Cara Menanam Budidaya Mentimun Panduan Pemula

Cara Menanam Budidaya Mentimun Panduan Pemula – Budidaya mentimun telah dilakukan oleh para petani di Indonesia. Banyaknya permintaan akan mentimun dipasaran menjadi pemicu banyaknya petani yang membudidayakan mentimun. Mengapa permintaan mentimun makin bertambah banyak?

Hal ini disebabkan karena mentimun banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Mentimun memiliki berbagai macam kegunaan, contohnya seperti dibuat rujak, dibuat lalapan, atau pun dibuat acar.

Advertisement

Karena banyak diolah menjadi makanan ini lah membuat mentimun semakin banyak diminati oleh masyarakat. Mentimun merupakan jenis tanaman yang dapat hidup diberbagai jenis tanah.

Baik itu di tanah gembur maupun di tanah yang berpasir ringan. Mentimun juga dapat di budidayakan di daerah dataran rendah maupun daerah dataran tinggi.

Tanaman mentimun merupakan tanaman semusim. Apabila sudah berbuah, maka tanaman ini akan mati.Dalam budidaya mentimun bukanlah hal yang sulit. Pemeliharaannya pun tidak sulit.Cara Menanam Budidaya Mentimun Panduan Pemula

Cara Menanam Budidaya Mentimun Panduan Pemula

Untuk mendapatkan mentimun yang berkualitas, maka lakukanlah penanaman yang baik pula. Bagaimana cara membudidayakan mentimun yang baik? Caranya adalah sebagai berikut.

Syarat tumbuh Mentimun

Ada beberapa persyaratan tumbuh bagi mentimun. Apa-apa saja persyaratan tumbuh bagi mentimun? Syarat tumbuh bagi tanaman mentimun adalah sebagai berikut.

  • Dapat tumbuh di daerah dataran rendah maupun daerah dataran tinggi.
  • Ketinggian tempat yang baik cocok untuk budidaya mentimun adalah 1100-1900 meter diatas permukaan laut.
  • pH tanah atau keasaman tanah yang cocok untuk budidaya mentimun adalah 5-8.
  • Membutuhkan sinar matahari yang cukup.

Itulah syarat tumbuh bagi tanaman mentimun.

Mempersiapkan benih Metimun Unggul.

Sebelum budidaya mentimun dilakukan, sebaiknya persiapkan benih terlebih dahulu. Benih untuk budidaya mentimun dapat dibuat sendiri ataupun dibeli di toko pertanian terdekat. Apabila ingin membeli benih di toko pertanian, belilah benih yang bersertifikat.Cara Menanam Budidaya Mentimun Panduan Pemula

Namun, apabila ingin membuat benih sendiri, maka pilihlah mentimun yang berkualitas untuk dijadikan benih. Ciri-ciri mentimun yang berkualitas adalah sebagai berikut.

  • Dipilih dari buah mentimun yang telah masak pohon.
  • Memiliki bentuk yang normal.
  • Bebas hama dan penyakit.

Setelah mengetahui ciri-cir mentimun yang berkualitas, selanjutnya buatlah benih. Cara membuat benih adalah sebagai berikut.Baca juga Cara Menanam Kopi Arabika Kusus Pemula

  • Ambil salah satu buah mentimun yang berkualitas.
  • Belah buah mentimun dan kemudian keluarkan isinya.
  • Jemur biji hingga kering.
  • Rendam biji di dalam air hangat selama setengah jam.
  • Keringkan lalu bisa ditanam.

Mengolah lahan Untuk tanam mentimun.

Sebelum ditanam, sebaiknya olah lahan terlebih dahulu. Cara mengolah lahan adalah sebagai berikut.

  • Gemburkan tanah terlebih dahulu dengan cara dicangkul.
  • Buatlah bedengan dengan panjang disesuaikan dengan lahan, lebar 100 cm, dan tinggi 25 cm.
  • Jarak antar bedengan adalah 60 cm.
  • Taburkan pupuk kandang matang diatas lahan.
  • Campur pupuk kandang dengan tanah.
  • Diamkanlah lahan hingga tujuh hari sebelum ditanami benih.

Cara menanam benih mentimun.

Setelah didiamkan selama tujuh hari, selanjutnya benih bisa ditanam. Cara menanam benih adalah sebagai berikut.

