Cara Menanam Budidaya Melon Panduan Lengkap

Cara Menanam Budidaya Melon Panduan Lengkap – Sebelum kita melakukan penanaman pada tanaman melon ini, ada baiknya jika kita mengetahui kunci sukses dalam melakukan penanaman  buah melon ini. Kunci sukses yang harus di terapkan ini bertujuan agar agribisnis melon unggul menuai laba yang maksimal.

Untuk melakukan pengolahan tanaman ini harus di lakukan dengan sebaik mungkin, baik itu pada pemilihan bibitnya, melakukan pengolahan lahan nya dan lain sebagainya. Yang di perlukan dalam melakukan penanaman ini ialah hanya kualitas dari tanaman tersebut.

Jika pengolahan di lakukan dengan cara yang baik dan benar, itu akan sangat berguna bagi kualitas tanaman melon nantinya. Berikut ini merupakan persiapan produksi yang dapat di lakukan oleh para petani melon. Jika anda ingin mengetahuinya, anda bisa langsung melihatnya di bawah ini..

Advertisement

Cara Menanam Budidaya Melon Panduan Lengkap

Sebelum melakukan proses penanaman, ada baiknya jika kita melakukan penetapan lokasi tanam terlebih dahulu.Cara Menanam Budidaya Melon Panduan Lengkap

Untuk lokasi tanam yang di gunakan ini harus berada di tempat lokasi yang lembab dan tentunya juga banyak mengandung air di dalamnya. Usahakan penetapan lokasi tanam ini harus di sekitar daerah yang berdataran tinggi.Baca juga Cara Menanam Kopi Robusta Kusus Pemula

Memilih Varietas Melon Unggul

Agar buah melon kita banyak di minati oleh orang-orang, maka hal yang harus kita lakukan ialah penetapan varietas buah melon tersebut. Usahakan varietas melon ini harus di sesuaikan dengan permintaan para konsumen, agar melon tersebut dapat laku dengan cepat di pasaran.

Jika di suatu daerah tersebut merupakan daerah yang memiliki ekonomi yang lebih rendah, maka hal yang harus kita lkukan ialah memilih jenis varietas yang sesuai dengan kondisi di suatu daerah tersebut.

Maka dari itu penetapan varietas ini sangat di perlukan sekali, agar masyarakat kalangan bawah juga dapat menikmati buah melon tanpa harus memikirkan harga buah melon yang sangat mahal.

Persiapan lahan Tanam melon

Persiapan lahan ini memang harus di tentukan dengan baik, karena lahan yang subur akan menghasilkan buah melon yang berkualitas baik pula.

Persiapan lahan yang akan di lakukan tersebut seperti memasang ajir, melakukan pencangkulan, melakukan pembersihan lahan dari sisa-sisa tanaman sebelumnya dan juga pemasangan mulsa pelastik agar buah melon dapat tumbuh dan berkembang tanpa terserang hama dan penyakit.

Cara Pembibitan Buah melon

Untuk pembibitan ini memang harus di lakukan sebaik mungkin, karena jika bibit tanaman melon bersifat unggulan, maka itu akan menambah kualitas tanaman melon untuk nantinya.

Biasanya untuk jenis bibit ini bisa di dapatkan melalui biji buah melon tersebut atau juga bisa di dapatkan di toko-toko pertanian terdekat.Cara Menanam Budidaya Melon Panduan Lengkap

Pilihlah bibit yang berkualitas unggulan, untuk pemilihan nya tersebut usahakan bibit tersebut tidak dalam keadaan yang rusak atau pecah-pecah. Jika di letakkan di dalam air dan bibit mengambang, itu tandanya bibit tanaman melon tersebut sudah tidak layak lagi untuk di pakai.

Cara Menanam melon

Penanaman melon dilakukan setelah bibit telah cukup umur. Sebelum penanaman bibit melon dilakukan, terlebih dahulu persiapkan lahan. Lahan dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum penanaman. Penanaman yang dilakukan pada bibit melon tidak boleh sembarangan jika petani melon ingin mendapatkan buah melon yang memiliki harga jual yang mahal.

