Cara Menanam Budidaya Selada Pot Polybag

Cara Menanam Budidaya Selada Pot Polybag – Budidaya selada sudah dilakukan masyarakat dari dulu hingga sekarang. Selada dimanfaatkan untuk diambil daun nya saja. tanaman sayuran Daun selada dapat dijadikan sebagai hiasan hidangan, lalapan, dan pelengkap masakan.

Budidaya selada dapat dilakukan di lahan yang sempit. Cukup dengan luas lahan 100 meter persegi saja sudah bisa membudidayakan selada.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara membudidayakan selada di lahan yang sempit. Bagaimana cara membudidayakan selada di lahan sempit? Cara membudidayakan selada di lahan sempit adalah seperti di bawah ini.

Advertisement

Sebelum membudidayakan selada, sebaiknya terlebih dahulu kita mengetahui syarat tumbuh bagi tanaman selada. Dengan mengetahui syarat tumbuh tanaman selada, nantinya kita tidak akan menemui kesulitan.Cara Menanam Budidaya Selada Pot Polybag

Cara Menanam Budidaya Selada Pot Polybag

Apa-apa saja syarat tumbuh bagi tanaman selada? Syarat tumbuh bagi tanaman selada diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Keasaman tanah atau pH yang baik untuk tanaman selada adalah 5,5-6,2.
  2. Dapat tumbuh disegala daerah, baik itu dataran tinggi hingga dataran rendah.
  3. Jenis tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman selada adalah tanah berhumus.
  4. Suhu udara yang baik untuk pertumbuhan tanaman selada adalah 16-24 derajat celcius.
  5. Dan kelembapan udara yang baik untuk pertumbuhan tanaman selada aalah 50%.

Mempersiapkan benih Selada Unggul berkualitas

Setelah mengetahui syarat tumbuh tanaman selada, selanjutnya kita bisa mempersiapkan benih. Tanaman selada adalah tanaman yang diperbanyak dengan menggunakan biji. Benih yang digunakan untuk budidaya selada dapat dibuat sendiri.

Benih yang dibuat sendiri diambil dari tanaman selada yang telah tua. Tanaman selada yang akan dijadikan benih harusla sehat, tidak pernah terserang hama maupun penyakit, dan produktivitas yang tinggi.simak juga Cara Menanam Budidaya Mentimun Panduan Pemula

Bagaimana cara membuat benih sendiri? Cara membuat benih sendiri adalah dengan mengambil biji di dalam tanaman selada. Setelah itu, biji dijemur dibawah sinar matahari. Selain itu, benih juga bisa didapatkan di toko pertanian.

Sebelum benih dipakai, sebaiknya benih direndam terlebih dahulu di dalam air hangat selama setengah jam. Setelah itu, keringkan benih. Setelah kering barulah benih dapat dipakai.

Cara Semai Bibit Selada Pot Polybag

Sebelum ditanam di lahan penanaman, terlebih dahulu benih dilakukan persemaian terlebih dahulu. Cara menyemai benih adalah sebagai berikut.

  • Gemburkan tanah terlebih dahulu dengan cara mencangkul tanah.
  • Buatlah bedengan dengan ukuran 200 cm x 300 cm x 15 cm.
  • Siapkan pasir dengan berat 11 kg dan pupuk kandang dengan berat 11 kg.
  • Campurkan pasir dan pupuk kanang tersebut dengan perbandingan satu banding satu.
  • Campurkan campuran pasir dan pupuk kandang dilahan persemaian.
  • Lahan didiamkan selama satu hari penuh.
  • Sebarkan benih diatas lahan persemaian secara merata.
  • Tutup dengan menggunakan tanah yang tipis.
  • Buatlah atap sebagai naungan.
  • Siram persemaian dua kali sehari.

Setelah berumur 21 hari, bibit dapat dipindahkan di dalam polibag. Setelah dipolibag selama 21 hari atau sudah muncul 2 helai daun, bibit dapat ditanam di lahan penanaman.

Teknik Menanam Selada Pot Polybag.

