zat Dalam Minuman Kopi

10 Kandungan Zat Dalam Minuman Kopi

  1. Air

Air (H20) memang menjadi kandungan dari minuman kopi. Walaupun dalam tahap pengeringan biji kopi, kadar kandungan air dalam kopi sudah mengalami penurunan.

Akan tetapi, air tetap menjadi kandungan dalam kopi yang tidak dapat dipisahkan. Karena 70 % dari tubuh kita memang harus terdapat kandungan air.

  1. Kafein

Kafein jelas menjadi salah satu kandungan yang ada di minuman kopi.  Kandungan yang satu ini termasuk zat psikoaktif. Jadi memiliki dampak agar orang yang meminumnya bisa tahan tidak tidur. Akan tetapi, tidak boleh berlebihan saat mengkonsumsi kopi.

Maksimalkan 2-3 cangkir kopi setiap harinya. Karena jika terlalu banyak terdapat dampak negatif seperti kanker dan gangguan tidur akut.

  1. Quinic Acid

Rasa asam yang terdapat dalam minuman kopi itu karena kandungan zat yang satu ini. Setiap kopi memang memiliki rasa asam yang berbeda-beda.

Advertisement

Jadi tinggal jenis kopinya seperti robusta maupun arabic itu tidak sama. Orang maag kadang dilarang minum kopi karena terdapat quinic acid.

  1. Putrescine

Kandungan putrescine di dalam kopi memang termasuk kecil. Putrescine merupakan zat dengan penguraian asam amino yang dikerjakan oleh bakteri E.Coli. jadi di dalam kopi zat ini sebagai pembusuk bakteri.

  1. Ethyphenol

Kandungan ini membuat bau yang spesial dalam kopi. Terdapat juga pheromone dan tar dalam kandungan yang satu ini. baunya itu seperti bau aspal, tapi jadi khas unik dari minuman kopi.

  1. Acetylmethylcarbino

Kandungan ini membuat kopi menjadi gurih. Zat ini sama dengan kandungan yang biasa digunakan dalam pembuatan popcorn yang memiliki rasa seperti mentega. Kandungan ini juga terdapat dalam mentega.

  1. Niacin

Jika dikonsumsi terlalu banyak tidak baik untuk hati. Tetapi juga terdapat dampak positif seperti meningkatkan HDL dan menurunkan LDL serta Trigleserida.

  1. Trigonelline

Kandungan ini membuat gigi menjadi tidak rusak dan memberikan rasa manis dalam kopi. Zat ini juga melawan zat streptococcus Mutans yang bisa mengakibatkan plak pada gigi.

  1. Dimethyl Disulfide

Kandungan ini terdapat dalam kopi yang masih hijau, belum dikeringkan dan di sangrai. Zat ini yang menyebabkan bau pada kotoran yang dikeluarkan oleh tubuh.

  1. Dicaffeoylquinic Acid

Minuman kopi mengandung zat yang satu ini, terbukti di dalamnya mengandung antioksidan yang tinggi.

Minuman kopi memang terdapat 10 kandungan zat yang ada diatas, terdapat berbagai dampak positif dan negatif dari berbagai kandungan tersebut.

Jadi yang perlu diingat tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi. Karena yang belebihan itu tidak baik untuk kesehatan.demikian simak juga

Advertisement
10 Kandungan Zat Dalam Minuman Kopi | Penulis | 4.5