Apakah ada hal yang penting ketika penanaman sedang dilakukan? Ya, ada. Hal penting tersebut adalah mengelompokan ukuran bibit. Bibit yang sama akan dikelompokkan pada blok yang sama. Pengelempokan ini dilakukan supaya pada saat pemanenan dapat dilakukan secara bersamaan karena umur penanaman sama.

Bukan hanya itu saja, tujuan dari pengelompokan ukuran bibit dan ditanam pada blok yang sama adalah supaya buah dapat seragam dan ukuran buah juga akan sama. Dengan begitu, ketika proses pengemasan sedang berlangsung tidak perlu bersusah payah karena buah telah seragam dari saat pemanenan langsung.Baca juga Cara Menanam Budidaya Sawi Hijau Pot Polybag

Ketika melakukan penanaman, usahakan perhatikan waktu penanaman dan sistem irigasi. Waktu penanaman dan sistem irigasi yang baik akan menjamin kualitas dari buah melon itu sendiri. Bukan hanya itu saja, memperhatikan waktu penanaman dan sistem irigasi perlu dilakukan supaya bibit nantinya tidak stres ketika proses pemindahan dilakukan.

Pemeliharaan Melon Harian

Pada masa pertumbuhan, tanaman melon perlu dilakukan pemeliharaan. Pemeliharaan tanaman melon ini bertujuan supaya tanaman melon dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang berkualitas.Cara Menanam Budidaya Melon Panduan Lengkap

Ketika memelihara tanaman melon, ada beberapa kegiatan yang perlu dilakukan. Beberapa kegiatan tersebut diantaranya adalah sebagai.

Pemupukan

Pemupukan merupakan hal yang perlu dilakukan. Tujuan dari pemupukan adalah supaya unsur hara di dalam tanah dapat tercukupi.

Bila unsur hara tercukupi maka tanah akan subur dan akan berimbas kepada tanaman melon akan menjadi tumbuh dengan subur. Ketika pemupukan berlangsung, usahakan pupuk yang diberikan sesuai dengan jumlah, jenis, dan aplikasinya.

Tujuannya adalah supaya pupuk yang diberikan tidak berlebihan dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan dari tanaman melon tersebut.Baca juga Cara Menanam Kopi Arabika Kusus Pemula

Pemangkasan Tajuk Melon

Tajuk tanaman juga perlu dipangkas. Pemangkasan tajuk tanaman ini bertujuan supaya produksi buah menjadi lebih banyak lagi. Percabangan yang dipangkas bukanlah sembarang percabangan.

Percabangan yang dipotong adalah percabangan yang akan mengurangi pengisian buah. Tidak hanya itu, tunas-tunas negatif juga perlu dipangkas.

Sirkulasi udara akan terhambat jika percabangan dan tunas tidak dipangkas. Serangan penyakit juga akan menyerang tanaman melon jika percabangan dan tunas tidak dipangkas.

Untuk itulah, supaya sirkulasi udara tidak terhambat dan serangan penyakit tidak menyerang tanaman melon, maka pemangkasan percabangan dan tunas yang memang sudah tidak terpakai perlu dilakukan.

Pengairan Dan penyiraman melon

Pengairan atau penyiraman juga perlu dilakukan supaya kebutuhan air akan tanaman melon tercukupi. Tanaman melon merupakan tanaman yang membutuhkan air yang banyak untuk kelangsungan hidup. Penyiraman dilakukan sesuai dengan keadaan cuaca pada saat itu…Cara Menanam Budidaya Melon Panduan Lengkap

Perawatan lain Dari Buah melon Budidaya

Melon adalah buah yang keberadaannya tengah dicari oleh konsumen dan pasar. Rasanya yang enak serta memiliki bentuk yang besar membuat melon semakin disukai oleh para konsumen melon ini. Sayangnya, pasokan melon yang masuk ke pasaran dengan permintaan konsumen tidaklah sama.

