Cara Budidaya Labu Siam Pot Polybag

Cara Budidaya Labu Siam Pot Polybag – Tanaman Labu memiliki berbagai macam jenis. Salah satunya adalah labu siam salah satunya labu siam kuning dan labu siam air. Labu siam merupakan labu yang paling populer. Mengapa disebut labu yang paling populer? Hal ini dikarenakan labu siam paling banyak diminati oleh konsumen dibandingkan dengan jenis labu lainnya.

Tanaman sayur Labu siam dapat dikonsumsi saat masih kecil maupun sudah besar. Pada saat labu siam masih berukuran kecil, biasanya orang memanfaatkannya sebagai lalapan.

Advertisement

Sedangkan pada saat labu siam sudah berukuran besar, biasanya orang memafaatkannya dibuat sebagai sayuran. Tidak hanya itu, tanaman labu siam pun telah dibudidayakan oleh para petani. Labu siam merupakan tanaman yang merambat dan memerlukan para-para supaya dapat tumbuh dengan baik dan tidak berserakan.

Bagaimana cara budidaya labu siam yang baik itu? Cara membudidayakan labu siam yang baik adalah sebagai berikut.

Cara Budidaya Labu Siam Pot Polybag

Sebelum membudidayakan labu siam,  petani labu siam harus mengetahui syarat tumbuh bagi tanaman labu siam. Apa-apa syarat bagi tanaman labu siam? Syarat-syarat bagi tanaman labu siam adalah sebagai berikut.Cara Budidaya Labu Siam Pot Polybag

  • Tanaman labu siam dapat tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian 300-900 meter diatas permukaan laut.
  • Jenis tanah yang baik untuk membudidayakan tanaman labu siam adalah jenis tanah yang subur, gembur, tanahnya kering, sistem aerasi dan drainase yang baik.
  • pH tanah yang baik untuk budidaya labu siam adalah 5,5-6,4.

Mempersiapkan benih labu siam

Tanaman labu siam merupakan tanaman yang diperbanyak dengan menggunakan biji. Benih labu siam dapat dibuat sendiri atau pun dibeli di toko pertanian terdekat. Apabila petani ingin membuat sendiri benih labu siam maka bisa lakukan hal seperti berikut ini.

  • Siapkan tanaman induk labu siam yang sudah tua. Pilihlah induk labu siam yang sehat dan memiliki produktivitas yang tinggi.
  • Ambillah biji dari tanaman labu siam tersebut.
  • Biji tersebutlah yang digunakan sebagai benih.

Itulah cara membuat benih sendiri jika ingin membuat benih sendiri. Benih yang dibeli di toko pertanian haruslah benih yang bersertifikat. Sebelum menggunakan benih, sebaiknya pisahkan antara benih yang berkualitas dengan benih yang tidak berkualitas.

Caranya adalah benih terlebih dahulu direndam di dalam air hangat. Benih yang  tidak mengambang atau tenggelam berarti itu merupakan benih yang berkualitas. Sedangkan benih yang mengambang berarti itu merupakan benih yang tidak berkualitas.

Mengolah lahan dan penanaman Labu siam Pot Polybag

Sebelum penanaman dilakukan, olahlah lahan terlebih dahulu. Cara mengolah lahan adalah sebagai berikut.

  • Gemburkan tanah dengan cara dicangkul dengan kedalaman 21-24 cm.
  • Buatlah parit disekeliling tempat penanaman, Paritan dibuat bertujuan untuk sistem drainase.
  • Tidak perlu membuat bedengan ketika menanam labu siam ini.

Setelah lahan diolah, selanjutnya lahan bisa ditanam benih labu siam. Cara menanam benih labu siam adalah sebagai berikut.

  • Buatlah lubang tanm dengan jarak antar tanaman 300 cm x 300 cm.
  • Masukkan benih ke dalam lubang tanam.
  • Tutup lubang dengan menggunakan pemupukan dasar.

Penanaman labu siam telah selesai dilakukan.Cara Budidaya Labu Siam Pot Polybag

Perawatan dan Pemeliharaan setelah tanam.

Labu siam merupakan jenis tanaman yang merambat. Banyak petani yang sudah membudidayakan tanaman labu siam ini. Ketika melakukan budidaya labu siam, tentunya Anda harus melewati tahap pemeliharaan.

Memelihara tanaman labu siam bukanlah hal yang sulit. Ada beberapa kegiatan yang harus Anda lakukan ketika memelihara labu siam. Dan beberapa kegiatan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Penyiangan labu siam

Apa itu penyiangan? Penyiangan merupakan proses dimana Anda harus membersihkan lingkungan sekitar penanaman maupun ditempat penanaman labu siam dari gulma. Gulma adalah rumput liar yang akan membawa hama dan penyakit.

Apabila tidak segera dibersihkan, maka hama dan penyakit akan menyerang tanaman labu siam. Cara membersihkan gulma adalah dengan dicabuti dengan menggunakan tangan. Apabila pencabutan gulma ingin lebih mudah lagi, bisa dilakukan dengan cara tanah dicangkul terlebih dahulu.

Pencangkulan tanah membuat gulma naik ke atas dan memudahkan Anda untuk mencabut gulma. Gulma yang telah dicabut sebaiknya dibuang ke tempat yang jauh dari penanaman atau pun dikubur.

Memangkas tanaman labu siam melebatkan buah.

Tanaman labu siam perlu dipangkas. Apa tujuan dari pemangkasan itu sendiri? Tujuannya adalah supaya tunas dapat tersebar secara merata. Dengan begitu maka buah juga dapat tumbuh dengan merata dan banyak.

Advertisement

Pemangkasan dapat dilakukan apabila tanaman telah berusia sekitar 21-36 hari. Bagian tanaman yang akan dipangkas bukanlah cabang yang muda tetapi cabang yang sudah tua dan tidak produktif lagi.

