Cara Menanam Bunga Adenium Bonsai Pot

Cara Menanam Bunga Adenium Bonsai Pot – Budidaya Tanaman adenium arabicum telah banyak yang menjadikannya sebagai tanaman hias atau bonsai. Hal tersebut tak lepas dari kegunaannya sebagai tanaman hias.

Aenium arabicum memiliki sosok yang cantik dan kekar jika dilihat dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias bonsai  baik di dalam ruangan maupun di dalam ruangan. Tak heran jika kini banyak yang menanam adenium arabicum untuk menghiasi suatu ruangan.

Advertisement

Penanaman adenium arabicum juga dilakukan oleh para penghobis tanaman yang satu ini. Penanaman adenium arabicum bagi setiap orang ada tujuan tersendiri. Salah satu tujuan dari penanaman adalah untuk sekedar koleksi saja.

Hal tersebut biasa dilakukan oleh para penghobis tanaman adenium arabicum. Ada pula orang yang melakukan penanaman ini untuk beberapa keperluan seperti untuk menghiasi suatu ruangan maupun suatu tempat.

Sebelum menanam adenium arabicum, persiapkan beberapa hal. Yang perlu dipersiapkan ketika menanam adenium arabicum diantaranya adalah sebagai berikut.

Cara Menanam Bunga Adenium Bonsai PotCara Menanam Bunga Adenium Bonsai Pot

Pot merupakan komponen utama yang harus dipersiapkan ketika ingin menanaman adenium arabicum. Keberadaan pot disini sangatlah berpengaruh besar terhadap keindahan dari tanaman adenium arabicum. Apabila pot yang dipilih tidak sesuai dengan tanaman yang akan ditanam, maka nilai keindahan dari tanaman adenium arabicum akan berkurang.

Di pasaran, pot memiliki berbagai macam jenisnya. Contohnya saja seperti pot plastik, pot tanah, pot keramik, dan beberapa jenis pot lainnya.

Pot jenis manakah yang baik untuk penanaman adenium arabicum? Pot jenis plastik adalah pot yang cocok untuk menanam adenium arabicum. Mengapa dipilih jenis pot plastik? Hal tersebut dikarenakan pot plastik tidak menyerap air.Baca juga Cara Menanam Budidaya Selada Pot Polybag

Dengan begitu berarti keadaan tanah tidak akan lembap karena tidak ada penyerapan pada bagian pot. Namun, pot plastik ini tampilan nya kurang menarik. Tak jarang ditemukan tanaman adenium arabicum yang ditanam di pot keramik.

Hal tersebut dikarenakan pot keramik tampilannya lebih menarik daripada pot plastik. Jika ingin menggunakan pot keramik, pilihlah pot keramik yang pembakarannya tinggi. Tujuannya adalah supaya pot tiak menyerap air.

Media tanam Bunga Adenium

Media tanam juga diperlukan ketika menanam adenium arabicum. Media tanam ini keberadaannya juga penting.

Media tanam yang diperlukan adalah pasir malang yang telah dicucibersih lalu diayak, sekam bakar, dan pupuk kandang yang telah benar-benar matang dan steril. Dengan perbandingan seluruhnya satu berbanding tiga berbanding satu.

Cara menanam Bunga adenium PotCara Menanam Bunga Adenium Bonsai Pot

Setelah mengetahui beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika menanam tanaman adenium arabicum, selanjutnya lakukanlah tahap penanaman. Tahap penanaman diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Masukkan potongan styrofoam ke dalam pot.
  • Masukkan media tanam hingga satu per empat pot.
  • Adenium arabicum bakalan yang telah siap untuk ditanam dikeluarkan dari polibag. Mengeluarkan bakalan harus secara hati-hati. Jangan sampai salah satu perakaran putus.
  • Bakalan arabicum yang telah diambil, selanjutnya diletakkan di bagian tengah pot.
  • Tambahkan media tanam pada pot yang telah diletakkan bakalan arabicum.
  • Padatkan media tanam hingga tanaman tampak tumbuh dengan kokoh.
  • Siram dengan menggunakan sprayer halus.
  • Pot harus diletakkan di tempat yang teduh.

Cukup mudah untuk melakukan penanaman bunga adenium ini,tidak membutuhkan keahlian kusus,yang paling penting semua bahan dan bibit adenium sudah di siapkan,lalu di tanam..selesai..

