Cara Menanam Budidaya Daun Bawang Pot Polybag

Cara Menanam Budidaya Daun Bawang pot Polybag – sayuran Bawang daun merupakan bahan pelengkap masakan. Ada beberapa masakan yang harus menggunakan bawang daun. Jika tidak menggunakan bawang daun maka masakan tersebut rasanya terasa hambar kurang enak di lidah..

Membudidayakan Daun Bawang dengan memanfaatkan lahan kosong disekitar rumah dapat dilakukan. Apalagi bawang daun merupakan sayuran yang dapat tumbuh didaerah mana saja. Baik itu didaerah dataran rendah maupun didaerah dataran tinggi.

Advertisement

Sebelum membudidayakan bawang daun, sebaiknya ketahuilah terlebih dahulu syarat tumbuh bawang daun. Syarat tumbuh bagi bawang daun diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Bawang daun dapat tumbuh ditempat yang bersuhu antara 19-24 derajat celcius.
  • pH tanah yang sesuai untuk pembudidayaan bawang daun adalah 6-7.
  • Semua jenis tanah dapat digunakan untuk pembudidayaan bawang daun. Contoh tanah yang sesuai untuk pembudidayaan anggrek seperti aluvial, andosol, dan beberapa jenis tanah lainnya.
  • Bawang daun merupakan tanaman semusim.

Sebelum membudidayakan bawang daun, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu benih. Benih bawang daun dapat dibuat sendiri atau tinggal dibeli di toko penjualan benih sayuran terdekat.

Benih bawang daun yang diproduksi sendiri dengan benih yang ada di toko penjualan benih memiliki kelebihan maupun kekurangan. Kelebihan dari benih yang diproduksi sendiri adalah tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memproduksi benih..Cara Menanam Budidaya Daun Bawang Pot Polybag

Cara Menanam Budidaya Daun Bawang Pot Polybag

Sedangkan kekurangan dari benih yang diproduksi sendiri adalah kualitasnya tidak terjamin. Kelebihan dari benih yang dibeli adalah kualitasnya terjamin. Sedangkan kekurangannya adalah harganya sangat mahal.

Petani di Indonesia kebanyakan menggunakan setek tunas untuk perbanyakan tanaman. Untuk lahan yang berukuran 120 meter persegi dibutuhkan kira-kira 1950 setek tunas bawang daun. Sedangkan jika menggunakan benih, dibutuhkan kira-kira 25 gram benih.

Pembibitan daun bawang unggulanCara Menanam Budidaya Daun Bawang Pot Polybag

Jika perbanyakan melalui benih, maka lakukanlah proses pembibitan terlebih dahulu. Cara melakukan pembibitan adalah sebagai berikut.simak juga Cara Budidaya Labu Siam Pot Polybag

  • Sediakan bedengan dengan ukuran panjang 1 meter dan lebar 2 meter.
  • Gemburkan tanah bedengan tersebut dengan cara dicangkul.
  • Taburkan pupuk kandang 6 kg diatas tanah bedengan. Campurkan antara pupuk kandang dengan tanah. Setelah itu ratakan bagian atas tanah.
  • Taburkan benih diatas permukaan tanah bedengan.
  • Tutup kembali dengan menggunakan tanah tipis.
  • Siramlah persemaian dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari.
  • Siram dengan menggunakan semprotan yang halus.
  • Bibit tumbuh setelah berumur kira-kira tujuh hari.
  • Bibit siap dipindahkan pada lahan terbuka saat sudah memiliki 4 helai daun.

Penanaman benih daun bawang

 

Setelah melakukan pembibitan dan umur bibit telah cukup untuk dipindahkan di lahan terbuka, maka lakukan penanaman. Cara melakukan penanaman adalah sebagai berikut.

  • Sediakan lahan dengan lebar 1 meter dan panjang disesuaikan dengan lahan yang tersedia.
  • Cangkul lahan tersebut hingga kedalaman 35 cm.
  • Buat bedengan dengan lebar 1 meter, panjang disesuaikan dengan lahan yang tersedia dan tingginya 35 cm.
  • Buat jarak antara bedengan satu dengan bedengan lainnya. Jaraknya adalah 35 cm.
  • Campurkan tanah lahan dengan pupuk kandang.
  • Pupuk kandang yang dipakai untuk dicampurkan dengan tanah lahan disesuaikan dengan luas lahan yang ada.
  • Pasang mulsa plastik jika mempunyai modal yang mencukupi.
  • Jarak antara tanaman satu dengan tanaman lainnya adalah 30 cm x 35 cm.
  • Ketika ditanam, usahakan bibit ditanam tegak lurus.
  • Penyiraman dapat dilakukan dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari.

