Cara Menanam Budidaya oyong Gambas Pemula

Cara Menanam Budidaya oyong Gambas Pemula – Tanaman sayuran Oyong atau gambas merupakan sejenis sayuran yang sering diolah menjadi masakan. Contoh masakan yang berbahan dasar oyong seperti sayur bening. Di dalam sayur bening biasanya terdapat oyong gambas sebagai pelengkap.

Dari dulu hingga sekarang, oyong gambas sangat disukai oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan rasa dan tekstur buahnya yang terasa dingin jika dimakan dan khas.

Tidak hanya itu, tanaman oyong gambas memiliki khasiat bagi beberapa penyakit. Contohnya saja seperti penyakit radang kelenjar telinga, penyakit cacingan, penyakit diabetes, penyakit asma, penyakit radang usus, penyakit radang tenggorokan, dan dapat melancarkan peredaran darah.

Advertisement

Karena berkhasiat dapat menyembuhkan beberapa penyakit membuat tanaman oyong semakin banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Cara Menanam Budidaya oyong Gambas Pemula

Tanaman oyong atau gambas telah banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia. Budidaya oyong juga relatif lebih efisin dan mudah. Mengapa dikatakan lebih efisien dan mudah? Hal ini dikarenakan lahan penanaman budidaya oyong tidak perlu diolah.

Cara Menanam Budidaya oyong Gambas Pemula

Budidaya oyong gambas dapat dilakukan di daerah dataran rendah maupun daerah dataran tinggi, asalkan tekstur tanah di daerah tersebut gembur dan juga subur. Tekstur tanah yang gembur dan subur itulah yang menjadi hal paling penting untuk membuat tanaman oyong dapat dibudidayakan dengan baik.

Keasaman tanah atau pH tanah yang cocok untuk budidaya oyong adalah 5-8. Sedangkan kelembapan tanah yang cocok untuk budidaya oyong adalah 55%.Artikel terkait Cara Menanam Budidaya Kacang Kapri Pemula

Bagaimanakah cara budidaya tanaman oyong dengan baik? Cara budidaya tanaman oyong baik adalah sebagai berikut.

Mempersiapkan benih Oyong/Gambas unggul.

Tanaman oyong merupakan tanaman yang diperbanyak dengan menggunakan biji. Benih tanaman oyong dapat dibeli ditoko pertanian terdekat atau pun benih dibuat sendiri. Bagaimana cara membuat benih sendiri? Cara membuat benih sendiri adalah sebagai berikut.Cara Menanam Budidaya oyong Gambas Pemula

  • Tanaman oyong yang akan digunakan untuk dibuat benih adalah tanaman oyong induk.
  • Tanaman induk haruslah sehat, tidak ada bekas serangan penyakit atau hama, buahnya sudah cukup tua, dan bentuk buah harus normal.
  • Belah oyong menjadi dua bagian.
  • Pisahkan biji oyong dari buahnya.
  • Biji oyong ini lah yang digunakan untuk benih.
  • Jemur biji oyong dibawah sinar matahari.

Itulah cara membuat benih sendiri. Sebelum ditanam sebaiknya benih diseleksi terlebih dahulu dengan cara direndam di dalam air hangat selama setengah jam. Benih yang tenggelam merupakan benih yang baik dan bisa untuk ditanam.

Teknik menanam Oyong/Gambas.

Lahan yang digunakan untuk menanam oyong tidak perlu diolah terlebih dahulu asalkan tanah tersebut merupakan tanah yang gembur dan subur. Namun, ada baiknya jika gulma atau rumput liar yang ada dibersihkan terlebih dahulu. Cara menanam benih oyong adalah sebagai berikut.Baca juga Cara Budidaya Kubis Dalam Pot Polybag Pemula

  • Buatlah lubang tanam terlebih dahulu.
  • Jarak antarlubang tanam adalah 60 cm.
  • Taburkan pemupukan dasar. Pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang yang telah matang.
  • Diamkanlah lahan selama 24 jam.
  • Setelah itu barulah benih dimasukkan ke dalam lubang tanam.
  • Satu buah lubang tanam berisikan 3 buah benih.
  • Tutuplah lubang dengan menggunakan tanah yang tipis.Cara Menanam Budidaya oyong Gambas Pemula

Perawatan Harian Tanaman Oyong Gambas

Tanaman oyong atau sering disebut sebagai gambas ini telah banyak yang mengkonsumsinya. Karena banyak yang mengkonsumsi tanaman oyong membuat tanaman oyong juga banyak yang membudidayakannya. Membudidayakan tanaman oyong bukanlah hal yang sulit.