Advertisement

Sebelum ditanam dilahan penanaman, terlebih dahulu benih di semai. Penyemaian dapat dilakukan di lahan penyemaian. Setelah bibit telah berumur 3 minggu, bibit dapat dipindahkan ke dalam polibag.

Bibit tanaman sayuran selada yang ada di dalam polibag dapat dipindahkan di lahan penanaman pada saat telah tumbuh 2 helai daun.Baca juga Cara Menanam Budidaya oyong Gambas Pemula

Bagaimana cara menanam selada di lahan penanaman? Cara menanam selada di lahan penanaman adalah seperti di bawah ini.

  • Olah lahan terlebih dahulu.
  • Gemburkan tanah dengan cara mencangkul tanah.
  • Buatlah bedengan dengan panjang disesuaikan dengan lahan, lebar 100 cm, dan tinggi 15 cm.
  • Buatlah jarak antara bedengan satu dengan bendengan lainya dengan lebar 30 cm. Jarak beengan ini digunakan sebagai parit. Dengan adanya parit, sistem drainase tidak akan terganggu dan air tidak akan tergenang pada saat hujan berterusan.
  • Lakukan pemupukan dasar dengan cara menaburkan pupuk kandang yang telah matang diatas bedengan.
  • Diamkan lahan selama satu hari penuh.
  • Buatlah lubang tanam dengan jarak antar barisan 30 cm dan antar tanaman 25 cm.
  • Lepaskan bibit dari polibag.
  • Masukkan bibit di dalam polibag ke dalam lubang tanam.
  • Tutuplah dengan menggunakan tanah.

Penanaman bibit di lahan penanaman telah selesai dilakukan.

Perawatan selada supaya tumbuh subur sehat.

Ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan ketika memelihara tanaman selada. Beberapa kegiatan tersebut diantaranya adalah seperti di bawah ini.

  • Pupuk untuk tanaman selada

Kegiatan pemupukan dapat dilakukan tujuh hari setelah penanaman dilakukan. Ada tiga jenis pupuk yang akan diberikan, yaitu pupuk KCl, pupuk urea, dan pupuk TSP.

Cara memupuk tanaman selada adalah dengan menaburkan pupuk diatas alur yang telah dibuat terlebih dahulu.Simak Juga Cara Menanam Budidaya Pare Pot Polybag

  • Waktu penyiraman tanaman selada

Penyiraman merupkan hal yang harus dilakukan. Tujuannya agar tanaman tidak layu. Curah hujan saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan air tanaman selada.

Setelah melakukan penanaman bibit di lahan penanaman, penyiraman dapat dilakukan sore harinya. Setelah itu, penyiraman dapat dilakukan dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.

  • Penyiangan Gulma pada selada

Penyiangan merupakan proses menghilangkan gulma atau rumput liar disekitar lingkungan penanaman selada. Pada saat gulma telah memiliki panjang 10 cm. gulma bisa segera dihilangkan.

Cara menghilangkan gulma adalah dengan mencabuti gulma secara langsung dengan menggunakan tangan. Untuk lebih mudah dalam mencabuti gulma, dapat dilakukan dengan cara mencangkul tanah terlebih dahulu.

Dengan cara begitu, otomatis tanah akan terangkat ke atas dan memudahkan untuk mencabuti gulma. Gulma merupakan inang bagi hama dan penyakit, jika tidak segera dihilangkan, maka tanaman akan terserang hama dan penyakit.

  • Penanggulangan Hama dan Penyakit selada

Ada beberapa hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman selada. Diantaranya seperti kutu daun, thrips, dan penyakit busuk batang.

Menanggulangi hama maupun penyakit dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan insektisida atau pun cairan fungisida. Penyemprotan pestisida dapat dilakukan sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.

Demikian beberapa tips dan cara menanam budidaya selada pot dan polybag yang langsung bisa anda coba di rumah.semoga bisa berguna dan bermanfaat..tulisan lainnya Cara Menanam Budidaya Sawi Hijau Pot Polybag

Advertisement
Cara Menanam Budidaya Selada Pot Polybag | admin | 4.5