Perawatan daun bawang harian

Bawang daun merupakan tanaman yang sudah banyak di budidayakan oleh masyarakat Indonesia. Mudahnya penanaman serta dapat ditanam dimana saja membuat bawang daun semakin senang untuk dibudidayakan.Cara Menanam Budidaya Daun Bawang Pot Polybag

Walaupun yang digunakan sangat terbatas, namun itu bukanlah penghalang bagi Anda yang ingin membudidayakan bawang daun. Membudidayakan bawang daun dilahan yang sempit kini telah banyak ditekuni oleh orang yang tinggal di kota tetapi tidak memiliki lahan yang cukup  luas untuk membudidayakan bawang daun.

Dengan memanfaatkan media berupa pot atau media vertikultur maka Anda khususnya yang tinggal di daerah perkotaan bisa membudidayakan bawang daun.simak juga Cara Menanam Budidaya Lobak Panduan Pemula

Membudidayakan bawang daun dapat mendatangkan nilai ekonomis. Ada sebagian orang yang membudidayakan bawang daun untuk mendatangkan nilai ekonomis dan ada yang memang hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ada bebebrapa hal yang sangat penting ketika membudidayakan bawang daun. Salah satunya adalah pemeliharaan tanaman bawang daun. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pemeliharaan tanaman bawang daun ketika membudidayakan bawang daun, mari simak uraian berikut ini.baca juga 

Pemeliharaan Daun bawang lanjutan

Pemeliharaan bawang daun yang benar akan membuat bawang daun tumbuh menjadi bawang daun yang berkualitas. Pemeliharaan ketika membudidayakan bawang daun diantaranya adalah sebagai berikut.

Advertisement
  • Proses penyiangan, pendangiran, dan pembumbunan

Ketika memelihara sayuran jenis lain, mungkin proses penyiangan, pendangiran, dan pembumbunan dilakukan secara terpisah. Namun, padda pemeliharaan bawang daun, proses penyiangan, pendangiran, dan pembumbunan dilakukan secara bersamaan.

Bagaimana cara melakukan ketiga prose tersebut secara bersamaan? Caranya addalah denan mencangkul bedengan terlebih dahulu.Cara Menanam Budidaya Daun Bawang Pot Polybag

Setelah selesai mencangkul tanah bedengan tentu rumput-rumput menjadi terangkat ke permukaan tanah. Rumput-rumput yang terangkat tersebut memudahkan Anda untuk mengambilnya. Mencangkul tanah bedengan sama saja Anda sedang melakukan pendangiran atau penggemburan.

Selain itu, pencangkulan tanah juga bertujuan agar tanah dapat menimbun batang perakan supaya tetap kuat.artikel terkait Cara Menanam Budidaya Mentimun Panduan Pemula

  • Proses penanggulangan hama dan penyakit

Setiap tanaman pasti pernah terserang hama dan penyakit. Sebelum hama dan penyakit menyerang bawang daun, sebaiknya lakukan pencegahan terlebih dahulu.simak juga

Namun, jika hama dan penyakit terlanjur menyerang bawang daun, sebaiknya tanggulangi hama dan penyakit tersebut. Ada beberapa jenis hama dan penyakit yang sering menyerang bawang daun.

Diantaranya seperti ulat penggerek daun yang menyerang bagian daun bawang daun. Ulat tanah yang menyerang bagian pangkal batang bawang daun. Dan Penyakit busuk batang lunak yang menyerang bagian batang tanaman bawang daun.

Hama dan penyakit yang menyerang tanaman bawang daun dapat ditanggulangi dengan menggunakan cairan insektisida. Cairan insektisida ynag diberikan harus sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan. Mengingat bawang daun nantinya akan dikonsumsi.

  • Proses penyiraman daun bawang

Tanaman bawang daun merupakan tanaman yang membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya. Tanpa adanya air, maka unsur hara di dalam tanah tempat bawang daun ditanam akan kurang.

