2 Penyakit Yang Sering Menyerang Tanaman Kelapa Sawit

2 Penyakit Yang Sering Menyerang Tanaman Kelapa Sawit – Berbicara mengenai kelapa sawit, siapa yang tidak mengenal tanaman ini? Tanaman yang terkenal dapat menghasilkan minyak ini telah ada sejak dahulu.

Sudah banyak orang yang membudidayakan tanaman kelapa sawit karena selain dapat menghasilkan uang, membudidayakan kelapa sawit juga bisa mengisi waktu luang.

Advertisement

Akan tetapi, membudidayakan kelapa sawit bukan semudah seperti membalikkan telapak tangan. Pemilik dituntut untuk mengetahui lebih jauh mengenai  tanaman kelapa sawit.

Hal ini dilakukan bertujuan agar tanaman kelapa sawit yang dihasilkan akan berproduksi tinggi dan menghasilkan buah yang berkualitas.

Ketika membudidayakan tanaman kelapa sawit, pasti ada berbagai macam gangguan yang akan kita hadapi. Jika kita tidak segera mengatasi gangguan tersebut tanaman kelapa sawit yang kita budidayakan tidak akan berproduksi tinggi  dan buah yang dihasilkan pun tidak akan berkualitas.

2 Penyakit Yang Sering Menyerang Tanaman Kelapa Sawit

Salah satu gangguan yang sering dihadapi oleh pemilik tanaman kelapa sawit adalah penyakit. Penyakit memang hal yang sering kali dapat menyebabkan produksi tanaman menjadi menurun, matinya tanaman, hingga kegagalan panen. Sebenarnya, penyakit yang menyerang tanaman kelapa sawit bukan tidak ada penyebabnya.Wajib anda baca Penyakit Jagung Manis Susah Di obati Paling Mematikan

2 Penyakit Yang Sering Menyerang Tanaman Kelapa Sawit

Kebanyakan penyebab dari penyerangan penyakit terhadap tanaman kelapa sawit adalah karena kebersihan dilingkungan sekitar penanaman tidak dijaga.

Kotornya lingkungan sekitar penanaman akan menyebabkan bakteri, virus, dan cendawan penyebab penyakit mudah menyebar dan menyerang tanaman kelapa sawit.

Advertisement

Ada begitu banyak jenis penyakit yang sering menyerang tanaman kelapa sawit. Namun pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas dua dari diantara banyaknya jenis penyakit yang berpotensi menyerang tanaman kelapa sawit.

Dua diantaranya tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.Tulisan lain Penyakit Penyimpangan Fisiologis Pada Durian

Penyakit busuk pucuk

Penyakit busuk pucuk disebabkan oleh cendawan. Ada beberapa jenis cendawan yang dapat berpotensi menyebabkan penyakit busuk pucuk.

Beberapa jenis cendawa yang dapat berpotensi menyebabkan penyakit busuk pucuk adalah cendawan Fusarium sp, cendawan Gusarium sacchari, dan beberapa jenis cendawan lainnya.

Gejala awalnya penyakit busuk pucuk adalah pada bagian daun akan terlihat bercak-bercak berwarna kuning. Apabila dibiarkan saja, seluruh daun akan berwarna kuning.

Tidak hanya itu saja, daun  juga akan mengering dan terkulai. Jika daun sudah mengering, itu artinya penyakit busuk pucuk sudah parah.Simak juga Perawatan Mangga Supaya Cepat Berbunga Dan Berbuah

Penyakit busuk pucuk dapat dikendalikan dengan cara bagian tanaman yang terserang dicabut. Jika sudah tidak memungkinkan lagi, sebaiknya tanaman ditumbang agar tidak menyerang tanaman lainnya.

Penyakit tajuk

Penyakit tajuk disebabkan oleh faktor genetik. Gejala awal dari penyerangan penyakit tajuk adalah helaian daun akan melengkung serta berputar kebawah.

Apabila sudah terlalu parah, gejala awal akan berubah menjadi gejala berat. Gejala beratnya yaitu daun kelapa sawit akan membusuk dan mengering.

Penyakit tajuk termasuk penyakit yang dapat menyerang tanaman lainnya. Cara mengatasi penyakit tajuk adalah dengan memberikan pupuk yang mengandung unsur nitrogen yang lebih seperti pupuk urea pada tanaman yang terserang.

Mungkin hanya ini saja artikel mengenai 2 Penyakit Yang Sering Menyerang Tanaman Kelapa Sawit jangan lupa baca juga Mengenal Serangan Organisme Penyakit Pada Buah Melon

Advertisement
2 Penyakit Yang Sering Menyerang Tanaman Kelapa Sawit | admin | 4.5