Bunga Anggrek Vanda Sering Gugur Ini Penyebabnya

Bunga Anggrek Vanda Sering Gugur Ini Penyebabnya – Tanaman bunga Anggrek Vanda terkenal karena bunga yang sangat unik. Bunganya inilah yang menjadi primadona bagi penggemar tanaman hias. Namun, bagaimana kalau bunga yang menjadi  ciri khas dari Anggrek  vanda rusak? Pasti Anggrek  vanda tersebut sudah tidak menarik lagi dan tidak disukai lagi.

Sebagai pembudidaya yang baik, harusnya kita menjadi bunga Anggrek  vanda agar tidak rusak. Lantas, bagaimanakah cara mengatasi agar bunga pada Anggrek  vanda tidak cepat rusak? Biasanya, bunga vanda yang rusak pasti ada penyebabnya. Penyebabnya bisa dari berbagai hal. Seperti faktor genetik, faktor alamiah, serta faktor iklim.

Advertisement

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal yang menyebabkan bunga menjadi rusak, mari simak uraian di bawah ini.

Bunga Anggrek Vanda Sering Gugur Ini Penyebabnya

Bunga Anggrek Vanda Sering Gugur Ini Penyebabnya

Faktor genetik merupakan salah satu faktor penyebab rusaknya bunga pada anggrek. Apa itu faktor genetik? Faktor genetik merupakan faktor turunan. Apabila induk dari vanda ini merupakan induk yang bunganya cepat rusak, maka vanda tersebut akan mengalami hal yang sama.Penting di baca juga Kapan Bunga Anggrek Vanda Bisa Di Lakukan Repotting

Ada yang mengatakan faktor genetik ini tidak bisa diubah lagi dan akan tetap seperti itu hingga tanaman mati. Pernyataan itu salah. Sifat vanda yang bunganya sering rontok dan layu karena disebabkan oleh faktor genetik dapat diubah. Cara mengubahnya adalah dengan cara perbaikan sifat tanaman dengan cara hibridisasi atau persilangan.

Perbaikan tersebut tidak dapat kita lakukan sendiri. Perbaikan hanya dapat  dilakukan oleh para pemulia tanaman. Dengan begitu faktor genetik yang dimiliki oleh tanaman vanda akan hilang walaupun membutuhkan waktu yang lama.

Faktor alamiah

Tanaman Anggrek vanda yang gugur atau layu karena faktor alamiah adalah wajar. Faktor alamiah ini memang terjadi pada setiap tumbuhan. Tidak ada tanaman yang daunnya tidak gugur. Pasti semua tanaman daunnya berguguran pada saat waktu yang tepat. Oleh karena itu, jangan terlalu panik jika Anggrek vanda layu karena faktor alamiah.Tulisan terkait Manfaat kegunaan Bunga Anggrek Hias Wajib Anda ketahui

Faktor iklim

Bunga Anggrek Vanda Sering Gugur Ini Penyebabnya

Faktor terakhir yang mempengaruhi layu dan rontoknya bunga pada Anggrek vanda adalah faktor iklim. Faktor iklim terbagi lagi menjadi beberapa bagian. Beberapa bagian tersebut seperti angin, hujan, serta suhu. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ketiga faktor iklim tersebut, mari simak uraian berikut ini.

Faktor Angin

Angin merupakan salah faktor iklim yang dibutuhkan pada saat proses pembungaan pada Anggrek vanda. Namun, pada saat angin kencang, angin tersebut akan membuat daun dan bunga berguguran sebelum waktunya. Untuk itu, budidayakan vanda di tempat yang anginnya tidak terlalu kencang dan tidak terlalu sedikit.

Faktor Hujan

Hujan juga akan membuat bunga cepat rontok. Hujan yang datang secara terus menerus akan mengakibatkan sistem perairan menjadi terganggu. Terganggunya sistem perairan menyebabkan fotosintesis menjadi terganggu juga. Dengan begitu, jaringan yang terdapat di vanda, salah satunya bunga tidak dapat bergerak karena tidak ada fotosintesis yang masuk.Silahkan di baca dulu Kelebihan Spesies Tanaman Bunga Anggrek Alam Dan Manfaatnya

Faktor Suhu sekitar

Suhu yang tidak cocok untuk pertumbuhan Anggrek vanda adalah suhu yang terlalu tinggi dan berkepanjangan. Akibatnya bunga akan cepat rontok sebelum waktunya.