  • Buatlah lubang tanah dengan jarak tanah 60 cm x 110 cm.
  • Masukkan biji mentimun. Satu lubang tanam dapat diisi dengan 4 biji.
  • Tutup kembali lubang dengan menggunakan tanah.
  • Siramlah benih dengan menggunakan gembor pada sore hari setelah penanaman.

Perawatan Lanjutan Setelah menanam mentimun

Mentimun merupakan tanaman yang dapat hidup di daerah dataran rendah maupun daerah dataran tinggi. Banyak orang yang memanfaatkan tanaman mentimun untuk diolah menjadi masakan.

Contoh masakan yang berbahan dasar timun seperti acar, rujak, dan lain sebagainya. Di dalam buah mentimun terdapat berbagai macam kandungan zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh manusia.Cara Menanam Budidaya Mentimun Panduan Pemula

Misalnya saja dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan beberapa jenis penyakit lainnya. Beberapa jenis kandungan gizi yang terdapat di dalam buah mentimun contohnya seperti protein, zat besi, karbohidrat, lemak, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, kalsium, dan magnesium.

Budidaya mentimun telah banyak dilakukan oleh petani di Indonesia. Mudahnya dalam hal pemeliharaan mentimun membuat petani beralih memiliki membuidayakan mentimun.

Bagaimana cara memelihara tanaman mentimun yang baik? Cara memelihara tanaman mentimun yang baik caranya adalah sebagai berikut.simak juga Pupuk Kopi Organik Terbaik Melebatkan Buah

Penyulaman Benih mentimun Mati.

Apa itu penyulaman? Penyulaman merupakan tahap menanam benih kembali pada lubang tanam dimana bibit sebelumnya belum tumbuh. Penyulaman dapat dilakukan pada saat beberapa hari setelah penanaman dilakukan.

Penyulaman benih mentimun dilakukan hanya pada lubang tanam dimana bibit sebelumnya belum tumbuh saja. Sedangkan pada bibit yang tumbuh dan sehat tidak perlu dilakukan penyulaman.

Advertisement

Untuk tanaman yang telah dilakukan penyulaman, maka lubang tanamnya dapat diberikan benih kembali sekitar tiga buah benih. Untuk bibit yang tumbuh dengan baik, sebelum membesar, seleksilah terlebih dahulu bibit. Hanya satu bibit yang berkualitas saja yang disisakan di dalam satu lubang tanam. Sedangkan bibit lainnya dibuang.

Penyiraman mentimun harian

Penyiraman pertama kali dapat dilakukan sore hari setelah penanaman baru dilakukan. Setelah itu, penyiraman dapat dilakukan dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.

Namun, apabila bibit telah tumbuh, penyiraman dapat dilakukan 2 hari sekali. Mengapa penyiraman dilakukan 2 hari sekali? Hal ini dikarenakan tanaman mentimun tahan terhadap kekeringan.Baca juga Cara Menanam Budidaya Kacang Kapri Pemula

Penyiangan Mentimun Untuk melebatkan Buah

Penyiangan merupakan tahap mencabuti gulma atau rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman mentimun. Gulma harus dicabuti karena akan menyebabkan hama dan penyakit berdatangan. Hal ini dikarenakan gulma merupakan inang bagi hama dan penyakit.Cara Menanam Budidaya Mentimun Panduan Pemula

Pemangkasan

Pemangkasan dapat dilakukan pada saat tanaman memiliki panjang 1,5 m. Pemangkasan dilakukan dengan cara memotong ujung tanaman. Selain itu, kurangi daun yang tumbuhnya terlalu berlebihan.

Pupuk terbaik tanaman mentimun.

Pemupukan pertama kalinya dapat dilakukan pada saat pengolahan lahan. Pemupukan ini disebut sebagai pemupukan dasar. Pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang. Cara memberikan pupuk dasar adalah dengan menebarkan pupuk diatas lahan.

Pemupukan kedua dapat dilakukan tujuh hari setelah penanaman. Pupuk yang diberikan adalah pupuk KCl, pupuk urea, dan pupuk SP. Cara memberikan pupuk ini adalah dengan ditaburkan di atas lahan.

