Cara Alami Membuat Tabulampot Mangga Cepat Berbuah

Cara Alami Membuat Tabulampot Mangga Cepat Berbuah – Setiap petani tanaman tabulampot mangga pasti menginginkan tanaman mangganya cepat berbuah lebat dan manis. Namun, sebelum berbuah biasanya tanaman mangga akan melewati proses pembungaan.

Tidak semua tanaman buah mangga dapat berbunga dengan cepat. Hanya tanaman mangga yang pemeliharaannya yang baik sajalah yang dapat berbunga dengan cepat.

Advertisement

Akan tetapi, sebenarnya munculnya bunga pada tanaman mangga dapat dipercepat lagi dengan cara merangsang agar bunga cepat muncul. Namun tentu saja terlebih dahulu tanaman mangga harus dipelihara dengan baik supaya memudahkan dalam proses merangsang pembungaan.

Bagaimanakah cara merangsang pembungaan pada tanaman mangga? Ada beberapa teknik yang bisa dipakai untuk merangsang pembungaan pada tanaman mangga. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Teknik Pencincinan Tanaman Mangga 

Teknik pencincinan ini merupakan teknik yang memanfaatkan batang untuk dilakukan pencincinan. Cara melakukan pencincinan adalah sebagai berikut.simak juga 7 Jenis Mangga Unggulan Paling Manis Bagus Untuk Budidaya

Cara Alami Membuat Tabulampot Mangga Cepat Berbuah

  1. Pilihlah terlebih dahulu batang yang akan dilakukan pencincinan.
  2. Kupas batang tersebut dengan melingkar selebar 12 cm.
  3. Jangan sampai kambium pada batang menjadi rusak karena dapat menyebabkan kematian pada tanaman mangga.
  4. Batang yang sudah dikupas kemudian dioleskan obat penyembuh luka hingga benar-benar rata keseluruh bagian yang dikupas.
  5. Penyembuhan batang ini akan berlangsung selama satu atau dua tahun yang akan datang.
  6. Namun, beberapa bulan kemudian, kambium akan membentuk kulit baru. Kulit baru tersebut juga akan muncul bunga pada ketiak daun.

Itulah cara melakukan teknik pencincinan.

  • Teknik Pencekikan Tanaman mangga

Cara melakukan teknik pencekikan adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan batang yang akan dilakukan pencekikan.
  2. Siapkan kawat sebanyakan tiga atau empat kali putaran.
  3. Lilitkan kawat tersebut pada batang tanaman mangga hingga benar-benar kencang.
  4. Tekuklah kedua ujung kawat tersebut.
  5. Bunga akan muncul setelah 3 atau 4 bulan yang akan datang.
  6. Ketika bunga telah muncul, lepaslah kawat ikatan supaya aliran fotosintat kembali lancar.

Itulah cara melakukan teknik pencekikan.

  • Teknik Perundukan Tanaman Mangga

Cara melakukan teknik perundukan adalah sebagai berikut.

  • Siapkan tali.
  • Ikatlan tali pada salah satu batang tanaman mangga.
  • Tarik tali tersebut sehingga tanaman mangga menjadi melengkung kebawah.

Dengan cara melakukan teknik perundukan ini, nantinya aliran fotosintat ke akar akan terganggu. Terganggunya aliran fotosintat ke akar akan membuat nutrisi ke akar menjadi terkumpul untuk pembentukan bunga. Pelepasan tali dapat di lakukan pada saat tanaman mangga telah muncul bunga. Bunga akan muncul biasanya pada beberapa bulan kedepan.Tulisan terkait Memilih Bibit Mangga Unggulan Bagus Cepat Berbuah

  • Pencacahan Mangga

Cara melakukan teknik pencacahan adalah dengan menusuk bagian batang utama dengan menggunakan pisau yang tajam. Batang utama dibacok memanjang dengan panjang 2 cm. Pemnusukan dapat dilakukan secara berselang-seling pada batang yang dekat dengan tanah.

Cara Alami Membuat Tabulampot Mangga Cepat Berbuah

  • Repotting Tanaman mangga

Repotting merupakan cara memindahkan tanaman dari tempat yang lama ke tempat yang baru. Biasanya repotting ini dilakukan pada tanaman mangga yang ditanam di dalam pot. Repotting dapat dilakukan setelah tanaman berumur kurang lebih satu tahun atau pada saat pot sudah bisa menampung tanaman mangga tersebut.

