Cara Budidaya kopi Secara Organik

Cara budidaya kopi secara organik – Tanaman kopi merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang paling banyak di cari di berbagai Negara belahan Dunia.Tak khayal,jika tanaman kopi untuk sekarang ini banyak di budidayakan di berbagai tempat baik Secara Organik maupun secara tradisional baik menggunakan stek batang,biji,okulasi dan cangkok..

Cara menanam kopi secara organik untuk saat ini paling bayak di gemari oleh sebagian petani.tak sedikit yang beralih haluan untuk Budidaya kopi secara organik dengan metode yang lebih canggih dan modern sesuai perkembangan zaman..

Advertisement

Di indonesia sendiri,tanaman kopi paling banyak peminatnya baik untuk di konsumsi maupun sebagai komoditas ekspor yang semakin tahun semakin melonjak permintaannya.Dengan demikian,para petanilah yang akan merasakan keuntungan jika semakin tahun penikmat dan pencinta kopi semakin bertambah pesat..

Bibit kopi Untuk budidaya Secara organik.

Sebelum melakukan budidaya kopi secara organik,petani biasanya memilih bibit kopi bagus serta memiliki farietas unggul.Bibit kopi yang bagus,nantinya juga akan di hasilkan buah yang lebat dan hasil panen yang cukup menguntungkan.

Di daerah indonesia hanya di kenal beberapa jenis kopi saja,antara lain jenis kopi Arabika,kopi robusta,kopi leberika dan kopi dari jenis excelsa lain jenis kopi,maka lain pula karakter gaya hidupnya serta memiliki sifat gaya hidup berbeda pula..

Bibit tanaman kopi juga wajib untuk kita sesuaikan dengan lokasi dan suhu udara di sekitar sebelum menanam.sebab tidak semua suhu bagus untuk kita budidayakan kopi,sebagai contoh saja,jika lokasi anda berada di ketinggian di atas 850 dpl,maka jenis kopi robusta lah paling cocok anda tanah dan budidayakan..

Begitu juga sebaliknya jika lokasi daerah anda berada di ketinggian antara 350-800 meter di atas permukaan laut,maka jenis kopi Leberika dan kopi excelsa yang paling tepat untuk anda budidayakan di daerah tersebut..

Memilih Bibit kopi secara cermat.

Jika lokasi serta suhu sudah anda ketahui,maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan bibit tanaman kopi yang memiliki kualitas unggul.selain itu,lahan juga sudah anda siapkan sebelum mencari atau melakukan pembenihan bibit kopi..

Kopi suka akan tempat yang lebih teduh serta rindang,maka dari itu,perlunya anda menyiapkan pohon peneduh sebelumnya sebelum menanam bibit kopi tersebut..Hal ini penting,untuk menghindari bibit pohon kopi nantinya jika sudah tumbuh besar sudah ada pohon peneduh yang mampu melindungi kopi dari sinar matahari langsung..

Ada beberapa jenis bibit kopi yang sangat bagus jika anda tanam,sebagai contoh saja dan saran,jika anda ingin menanam kopi jenis arabika,maka bibit yang paling bagus adalah dengan memilih bibit varietas S795 atau usda 762.selain itu,bisa juga dengan menggunakan jenis bibit kartika 1 serta kartika 2..

Untuk bibit kopi Robusta,saran saya,anda bisa menggunakan bibit kopi dari jenis varietas klon Bp 42 dan Bp 356 yang bisa anda beli di toko pertanian banyak kita jumpai baik secara online dan Offline..

Cara yang paling mudah untuk melakukan pembibitan kopi yaitu dengan dua cara yang bisa anda coba di rumah,yaitu dengan menggunakan teknik semai biji yang banyak di gunakan para petani untuk pembibitan jenis kopi arabika..

Lain halnya dengan jenis kopi Robusta,para petani lebih menyukai dengan teknik metode stek atau cangkok yang di yakini lebih memiliki kualitas bibit lebih unggul jika di bandingkan dengan teknik pembibitan lainnya..

Advertisement

Cara Menanam Bibit kopi Organik.