Bagi Anda yang menginginkan menggeluti dunia bisnis buah-buahan, maka Anda bisa membudidayakan tanaman melon ini. Apakah Anda tertarik? Jika Anda tertarik marilah simak uraian berikut ini.

Ketika membudidayakan melon, ada beberapa kegiatan yang perlu Anda lakukan. Beberapa diantaranya adalah seperti penyemaian. Penyemaian merupakan proses awal pada saat tanaman akan ditanam dilahan terbuka. Penyemaian pada tanaman melon perlu dilakukan untuk menghasilkan melon yang bermutu.

Setelah melakukan penyemaian selanjutnya bibit melon dapat dipindahkan pada lahan terbuka. Di lahan inilah tanaman melon akan tumbuh dan berkembang. Pada saat pertumbuhan tanaman melon, usahakan Anda memperlakukan melon dengan baik. Memperlakukan melon dengan baik pada saaat masa pertumbuhan melon sangat diperlukan.

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan ketika memelihara tanaman melon. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah seperti di bawah ini.Baca juga Cara Menanam Kopi Ateng Kusus Pemula

Pengikatan tanaman Melon

Apakah pengikatan tanaman ini diperlukan? Ya, pengikatan tanaman sangat diperlukan. Apakah tujuan dari pengikatan tanaman melon? Tujuan pengikatan tanaman melon adalah supaya tanaman dapat merambat pada ajir yang telah dipasang. Tanaman melon merupakan tanaman yang merambat.

Oleh karena itu, ajir perlu dipasang agar tanaman memiliki tempat merambat. Agar tanaman melon dapat merambat dengan baik, perlu dilakukan pengikatan. Jika tidak diikat, maka tanaman tidak akan merambat pada ajir yang telah dipasang. Cara mengikat tanaman adalah dengan mengikat batang tanaman dengan menggunakan tali rafia.Cara Menanam Budidaya Melon Panduan Lengkap

Advertisement

Pengikatan ini dapat dilakukan pada saat tanaman telah berusia 13 hari. Lakukan pengikatan setiap 6 hari sekali. Pengikatan dapat dihentikan ketika ikatan telah mencapai ujung ajir.

Pemangkasan tanaman melon

Pemangkasan tanaman bertujuan untuk membuang tunas-tunas yang dapat merugikan tanaman. Ada begitu banyak tunas dan cabang yang dapat merugikan tanaman. Biasanya tunas tersebut tumbuh pada ketika daun. Pemangkasan perlu dilakukan apabila tunas telah tumbuh dan dapat merugikan tanaman saja.

Pemangkasan yang dilakukan tidak boleh sembarangan. Pemangkasan dapat dilakukan pada ruas pertama hingga ruas ke delapan hingga tersisa satu helai daun saja. Untuk cabang atau tunas yang berada di ruas ke sembilan hingga ruas ke dua belas tidak perlu dipangkas karena nantinya ruas tersebut sebagai tempat tumbuh calon buah.Cara Menanam Budidaya Melon Panduan Lengkap

Pemilihan buah Unggul Melon

Buah yang baik merupakan buah yang berasal dari ruas ke sembilan hingga ruas ke dua belas. Pada ruas tersebut buah yang akan dihasilkan nantinya akan sangat bagus dan berkualitas. Usahakan buah yang tumbuh pada ruas tersebut terus dijaga dan jangan sampai ada hama atau penyakit yang menyerang buah tersebut.

Pengendalian Hama penyakit Buah melon Budidaya.

Tanaman melon merupakan tanaman yang tidak luput dari serangan hama. Ada begitu banyak jenis hama yang sering menyerang tanaman melon. Serangan hama dapat membuat produksi dari tanaman melon menjadi menurun. Bahkan, serangan hama yang sudah parah akan mengakibatkan gagal panen.