Advertisement

Tips Penting Membeli Bunga Anggrek vanda

Vanda merupakan salah satu jenis tanaman hias anggrek. Vanda telah dikenal sejak puluhan tahun yang lalu tepatnya sekitar tahun 1800 tahun yang lalu. Saat ini, peminat Anggrek vanda masih tinggi. Semakin banyak penggemar vanda, maka semakin banyak pula vanda baru yang bermunculan.

Bunga Anggrek Vanda Sering Gugur Ini Penyebabnya

Untuk mendapatkan tanaman hias Anggrek vanda ini bukanlah perkara yang sulit. Terutama bagi penggemar vanda yang baru masuk ke dunia tanaman hias. Apabila Anda termasuk penggemar Anggrek vanda yang masih baru masuk ke dunia tanaman hias dan Anda ingin membeli tanaman vanda, maka Anda bisa membelinya di toko penjualan tanaman hias.

Ketika Anda membeli tanaman hias Anggrek vanda di toko penjual tanaman hias, maka ketika Anda ingin membawa ke rumah Anda, Anda harus mengemasnya terlebih dahulu. Pengemasan vanda ini perlu dilakukan. Terutama bagi Anda yang jarak dari tempat pembelian ke rumah cukup jauh.Penting di baca Juga Cara Membuat Melon Berbentuk Kontak Dengan Rasa Manis

Apa tujuan vanda dikemas terlebih dahulu sebelum dibawa dengan menggunakan transportasi? Tujuan vanda dikemas terlebih dahulu sebelum dibawa dengan menggunakan transportasi adalah supaya vanda tetap dalam keadaan sehat dan utuh. Sangat fatal resikonya jika vanda tidak dikemas terlebih dahulu sebelum dibawa ke rumah.

Resiko yang fatal tersebut adalah tanaman akan mengalami sakit atau layu pada bagian-bagian tertentu atau bahkan tanaman vanda dapat mati. Untuk itulah, Anda diharapkan hati-hati ketika ingin membawa vanda ke rumah Anda. Lantas, bagaimanakah cara membawa Anggrek vanda agar tetap sehat sampai di rumah? Caranya adalah sebagai berikut.

Pembelian bibit Anggrek Vanda hingga tanaman remaja

Supaya lebih praktis ketika mengemas tanaman hias vanda ini dan membawanya pulang ke rumah Anda, sebaiknya Anda membeli bibit pada saat tanaman sudah remaja. Cara ini dinilai lebih mudah karena dalam segi cara membawanya lebih mudah dan dapat dalam skala yang banyak.Silahkan di baca dulu Pembibitan Mangga Secara Vegetatif Sambung Batang Pucuk

Namun, bibit yang sudah remaja ini harus dilepaskan dari pot dan media tumbuhnya terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin memakan bibit remaja ini. Salah satu hal yang perlu diperhatikan seperti bibit remaja harus dalam keadaan tidak basah.

Bunga Anggrek Vanda Sering Gugur Ini Penyebabnya

Cara melakukan pengemasan pada bibit remaja adalah sebagai berikut.

  1. Lepaskan bibit remaja dari pot dan media tumbuhnya.
  2. Usahakan bibit remaja tidak dalam keadaan basah.
  3. Bibit tersebut kemudian dimasukkan ke dalam kardus.
  4. Jangan lupa kardus dilubangi. Tujuannya agar sirkulasi udara ke dalam kardus bisa berjalan selama tanaman dalam proses dibawa dengan menggunakan transportasi.
  5. Pengisian bibit di dalam kardus tidak boleh sembarangan. Ada cara tersendiri ketika mengisi kardus dengan bibit. Cara meletakkan bibit remaja di dalam kardus adalah dengan menidurkan bibit remaja satu per satu ke dalam kardus dengan teratur. Lakukan hal seperti itu hingga kardus terisi penuh.
  6. Apabila kardus sudah penuh, selanjutnya bagian atas kardus tersebut ditutup dengan menggunakan koran.
  7. Tutup kembali kardus dan eratkan dengan menggunakan ikat tali rafia.

Itulah cara pengemasan bibit remaja anggrek vanda yang benar.Mungkin hanya ini saja yang bisa saya tuliskan mengenai Bunga Anggrek Vanda Sering Gugur Ini Penyebabnya semoga berguna dan membantu..tulisan terkait Lain Cara Pembibitan Varietas Jagung Manis Hibrida Panduan Pemula

Advertisement
Bunga Anggrek Vanda Sering Gugur Ini Penyebabnya | admin | 4.5