Advertisement

Perawatan Lanjutan Pada Tanaman mangga

Sebagai makhluk hidup, tanaman mangga perlu diperhatikan pertumbuhannya. Cara memperhatikan pertumbuhan tanaman mangga adalah dengan merawat tanaman mangga tersebut. Perawatan yang baik tentunya akan membawa hasil yang baik juga. Ada beberapa kegiatan yang perlu dilakukan ketika melakukan proses perawatan tanaman mangga.

Apa-apa saja kegiatan yang perlu dilakukan ketika melakukan proses perawatan tanaman mangga? Beberapa kegiatan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pemangkasan ranting mangga

Pemangkasan pada tanaman mangga perlu dilakukan. Jika tanaman mangga tidak dipangkas, maka pertumbuhannya menjadi tidak teratur dan tajuk tidak bisa terbentuk. Biasanya tajuk tidak terbentuk sendiri melainkan dibentuk dengan manusia. Dengan cara pemangkasan ini lah tajuk dapat dibentuk.

Jika pemangkasan digunakan untuk membentuk tajuk, pemangkasan dapat dilakukan pada awal pertumbuhan tanaman mangga. Selain itu, pemangkasan juga dapat dilakukan pada fase-fase tertentu. Contohnya seperti pada saat awal musim hujan dan pada saat sebulan setelah pemupukan.

Cara Alami Membuat Tabulampot Mangga Cepat Berbuah

Cara melakukan pemangkasan adalah tepat pada ruas tanaman tepatnya 70 cm diatas permukaan tanah. Pemangkasan dapat dilakukan dengan menggunakan alat bantu. Contohnya seperti gunting khusus untuk memotong batang tanaman. Tidak hanya batang, tunas air juga harus dipangkas. Tujuannya adalah untuk merangsang pembungaan.simak juga Media Tanam Mangga Pot Budidaya Terbaik Cepat Besar

Pemangkasan dapat dilakukan kembali pada saat tunas air telah muncul kembali. Tunas air sebaiknya dipangkas pada saat masa panen telah berakhir. Tunas air ini akan menyebabkan pemborosan hara karena banyaknya ranting-ranting yang akan diberikan hara. Pembentukan tajuk sebaiknya diarahkan kesamping agar lebih gampang ketika memanen buah mangga.

  • Penjarangan buah Untuk kualitas terbaik

Penjarangan buah merupakan hal yang perlu dilakukan. Penjarangan buah dilakukan pada saat masa panen tiba. Buah yang bergerombolan sebaiknya dibuang beberapa saja. Memang ada rasa sayang ketika ingin membuang buah. Namun, jika buah tidak dijarang maka buah yang dihasilkan akan kecil-kecil dan rasanya pun tidak manis.

Hal tersebut dikarenakan unsur hara dibagi-bagi keseluruh buah sehingga setiap buah tidak bisa mendapatkan unsr hara yang lebih. Apabila penjarangan buah dilakukan, unsur hara nantinya akan dibagi kebeberapa buah saja dan buah yang dihasilkan akan berukuran besar dan rasanya manis.

  • Penyiangan tanaman mangga Mingguan

Penyiangan merupakan menghilangkan gulma atau rumput liar disekitar lingkungan tanaman mangga. Gulma merupakan tempat bagi hama dan penyakit untuk berkembang biak. Jika tidak dibersihkan maka gulma akan menjadi sarang bagi hama penyakit. Untuk itulah lakukan penyiangan pada tanaman mangga supaya hama penyakit tidak menyerang tanaman mangga.

Cara melakukan penyiangan adalah dengan mencabut gulma dengan menggunakan tangan atau pun dengan menggunakan alat bantu. Buanglah gulma di tempat yang jauh dari tempat membudidayakan tanaman mangga.

Cara Alami Membuat Tabulampot Mangga Cepat Berbuah

  • Pembungkusan buah mangga supaya tidak busuk

Tujuan dari pembungkusan buah adalah supaya hama penyakit tidak menyerang tanaman mangga. Terutama pada bagian buah tanaman mangga. Jika sampai menyerang tanaman mangga, maka buah mangga tidak lagi berbentuk mulus

demikian sedikit ulasan mengenai Cara Alami Membuat Tabulampot Mangga Cepat Berbuah semoga bisa berguna dan bisa untuk di jadikan renungan membuahkan dan membungakan tanaman tabulampot mangga..baca juga Cara Merawat Mangga Supaya Cepat Berbuah Hitungan Bulan

Advertisement
Cara Alami Membuat Tabulampot Mangga Cepat Berbuah | admin | 4.5