Proses penyiraman yang baik dapat dilakukan pada pagi dan sore hari. Penyiraman harus dilakukan dengan merata dan tanaman harus basah.demikian semoga berguna Artikel terkait

Umur Waktu Panen Daun Bawang

Memanen daun bawang adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh semua petani sayuran kususnya bawang daun ini atau pun tanaman yang menghasilkan. Pasalnya panen tidak berlangsung setiap hari. Setiap jenis tanaman pasti berbeda-beda waktu pemanenannya.

Ada yang waktunya sangat cepat dan ada pula waktu pemanenannya yang sangat lama. Semuanya tergantung jenis tanaman apa.simak juga Cara Menanam Budidaya oyong Gambas Pemula

Salah satu sayuran yang dapat menghasilkan adalah bawang daun. Bawang daun merupakan sayuran yang dapat dipanen setiap dua bulan sekali.

Pemanenan yang cukup singkat di dunia pertanian ini membuat beberapa petani berpindah menjadi menanam bawang daun. Proses pemanenan yang tidak terlalu lama akan mendatangkan keuntungan bagi para petani.

Bagaimanakah ciri-ciri bawang daun yang sudah siap untuk dipanen. Ciri-ciri tanaman bawang daun yang sudah siap untuk dipanen adalah sebagai berikut.

  • Sudah berumur dua bulan.
  • Beberapa daun sudah mulai menguning.
  • Munculnya anakan kira-kira 8-9 anakan.

Itulah beberapa ciri-ciri menandakan tanaman daun bawang telah siap untuk dipanen.

Lantas, bagaimana cara memanen tanaman bawang daun yang baik? Cara memanen tanaman bawang daun yang baik caranya adalah dengan mencabut seluruh bagian tanaman.Cara Menanam Budidaya Daun Bawang Pot Polybag

Jika memungkinkan cabut seluruh bagian tanaman beserta akar-akarnya. Namun, apabila sebagian anakan akan dijadikan bibit, sebaiknya sisakan sebagian anakan ketika mencabut tanaman bawang daun.Baca Juga Cara Menanam Budidaya Pare Pot Polybag

Untuk lahan dengan luas 120 meter persegi dapat menghasilkan 1,2 kuintal daun bawang. Hasil yang banyak tersebut dapat Anda jual dan dapat menghasilkan nilai ekonomis yang tidak sedikit.

Saat seluruh hasil bawang daun dipanen, selanjutnya kumpulkan hasil tanaman bawang daun ditempat yang kering. Kemudian ikat hasil panen tersebut supaya tidak berserakan dan mencegah pembusukan.

Ciri Daun Bawang Siap Panen

Saat pemanenan telah selesai, selanjutnya lakukan proses pascapanen. Perlakuan pascapanen tanaman yaitu menyortir tanaman. Contoh menyortir tanaman seperti berikut ini.

  • Baung bagian akar yang sudah membusuk.
  • Daun yang sudah membusuk juga harus dibuang.
  • Lakukan pengelompokan antara tanaman bawang daun yang memiliki daun yang besar dan bawang daun yang memiliki daun yang kecil.

Itulah beberapa hal yang mesti dilakukan setelah proses panen selesai dilakukan.

Ketika Anda menjadikan penanaman bawang daun sebagai pekerjaan sampingan, maka Anda bisa mengatur waktu pemanenan yang tepat. Waktu pemanenan yang tepat harus direncanakan terlebih dahulu. Anda harus membuat jadwal pemanenan.

Pengaturan jadwal panen bisa dilakukan jauh sebelum penanaman berlangsung. Sebelum mengatur jadwal pemanenan, lakukan terlebih dahulu pengaturan jadwal penanaman.

Setelah mengatur jadwal penanaman barulah atur jadwal pemanenan. Apabila jadwal penanaman dan jadwal pemanenan telah diatur, selanjutnya Anda bisa menanam tanaman bawang daun.

Penanaman bawang daun dapat berpedoman pada jadwal yang telah Anda buat jauh sebelum penanaman bawang daun dilakukan.

Begitu pula dengan pemanenan bawang daun dapat berpedoman pada jadwal yang telah Anda buat sebelu penanaman dan pemanenan bawang daun dilakukan.Artikel terkait Cara Menanam Budidaya Sawi Hijau Pot Polybag

Advertisement
Cara Menanam Budidaya Daun Bawang Pot Polybag | admin | 4.5