Tidak hanya itu, apabila Anda menemukan daun-daun yang sudah tua dan sudah tidak produktif lagi, sebaiknya daun tersebut dibuang saja. Biarkan daun yang muda yang etap tumbuh.

Penyiraman Labu siam Harian.

Penyiraman perlu dilakukan karena mengingat tanaman labu siam sangat membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya. Penyiraman yang baik dapat dilakukan dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Dengan penyiraman tersebut, maka kebutuhan tanaman akan air dapat terpenuhi.

Pupuk terbaik Untuk Labu Siam.

Pemupukan yang dilakukan pada tanaman labu siam ada dua jenis, yaitu pemupukan dasar dan pemupukan susulan. Pemupukan dasar dilakukan pada saat pengolahan lahan. Pupuk yang digunakan adalah jenis pupuk kandang yang telah matang. Cara melakukan pemupukan dasar adalah dengan menaburkan pupuk diatas tanah atau lahan.Cara Budidaya Labu Siam Pot Polybag

Sedangkan pemupukan susulan dapat dilakukan 7-14 hari setelah penanaman. Pupuk yang digunakan adalah pupuk jenis NPK dengan dosis 98 gram per lubangnya.

Cara melakukan pemupukan adalah dengan membuat lubang pupuk disebelah lubang tanam. Masukkan pupuk ke dalam lubang pupuk. Setelah itu, tutup lubang pupuk dengan menggunakan tanah.

Memasang para-para Pada Labu siam.

Para-para merupakan bambu yang digunakan untuk menopang tumbuhnya tanaman. Para-para dapat dipasang pada saat tanaman telah mengeluarkan sulur-sulurnya.

Para-para dibuat dari belahan bambu tipis yang membentuk kotak-kotak. Ukuran kotaknya adalah 25 cm x 25 cm. Para-para harus memiliki kaki yang dibuat dengan ukuran tinggi 150 cm.

Pengendalian Hama penyakit Pada Labu Siam.

Berbicara mengenai hama dan penyakit, ada begitu banyak jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman. Hama dan penyakit sering kali muncul ketika tanaman masih muda atau pun tanaman sudah mau dipanen.

Hama dan penyakit dapat menyerang tanaman kapan pun. Penyebab datangnya hama dan penyakit bukan tidak ada sebab. Ada banyak hal yang menyebabkan tanaman labu siam terserang hama dan penyakit.

Salah satu penyebab timbulnya hama dan penyakit adalah karena kebersihan lingkungan kurang terjaga. Biasanya petani tidak mencabuti gulma yang ada disekitar lingkungan penanaman maupun di tempat penanaman itu sendiri.baca juga Cara Menanam Budidaya Kacang Kapri Pemula

Perlu diketahui bahwa gulma dapat menjadi inang bagi hama dan penyakit. Jika tidak dibersihkan maka tanaman akan terserang hama dan penyakit.

Ketika hama dan penyakit telah menyerang tanaman labu siam dan menunjukkan gejala-gejalanya, maka segera lakukan pengendalian. Apabila hama maupun penyakit belum menyerang tanaman labu siam, Anda harus waspada supaya hama atau pun penyakit tidak menyerang tanaman.

Jenis Hama Labu Siam

Apa-apa saja jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman labu siam? Dan bagaimana cara mengendalikan hama dan penyakit yang menyerang tanaman labu siam? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simaklah uraian di bawah ini.

  • Ulat grayak merupakan jenis hama yang sering menyerang tnaman labu siam. Ulat grayak menyerang pada bagian daun tanaman. Apabila penyerangan sudah parah, maka hanya tinggal tulang daunnya saja yang tersisa. Penyerangan ulat grayak dilakukan pada malam hari. Pada pagi hari, ulat grayak biasanya akan bersembunyi di dalam tanah.
  • Kepik juga merupakan hama yang menyerang bagian daun tanaman. Tidak hanya menyerang bagian daun tanaman saja yang diserang hama tersebut, bagian buah tanaman juga diserang oleh kepik. Gejala yang muncul ketika hama kepik telah menyerang tanaman adalah buah menjadi busuk dan lembek. Apabila penyerangan pada bagian daun tanaman, maka akan menyebabkan daun menjadi kering dan lama kelmaan akan rontok.
  • Penyakit layu disebabkan oleh cendawan Fusarium sp. Cendawan ini menyerang bagian tanaman muda atau pun bibit tanaman. Penyakit layu ini sangat berbahaya karena apabila penyerangan sudah parah maka menyebabkan tanaman menjadi mati.

Untuk memberantas hama dan penyakit bisa dilakukan dengan menyemprotkan cairan fungisida dan cairan insektisida. Untuk memberantas hama bisa menyemprotkan cairan insektisida dengan dosis yang telah ditentukan. Sedangkan untuk memberantas penyakit bisa menyemprotkan cairan fungisida dengan dosis yang telah ditentukan.

Penyemprotan cairan fungisida maupun cairan insektisida dapat dilakukan pada saat ada gejala serangan atau pada saat tanaman telah berusia 30 hari. Pada saat sudah muncul gejala serangan, segera lakukan penyemprotan cairan fungisida maupun cairan insektisida.

Penyemprotan dapat dilakukan dengan menggunakan sprayer yang halus. Tujuannya agar tidak terlalu berlebihan ketika cairan diberikan kepada tanaman labu siam.Demikian cara budidaya labu siam baik dalam pot,polybag dan lahan terbuka yang bisa anda lakukan di rumah.semoga berguna dan membantu.Artikel terkait Cara Budidaya Kubis Dalam Pot Polybag Pemula

Advertisement
Cara Budidaya Labu Siam Pot Polybag | admin | 4.5