Advertisement

Mengapa dikatakan tidak sulit? Hal ini dikarenakan lahan yang digunakan untuk budidaya tanaman oyong tidak perlu diolah.

Hal tersebutlah yang membuat budidaya tanaman oyong menjadi mudah. Tidak hanya dalam hal pengolahan lahan, pemeliharaan oyong juga terkesan mudah. Namun, memelihara oyong juga tidak boleh sembarangan dan harus dilakukan tepat waktu.

Bagaimanakah cara memelihara tanaman oyong yang baik? Cara untuk memelihara tanaman oyong yang baik adalah sebagai berikut.Cara Menanam Budidaya oyong Gambas Pemula

Penyiangan gulma Pada Oyong/Gambas.

Penyiangan gulma haruslah dilakukan tepat pada saat gulma telah tumbuh dengan panjang sekitar 12 cm. Ketika gulma telah tumbuh dengan panjang 12 cm, segera dilakukan penyiangan dan jangan ditunda-tunda lagi. Mengapa penyiangan tidak boleh ditunda-tunda? Karena, gulma atau rumput liar merupakan penyebab dari adanya hama dan penyakit.Simak juga Cara Budidaya Labu Siam Pot Polybag

Jika tidak ingin tanaman oyong diserang oleh hama dan penyakit, sebaiknya gulma disiangi. Bagaimana cara menyiangi gulma? Cara menyiangi gulma adalah dengan mencangkul tanah terlebih dahulu.

Setelah tanah di cangkul otomatis gulma akan terangkat keatas dan memudahkan untuk dicabuti. Penyiangan pertama kali dapat dilakukan 14 hari setelah tanam. Setelah itu, penyiangan dapat dilakukan 14 hari sekali.

Pupuk terbaik Untuk tanaman oyong/Gambas.

Pemupukan pada tanaman oyong bisa dilakukan dan bisa pula tidak dilakukan. Tanaman oyong tetap dapat hidup walaupun tidak dilakukan pemupukan. Namun, jika ingin mendapatkan tanaman oyong yang baik, pemupukan dapat dilakukan.

Pemupukan setelah tanam dapat dilakukan 7 hari setelah tanam. Pupuk yang diberikan adalah jenis pupuk SP, pupuk KCl, dan pupuk urea.

Cara memberikan pupuk adalah dengan memasukkan pupuk ke dalam lubang pupuk. Lubang pupuk dibuat 6 cm dari tanaman. Masukkanlah campuran semua pupuk ke dalam lubang pupuk. Setelah itu barulah lubang pupuk ditutup dengan menggunakan tanah tipis.baca juga Cara Menanam Budidaya Lobak Panduan Pemula

Penyiraman oyong/gambas harian.

Tanaman oyong harus disiram. Air dari hujan saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan air tanaman ini. Untuk memenuhi kebutuhan tanaman oyong, penyiraman perlu dilakukan.Cara Menanam Budidaya oyong Gambas Pemula

Penyiraman pertama kali pada saat sore hari setelah benih ditanam. Setelah itu penyiraman rutin dapat dilakukan dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.

Pemasangan para-para Pada oyong Gambas.

Tanaman oyong merupakan tanaman merambat. Supaya pertumbuhan tanaman oyong tertata rapi, diperlukan pemasangan para-para. Para-para merupakan tempat untuk tanaman oyong merambat.

Pemasangan para-para dapat dilakukan setelah tanaman memiliki panjang 60 cm. Para-para yang digunakan dapat terbuat dari belahan bambu dengan ketinggian 150 cm.

Cara memasang para-para adalah dengan menancapkan lima bambu mengelilingi tanaman. Pada bagian atas bambu hubungkan dengan bambu lainnya. Dengan begitu, para-para akan membentuk kotak. Para-para ini harus dipasang supaya pertumbuhan tanaman oyong tertata dengan rapi…

Dengan di lakukan konsep tata cara menanam oyong gambas seperti penjelasan di atas,Maka akan di dapatkan tanaman oyong gambas yang berkualitas dan subur.mungkin hanya ini saja tulisan malam ini tentang Cara menanam oyong gambas pemula semoga berguna dan membantu.Artikel terkait Cara Menanam Budidaya Mentimun Panduan Pemula

Advertisement
Cara Menanam Budidaya oyong Gambas Pemula | admin | 4.5