Cara Menanam Budidaya Wortel Pot Polybag

Cara Menanam Budidaya Wortel Pot Polybag – Tanaman wortel merupakan tanaman yang telah terkenal di dunia maupun di Indonesia. Banyaknya manfaat di dalam wortel membuat wortel semakin dikenal oleh masyarakat.

Di dalam wortel mengandung berbagai macam zat gizi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apa-apa saja kandungan zat gizi di dalam wortel? Kandungan zat gizi di dalam wortel diantaranya seperti provitamin A, vitamin B, vitamin C, karbohidrat, air, protein, kalori, dan lemak.

Wortel memiliki kandungan provitamin A yang sangat bagus untuk kesehatan mata. Bagi orang yang menderita rabun bisa mengkonsumsi tanaman wortel dalam bentuk masakan atau pun camilan agar dapat mengurangi rabun.

Advertisement

Tidak hanya itu, tanaman wortel juga banyak di budidayakan oleh masyarakat di Indonesia. Budidaya wortel tidak lah sulit dilakukan.

Tanaman wortel merupakan tanaman yang dapat tumbuh di daerah yang memiliki jenis tanah yang gembur, kaya akan humus, subur, dan memiliki keasaman tanah 5,6-6,4. Wortel dapat tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian 700-1400 meter diatas permukaan laut. Suhu udara yang cocok adalah 23 derajat celcius.Cara Menanam Budidaya Wortel Pot Polybag

Tanaman wortel merupakan tanaman yang diperbanyak dengan menggunakan biji. Benih tanaman wortel dapat dibuat sendiri atau pun dibeli di toko pertanian.artikel terkait Cara Menanam Budidaya Sawi Hijau Pot Polybag

Jika ingin membuat sendiri, caranya adalah dengan mengambil biji di dalam tanaman wortel yang sudah tua. Sedangkan jika ingin membeli benih, maka beli lah benih yang memiliki sertifikat.

Cara Menanam Budidaya Wortel Pot Polybag

Sebelum dipakai, sebaiknya benih terlebih dahulu direndam di dalam air hangat. Benih yang dipakai untuk penanaman adalah benih yang tenggelam. Sedangkan benih yang mengambang atau mengapung tidak boleh dipakai.

Menyiapkan lahan Menanam Bibit Wortel 

Sebelum ditanam, terlebih dahulu lahan dipersiapkan. Persiapan lahan dapat dilakukan seminggu sebelum penanaman dilakukan. Tahap-tahap persiapan lahan diantaranya adalah sebagai berikut.Baca juga Cara Menanam Budidaya Selada Pot Polybag

  • Gemburkan tanah terlebih dahulu dengan cara dicangkul dengan kedalaman 25 cm.
  • Taburkan pupuk dasar berupa pupuk kandang diatas lahan dengan dosis 1,4 kg per meter perseginya.
  • Campurkan pupuk kandang dengan tanah hingga tercampur rata.
  • Diamkan selama tujuh hari.
  • Buatlah bedengan dengan ukuran panjang disesuaikan dengan lahan, lebar 100-150 cm, dan tinggi 25 cm.
  • Jarak antara bedengan satu dengan bedengan lainnya adalah 50 cm. Jarak ini digunakan sebagai parit agar air tidak menggenang pada saat hujan berterusan tiba.
  • Buatlah alur penanaman dengan jarak antara alur satu dengan alur lainnya adalah 30 cm.Cara Menanam Budidaya Wortel Pot Polybag

Menanam Wortel Pot Polybag

Sebelum ditanam, sebaiknya benih yang telah terseleksi dicampur dengan menggunakan pasir sedikit saja. Tujuan pemberian pasir ini adalah supaya bibit tidak lengket dan lebih mudah untuk disebar. Tahap-tahap penanaman adalah sebagai berikut.

  • Sebarkan benih sesuai dengan alur.
  • Tutup lah dengan menggunakan tanah tipis-tipis.
  • Tutup benih dengan menggunakan daun pisang. Tujuannya adalah supaya benih tidak hanyut jika hujan turun.
  • Setelah berusia 2 minggu atau setelah tanaman tumbuh, daun pisang dapat dibuka.