Penanggulangan hama sebenarnya dapat ditanggulangi sejak dini. Namun, tidak banyak petani melon yang melakukan penanggulangan hama sejak dini. Penanggulangan hama sejak dini bisa membuat hama tidak akan menyerang tanaman melon. Dengan cara menanggulangi hama maka produksi melon tidak akan menurun.Cara Menanam Budidaya Melon Panduan Lengkap

Apa-apa saja jenis hama yang dapat menyerang tanaman melon? Jenis hama yang dapat menyerang tanaman melon diantaranya adalah sebagai berikut.Baca Juga Membuat Media Tanam Pepaya California

Hama Ulat daun

Ulat daun termasuk hama yang sering menyerang tanaman melon. Ulat daun ini menyerang bagian daun tanaman melon. Penyerangan ulat daun akan mengakibatkan proses fotosintesis menjadi terganggu. Hal ini dikarenakan prose fotoisntesis terjadi pada bagian daun tanaman.

Ciri-ciri dari penyerangan ulat daun adalah daun tanaman akan tampak menggulung dan juga tampak berlubang. Jika penyerangan sudah parah, maka ulat daunakan memakan seluruh bagian daun tanaman melon. Bagaimana cara menanggulangi hama ulat daun ini? Cara menanggulangi ulat daun ada dua cara.

Yaitu dengan cara kimiawi atau dengan cara kultur teknis. Jika ingin menggunakan cara kimiawi maka bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan insektisida sesuai dengan dosis.

Sedangkan jika ingin menggunakan cara kultur teknis maka bisa dilakukan dengan cara memangkas cabang sekunder dan hanya  meninggalkan batang utama saja. Nantinya batang utama tersebut yang akan dipelihara.

Hama Kutu kebul

Kutu kebul biasanya bersembunyi pada bagian bawah daun tanaman. Kutu kebul ini ukurannya sangat kecil. Jika hanya dilihat dengan mata biasa maka akan terlihat kutu berwarna putih saja yang bergerombolan. Gejala yang ditimbulkan dari penyerangan kutu kebul ini adalah daun tanaman akan berubah warna menjadi berwarna kuning dan daun tanaman juga akan mengeriting.

Cara menanggulangi kutu kebul adalah ddengan menyemprotkan cairan insektisia yang berbahan aktif sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.

Hama Oteng-oteng

Oteng-oteng merupakan hama yang paling sering menyerang tanaman melon. Oteng-oteng ini menyerang bagian daun tanaman.

Gejala yang ditimbulkan dari serangan hama oteng-oteng adalah daun akan menjadi kering dan berubah warna menjadi kecokelatan. Hama oteng-oteng ini jika penyerangannya sudah parah maka produksi buah akan berkurang.Cara Menanam Budidaya Melon Panduan Lengkap

Penyerangan hama oteng-oteng biasanya melalui tanah dan akhirnya menyerang tanaman melon. Penyerangan yang tidak segera ditanggulangi akan mengakibatkan tanaman menjadi layu dan akhirnya tanaman akan mati.

Pengendalian hama oteng-oteng ini dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan insektisida sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.Baca juga Resep Masakan Saus Sambal Sayur Pepaya Sederhana

Hama Lalat putih

Lalat putih juga menyerang bagian daun tanaman. Serangan lalat putih akan mengakibatkan warna daun melon berubah menjadi berwarna kuning. Pengendalian lalat putih dapat dilakukan dengan cara memangkas daun yang terserang lalat buah kemudian dibuang sejauh-jauhnya dari tempat penanaman.

Jenis penyakit melon Dan tata Cara pengendalian.

Serangan penyakit yang terjadi pada melon telah sering terjadi. Serangan penyakit ini biasanya disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur atau fungi. Munculnya serangan penyakit tersebut bukan karena tidak ada penyebabnya. Kebanyakan petani melon tersebutlah yang menyebabkan penyakit menyerang tanaman melon.