Pemberian ajir Pada mentimun

Pemberian ajir dapat dilakukan pada saat bibit telah tumbuh. Ajir yang diberikan terbuat dari belahan bambu dengan ukuran 200 cm. Pemasangan ajir dapat dilakukan disebelah tanaman.Artikel terkait Cara Budidaya Kubis Dalam Pot Polybag Pemula

Pengendalian Hama penyakit mentimun.

Hama dan penyakit merupakan dua hal yang paling ditakutkan oleh petani. Hal ini karena hama dan penyakit dapat membuat tanaman menjadi sakit. Jika penyerangannya sudah parah, maka akan mengakibatkan tanaman menjadi mati. Hama dan penyakit dapat menyerang tanaman apa saja, termasuk tanaman mentimun.

Ada berbagai macam jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman mentimun. Beberapa jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman mentimun adalah sebagai berikut.

  • Hama oteng-oteng

Hama oteng-oteng atau dalam bahasa ilmiahnya Epilachna sparsa ini menyerang bagian daun tanaman. Apabila penyerangan sudah parah, maka hama ini akan memakan seluruh bagian daun dan hanya tulang daun saja. Hama oteng-oteng ini bersembunyi dibagian bawah daun tanaman.

Bagaimana cara mengatasi hama oteng-oteng ini? Caranya adalah dengan menyemprotkan cairan insektisida dengan dosis 3 ml untuk 32 tanaman. Penyemprotan dapat dilakukan pada saat awal gejala serangan. Penyemprotan dapat dilakukan dengan menggunakan hand sprayer.

  • Penyakit dumping off

Penyakit dumping off merupakan penyakit yang disebabkan oleh benih yang telah terserang bibit penyakit tetapi tetap ditanam. Bibit yang telah diserang pennyakit tetapi tetap ditanam akan menyebabkan penyakit tersebut menyerang tanaman lainnya.

Akibat yang akan ditimbulkan jika penyakit ini menyerang tanaman mentimun adalah kecambah yang tumbuh akan menjadi mati.Baca juga Cara Budidaya Labu Siam Pot Polybag

Penyakit ini tidak dapat dikendalikan karena apabila penyakit ini menyerang tanaman maka tanaman tersebut langsung mati. Tetapi, penyakit dumping off dapat diatasi dengan cara merendam benih di dalam larutan fungisida dengan dosis 2 g untuk dua liter air.

  • Penyakit downy mildew

Penyakit downy mildew atau yang lebih dikenal dengan sebutan penyakit embun bulu ini menyerang bagian daun tanaman. Gejala yang akan ditimbulkan dari penyakit embun bulu adalah timbulnya bercak-bercak kuning pada bagian daun tanaman.

Tidak hanya itu, gejala lainnya yang akan timbul adalah pada bagian bawah daun akan tumbuh bulu-bulu. Bulu-bulu tersebut berwarna ungu.

Apa yang akan diakibatkan dari penyakit ini? Akibat yang akan terjadi adalah tanaman akan mengalami gagal buah. Kegagalan dalam berbuah akan membuat rugi petani karena mengingat tanaman mentimun merupakan tanaman semusim. Untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan menyemprotkan cairan fungisida dengan dosis 4 gram untuk 32 tanaman.

Usia penen Mentimun.Cara Menanam Budidaya Mentimun Panduan Pemula

Pemanenan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para petani mentimun. Tanaman mentimun dapat dipanen pada saat sudah berusia 28 hari setelah tanam. Setelah pemanenan pertama telah dilakukan, pemanenan selanjutnya dapat dilakukan dua kali dalam seminggu sampai tanaman berusia 8 minggu setelah tanam.

Ciri-ciri buah mentimun yang telah siap untuk dipanen adalah bagian luar buah telah berwarna kuning. Selain itu, permukaan kulit juga mengeluarkan garis seperti jaring-jaring. Jika telah menemukan buah mentimun yang siap untuk dipanen, maka segera lakukan pemanenan.

Demikian panduan lengkap cara menanam budidaya mentimun baik secara organik maupun secara manual di lahan terbuka.semoga berguna dan bermanfaat.Artikel terkait Cara Menanam Budidaya Lobak Panduan Pemula

Advertisement
Cara Menanam Budidaya Mentimun Panduan Pemula | admin | 4.5