Cara melakukan pembibitan bunga adenium

Agar keberadaanya tidak punah, sebaiknya adenium arabicum diperbanyak. Perbanyakan dapat dilakukan supaya keberadaan adenium arabicum tidak punah. Apalagi untuk adenium arabicum yang hampir punah karena sulitnya mendapatkan biji.Baca juga Cara Menanam Budidaya Daun Bawang Pot Polybag

Addenium arabicum jenis tersebut dapat diperbanyak lagi. Perbanyakan yang dilakukan pada adenium arabicum ada dua jenis.

Yaitu perbanyakan dengan menggunakan biji dan perbanyakan dengan menyambung atau grafting. Apakah antara perbanyakan dengan menggunakan biji dengan perbanyakan dengan menyambung itu berbeda? Antara perbanyakan dengan menggunakan biji dengan perbanyakan dengan menyambung itu memang berbeda.Cara Menanam Bunga Adenium Bonsai Pot

Perbanyakan dengan menggunakan biji itu dapat menghasilkan varietas baru. Terlebih lagi jika biji diambil dari hasil persilangan.

Sedangkan perbanyakan dengan cara menyambung akan menghasilkan tanaman yang sama dengan induknya tetapi lebih unggul dari induknya. Kedua nya memang sama-sama dapat memperbanyakan adenium arabicum.

Namun kedua nya juga berbeda. Bagaimanakah cara memperbanyak dengan menggunakan biji dan cara memperbanyak dengan menyambung atau grafting? Cara memperbanyak dengan menggunakan dan cara memperbanyak dengan cara menyambung atau grafiting adalah sebagai berikut.

Pembibitan Bunga Adenium dengan biji

Biji merupakan salah satu media untuk perbanyakan suatu tanaman. Tak terkecuali tanaman hias adenium arabicum. Adenium arabicum merupakan tanaman hais yang diperbanyak dengan menggunakan biji.

Memperbanyak dengan menggunakan biji dapat menghasilkan varietas yang baru. Apalagi jika biji tersebut merupakan hasil kawin silang.Cara Menanam Bunga Adenium Bonsai Pot

Advertisement

Biji yang akan dipakai untuk perbanyakan adenium arabicum bisa didapatkan dari buah adenium yang telah berumur 3 bulanan. Biji diambil dari buah yang telah matang. Pada satu buah adenium, terdapat beberapa biji adenium di dalamnya.

Biji yang akan digunakan sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu. Sebelum ditanam, terlebih dahulu biji disemai. Cara menyemai biji adenium arabicum adalah seperti di bawah ini.

  • Siapkan terlebih dahulu media semai yang terdiri dari sekam bakar dan coco pear. Pasir malang juga dipersiapkan yang nantinya akan digunakan sebagai penutup permukaan media.
  • Siapkan juga pot tempat persemaian.
  • Pada bagian dasar pot dimasukkan potong styrofoam. Tujuan peletakan potongan styrofoam adalah supaya sistem drainase tidak bermasalah selama proses persemaian.
  • Media semai yang telah disiapkan kemudian dicampur menjadi satu dan dimasukkan ke dalam pot hingga tiga per empat dari pot.
  • Biji yang akan dipakai ditaburkan diatas media persemaian dengan merata.
  • Tutup dengan menggunakan campuran coco peat dengan pasir malang.
  • Media semai kemudian disemprotkan dengan menggunakan air hingga kelihatan basah.
  • Pot persemaian diletakkan ditempat yang teduh.
  • Perawatan media persemaian perlu dilakuka dengan cara disiram sebanyak dua kali dalam sehari.
  • Penyiraman dapat ddikurangi paa saat biji mulai berkecambah.
  • Pada saat usia bibit mencapai 30 hari, bibit sudah dapat dipindahkan pada polibag atau pot yang berukuran lebih besar lagi.

Menyambung atau grafting Adenium.

Perbanyakan dengan cara menyambung atau grafting ini bisa dikatakan lebih mudah. Bagian batanglah yang akan dipakai untuk menyambung.baca juga Menanam Budidaya Bawang Putih Pot Polybag

Caranya adalah dengan menggabungkan antara bawang bawah dengan batang atas. Kedua batang tersebut harus dari tanaman yang berbeda atau bisa di sebut stek.cara ini tergolong lebih mudah dan tidak membutuhkan keahlian kusus.Cara Menanam Bunga Adenium Bonsai Pot

Cara menyilangkan Bunga Adenium

Penyilangan telah banyak dilakukan oleh orang-orang yang memang mau mendapatkan hasil terbaru dari suatu tanaman. Salah satunya adalah tanaman hias. Tanaman hias pada zaman dahulu hanya memiliki beberapa jenis saja, namun seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, tanaman hias kini telah memiliki berbagai macam jenisnya. Begitu pula dengan adenium arabicum.