Penyebab serangan penyakit biasanya adalah genangan air yang disebabkan oleh penyiraman yang terlalu berlebihan sehingga air menggenang pada tanah disekitar penanaman.

Selain itu, gulma atau rumput liar juga merupakan penyebab dari serangan penyakit pada melon. Gulma yang tidak pernah dibersihkan akan menjadi inang bagi penyakit.

Apa-apa saja jenis penyakit yang sering menyerang tanaman melon? Jenis penyakit yang sering menyerang tanaman melon diantaranya addalah sebagai berikut.

Penyakit Busuk buah Melon

Penyakit busuk buah terjadi karena disebabkan oleh Phytophtora nicotianae. Penyakit busuk buah ini biasanya menyerang tanaman melon yang mana saja. Baik itu bagian batang tanaman atau pun bagian daun tanaman. Apabila penyakit busuk buah ini menyerang bagian batang tanaman maka akan ditandai dengan timbulnya bercak cokelat.

Bercak cokelat tersebut biasanya disertai dengan air dan memanjang. Sedangkan penyakit busuk buah yang menyerang bagian daun tanaman akan menyebabkan daun menjadi seperti tersiram air panas pada satu titik kemudian menyebar keseluruh bagian daun. Penyerangan pada bagian buah ditandai dengan adanya bercak kebasahan yang berwarna cokelat bercampur hitam.Baca juga Keuntungan Menanam Melon Pot Polybag

Penyerangan penyakit busuk buah ini sangat fatal akibatnya jika tidak segera ditangani. Yang akan terjadi apabila tidak dilakukan penanggulangan adalah tanaman melon akan menjadi mati layu.

Bagaimana cara menanggulangi penyakit busuk buah? Cara menanggulangi busuk buah adalah denngan mencabut tanaman yang terserang penyakit setelah itu dilakukan pembakaran.

Penyakit Antranoksa Buah melonCara Menanam Budidaya Melon Panduan Lengkap

Antranoksa merupakan salah satu jenis penyakit yang sering menyerang tanaman melon. Penyerangan penyakit antranoksa disebabkan oleh bakteri Collectotrichum. Tanda-tanda dari serangan penyakit antranoksa adalah munculnya bercak yang berwarna cokelat pada bagian tanaman yang diserang.

Penyakit ini akan menyerang seluruh bagian tanaman jika dibiarkan terlalu lama. Pembusukan akan terjadi jika penyakit antranoksa ini dibiarkan begitu saja. Bagaimanakah cara menanggulangi penyakit antranoksa ini? Cara menanggulanginya adalah dengan mencabut bagian tanaman yang terserang lalu dapat dibakar.

Untuk mencegah penyakit antranoksa dapat dilakukan dengan caram mengatur jarak tanam dan merendam benih di dalam cairan fungisida sesuai dengan dosis. Bagian lahan tanaman yang telah mati dapat dibersihkan sebelum ditanam dengan tanaman melon yang baru.

Penyakit Bercak daun bersudut Melon

Penyerangan penyakit bercak daun bersudut ini disebabkan oleh bakteri. Bakteri penyebab penyakit ini biasanya menyebar pada air yang menggenang disekitar tanaman. Gejala yang ditimbulkan dari serangan bercak daun bersudut adalah munculnya bercak bersudut berwarna putih.

Lama kelamaan bercak tersebut berubah warna menjadi cokelat lalu mengering dan berlubang. Cara menanggulangi penyakit bercak daun bersudut ini adalah dengan menyemprotkan cairan bakterisida sesuai dengan dosis.

Untuk mencegah serangan penyakit ini adalah dengan menghindari penyiraman yang dilakukan dengan menggunakan air irigasi.Mungkin hanya ini saja tulisan tentang Cara menanam budidaya Melon Panduan lengkap Kali ini,semoga bisa membantu dan berguna..baca Juga Varietas Unggul Benih Tanaman Melon

Advertisement
Cara Menanam Budidaya Melon Panduan Lengkap | admin | 4.5