Perawatan Tanaman Wortel pot polybag Lanjutan

Advertisement

Tanaman wortel merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan. Budidaya wortel tidaklah sulit membuat banyak orang yang membudidayakan tanaman satu ini. Untuk mendapatkan hasil yang bagus, tanaman wortel perlu dipelihara dengan baik. Pemeliharaan yang baik akan mendapatkan tanaman wortel yang baik pula.Simak juga Cara Menanam Budidaya Daun Bawang Pot Polybag

Ada beberapa kegiatan yang harus dilakukan ketika memelihara tanaman wortel. Apa-apa saja kegiatan yang harus dilakukan ketika memelihara tanaman wortel? Kegiatan yang harus dilakukan ketika memelihara tanaman wortel diantaranya adalah sebagaiberikut.

Penjarangan pada wortel 

Apa itu penjarangan yang dilakukan pada tanaman wortel? Penjarangan merupakan tahap pencabutan tanah yang kering sedangkan tanah yang masih kokoh dan juga sehat dibiarkan saja.

Apa tujuan dari penjarangan ini? Tujuan dari penjarangan adalah supaya sinar matahari tercukupi karena tanah telah diberi jarak.Cara Menanam Budidaya Wortel Pot Polybag

Penjarangan ini juga membuat tanaman menjadi lebih subur karena tanah telah tercukupi kebutuhan sinar mataharinya.

Jarak penjarangan adalah kira-kira 6-9 cm.

Penyiangan Hama penyakit wortel.

Penyiangan merupakan proses membuang gulma atau rumput liar yang ada di tanaman maupun disekitar lingkungan tanaman. Penyiangan dapat dilakukan setelah gulma memiliki panjang 10 cm. Cara melakukan penyiangan adalah dengan mencabut gulma dengan menggunakan tangan.

Terkadang dapat ditemui gulma-gulma yang sulit untuk dicabut. Hal ini dapat membuat sulit petani untuk mencabut gulma.

Untuk memudahkan petani wortel membersihkan gulma, ada cara lain yang bisa dilakukan. Cara melakukan penyiangan lainnya adalah dengan mencangkul tanah terlebih dahulu.

Dengan mencangkul tanah, otomatis gulma terangkat dan memudahkan petani untuk mencabut gulma tersebut. Tahap penyiangan ini perlu dilakukan karena mengingat gulma merupakan penyebab munculnya hama maupun penyakit.Baca juga Menanam Budidaya Bawang Putih Pot Polybag

Membuat bandengan/irigasi wortel

Pendangiran dapat dilakukan pada saat tanah diatas bedengan telah menurun. Bagaimana cara menaikkan tanah yang ada di bawah bedengan?

Caranya adalah dengan menggunakan cangkul kemudian tanah diangkat keatas. Supaya perakaran lebih kuat lagi, padatkan tanah disekitar tanaman. Dengan begitu, perakaran tomat akan kuat.

Penyiraman tanaman wortel harian

Untuk memenuhi kebutuhan air tanaman wortel, penyiraman perlu dilakukan. Curah hujan saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan air tanaman wortel.Cara Menanam Budidaya Wortel Pot Polybag

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, penyiraman  dapat dilakukan dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Penyiraman dapat dilakukan dengan menggunakan sprayer halus.

Namun, penyiraman juga melihat keadaan tanah. Apabila keadaan tanah masih lembap, maka penyiraman tidak perlu dilakukan.

Penyiraman tidak boleh dilakukan secara berlebihan maupun secara sedikit(pada musim kemarau). Penyiraman yang berlebihan akan membuat hama maupun penyakit menyerang tanaman wortel. Sedangkan penyiraman yang sedikit akan membuat tanaman kekurangan air.

Pupuk terbaik untuk tanaman wortel

Pemupukan yang dilakukan pada saat pemeliharaan dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pada saat tanaman berusia 14-28 hari dan pada saat tanaman berusia 45 hari.

Pupuk yang diberikan adalah pupuk KCl dan pupuk urea yang dicampur menjadi satu. Cara melakukan pemupukan adalah dengan menceburkan pupuk secara langsung diatas alur pemupukan.

Mungkin hanya ini saja tulisan saya sore kali ini tentang Cara menanam budidaya wortel pot polybag,semoga bisa berguna dan bisa untuk di jadikan rujukan..Artikel terkait Cara Menanam Budidaya Seledri Pot Polybag

Advertisement
Cara Menanam Budidaya Wortel Pot Polybag | admin | 4.5