Adenium arabicum kini telah memiliki berbagai macam jenisnya. Untuk mendapatkan begitu banyak jenis ini, kebanyakan para penghobis melakukan perkawinan silang.

Tujuan utama dari kawin silang ini tentunya adalah supaya mendapatkan adenium arabicum yang lebih baik lagi dengan memiliki keunggulan-keunggulan yang begitu banyak daripada kelemahan.

Sedangkan tujuan lainnya adalah supaya memperoleh jenis adenium arabicum yang baru dan semakin menambah daftar panjang adenium arabicum silangan.

Pada tanaman hias, biasanya perkawinan dilakukan pada bunga. Di alam bebas, perkawinan adenium arabicum tidak dibantu oleh manusia. Berbanding terbalik apabila tanaman tersebut dipelihara.

Biasanya perkawinan atau yang lebih sering dibilang penyerbukan ini dilakukan dengan bantuan manusia. Dengan menggunakan bantuan manusia sebenarnya hasilnya akan lebih baik dibandingkan dengan tidak dibantu manusia sama sekali.baca juga Cara Menanam Budidaya Seledri Pot Polybag

Teknik mengawinkan bunga adenium

Sebelum mengawin silangkan tanaman hias adenium arabicum, sebaiknya pilihlah indukan yang akan dikawinkan. Induk yang dipilih harus yang berkualitas. Baik itu induk jantan maupun induk betina.

Tujuan dari pemilihan induk yang berkualitas adalah supaya mendapatkan adenium arabicum silangan yang berkualitas pula dengan menyajikan keunggulannya saja.

Menyilangkan adenium arabicum tidaklah mudah. Untuk menghasilkan persilangan yang baik, serbuk sari harus jatuh tepat pada putik. Apabila serbuk sari jatuh disamping atau tidak tepat pada putih, maka penyilangan tidak berhasil.stek sambung adenium

Bagaimanakah cara mengawinsilangkan tanaman adenium arabicum yang baik dan benar? Cara mengawinsilangkan tanaman adenium arabicum yang baik dan benar adalah seperti di bawah ini.

  • Sebelum menyilang, sebaiknya pilihlah bunga yang akan disilangkan. Bunga adenium arabicum harus yang sudah berumur dua atau tiga hari sehabis pemekaran berlangsung. Bunga yang dipilih ini dijadikan sebagai induk jantan.
  • Untuk induk betina dapat diambil dari bunga yang memang benar-benar suah mekar. Bunga dapat diambil dari satu tanaman atau pun dari tanaman lainnya.
  • Bunga yang akan dijadikan induk jantan dipetik dari tempatnya.
  • Pada bagian mahkota bunga disobek salah satunya dengan cara menarik ke bawah bunga. Tujuan dari penyobekan adalah supaya benang sari tampak dan memudahkan untuk proses penyilangan.
  • Sediakan tusuk gigi. Kegunaan dari tusuk gigi adalah untuk mengambil serbuk sari. Serbuk sari harus menempel pada bagian ujung tusuk gigi.
  • Untuk induk betina, agar putiknya kelihatan, sobek bagian mahkota bunga. Dengan begitu maka putik akan terlihat.
  • Serbuk sari yang menempel pada bagian ujung tusuk gigi dapat ditempelkan dibagian kepala putik. Penempelan serbuk sari harus benar-benar menempel pada kepala putik.
  • Bunga atau induk betina dibiarkan hingga sampai 14-21 hari, tumbuh biji yang bertanda bahwa penyilangan berhasil. Biji dapat diambil setelah 90 hari.

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya tuliskan tentang Cara menanam bunga adenium Bonsai Pot,semoga bisa berguna dan bermanfaat langsung saja di praktekkan.Tulisan terkait Cara Menanam Budidaya Wortel Pot Polybag

Advertisement
Cara Menanam Bunga Adenium Bonsai Pot | admin | 4.5