Jika lahan sudah siap,bibit sudah ada serta alat dan perlengkapan sudah kita siapkan,langkah selanjutnya anda bisa langsung melakukan penanaman bibit kopi tersebut..jika bibit sebelumnya sudah bereda dalam sebuah polybag,maka lakukan penggalian sesuai ukuran polybag..

Buat lubang sekitar kurang lebih 3-4 bulan sebelum bibit kita tanam,setelah lubang di buat,maka bisa anda berikan kapur-belerang dengan kombinasi sama,yaitu 250 gram untuk setiap lubang.selanjutnya biarkan saja lubang tersebut terbuka sampai bibit siap anda tanam.

Langkah selanjutnya,yaitu memberikan pupuk berupa kotoran kambing atau bisa juga dengan pupuk kompos sekitar satu bulan sebelum bibit kopi di tanam yang bisa langsung di masukan dalam lubang galian..

Makin dalam dan lebar lubang yang anda buat,maka akan semakin bagus untuk pertumbuhan bibit kopi tersebut.untuk dalam,bisa di sesuaikan dengan panjang polybag yang anda gunakan,Tidak ada patokan kusus untuk hal lubang penanaman,yang penting lubangi hingga polybag longgar supaya unsur hara lebih natural untuk pertumbuhan bibit tersebut..

Jarak paling ideal penanaman bibit kopi adalah 3×3 meter baik kopi robusta maupun jenis kopi arabika.sebelum menanam bibit kopi,jangan lupa untuk membuang plastik polybag,serta memotong daun atau cabang yang di rasa bibit terlalu besar bisa di sisakan 1-3 daun saja untuk setiap batang bibit..

Hal ini untuk mempercepat timbulnya tunas bar da bibit tidak akan goyang ketika terkena hembusan angin..dengan demikian,sistem perakaran akan semakin bagus dan cepat tumbuh dengan sempurna.saat menanam bibit,pastikan juga tegak lurus,struktur tanah timbunan padat..

Penyulaman bibit kopi yang mati.

Jika setelah beberapa bulan di lakukan penanaman,lihat dan periksa,jika ada bibit yang kita rasa kurang memiliki pertumbuhan sempurna bahkan bibit mati,kita langsung bisa melakukan penyulaman supaya di dapatkan tanaman kopi nantinya tumbuh dengan rata dan seimbang

Lakukan penyulaman pada bibit kopi yang mati dengan bibit sejenisnya.sangat tidak di sarankan menggunakan bibit kopi dengan varietas yang berbeda.untuk hasil yang lebih optimal,maka lakukan penyiraman dan perawatan secara berkala dan teratur supaya di dapatkan pertumbuhan bibit kopi yang lebih sempurna..

Pupuk Untuk Tanaman kopi unggul.

Banyak jenis pupuk yang sering kita temukan di pasaran dengan berbagai merek,namun tidak semua pupuk tersebut bagus untuk pertumbuhan tanaman kopi.Akan lebih bagus,jika pupuk yang di gunakan terbuat dari bahan Organik sebagai contoh bisa menggunakan pupuk berupa kompos..

Pupuk kompos bisa anda buat secara mandiri dengan mengumpulkan berbagai sampah dan ranting busuk selanjutnya kita olah menjadi sebuah Pupuk yang lebih bagus bagi pertumbuhan tanaman kopi.Pupuk yang di butuhkan untuk setiap batang,jika anda menggunakan pupuk organik berupa kompos,berkisar 2 Kg dalam 1 tahun sekali..

Dalam memberikan pupuk sendiri,juga harus menggunakan teknik,Tidak asal langsung tebar.yaitu dengan cara,mengitari batang kopi dengan cara di tanam.sebelumnya,sekitar batang kopi anda buat lubang,masukan pupuk,lalu timbun kembali,silahkan di sesuaikan sendiri masalah kedalaman dan lebar saat proses pemupukan..

Perhatikan juga tingkat Ph tanah di sekitar penanaman,jika Ph tanah mencapai 4,maka pemberian pupuk tersebut bisa kita campur menggunakan kapur berkisar 500 Gram untuk setiap batang yang bisa kita aplikasikan setiap 2 tahun sekali.

Advertisement
Cara Budidaya kopi Secara Organik | admin | 4.5