Cara Menanam Kopi Yang Baik dan Benar

Cara Menanam Kopi yang Baik dan Benar – Tanaman kopi merupakan tanaman yang cukup familiar, baik di Indonesia atau pun di dunia. Lebih dari 50 negara membudidayakan tanaman kopi ini. Tanaman kopi juga merupakan komoditas ekspor yang bernilai ekonomis tinggi di pasar dunia.

Dalam hal ini, kita mempunyai peluang yang besar untuk menjadikan tanaman kopi sebagai tanaman unggulan di sektor perkebunan. Untuk itu, jika ingin menggeluti bidang ini, kita harus mengetahui terlebih dahulu cara menanam kopi yang baik dan benar.

Advertisement

Cara menanam kopi yang baik dan benar sangat mempengaruhi hasil kopi itu sendiri. Menanam kopi tidak  bisa dilakukan di semua tempat. Iklim dan keadaan tanah sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman ini.

Bagi Anda yang ingin berkecimpung di dunia perkebunan, ada baiknya Anda menyimak cara menanam kopi yang baik dan benar berikut ini.Cara Menanam Kopi Yang Baik dan Benar

Cara Menanam Kopi Yang Baik dan Benar

Tahap awal cara menanam kopi adalah mengetahui jenis kopi apa yang cocok Anda tanam di daerah Anda, misalnya kopi jenis arabica cocok ditanam pada ketinggian >800 m dpl dan kopi jenis robusta cocok ditanam pada ketinggian 400-800 m dpl.baca juga Cara Menanam Kopi Robusta Kusus Pemula

Jika Anda sudah menemukan jenis kopi yang sesuai dengan lokasi lahan,  langkah selanjutnya  untuk cara menanam kopi yang baik dan benar adalah mencari bibit kopi unggul. Anda bisa mencari info ini di Puslit kopi dan Kakao atau pun bertanya pada toko yang menjual bibit.

Advertisement

Setelah mendapatkan bibit kopi unggul, Anda harus menyiapkan lahan dengan tanah yang gembur dan subur sekaligus menanam pohon peneduh seperti lamtoro, dadap, dan sengon. Penanaman bibit kopi baru bisa dimulai jika pohon peneduh sudah siap.

Cara menanam kopi yang baik dan benar ini dilakukan dengan membuat lubang untuk menanam bibit kopi dengan ukuran panjang 60 cm, lebar 60cm, dan tinggi 60cm dengan jarak 2-3 meter sesuai jenis kopi yang ditanam.penting di baca Cara Menanam Kopi Arabika Kusus Pemula

2 bulan sebelum menanam kopi, siapkan 200gr belerang, 200gr kapur, dan tanah galian bawah dan letakkan pada lubang tanam. 1 bulan selanjutnya, 20kg pupuk kompos yang dicampur dengan tanah galian bagian atas dimasukkan ke lubang.

Tahap yang ditunggu pun tiba untuk cara menanam kopi yang baik dan benar, bibit kopi sudah bisa ditanam pada lubang yang telah dibuat 2-3 bulan sebelumnya. Sebelum memindahkan bibit kopi dari polybag, pastikan daun yang tersisa pada bibit kopi hanya 1/3 bagian.

Hal ini dilakukan agar penguapan pada tanaman berkurang. Anda juga memerlukan ajir sebagai penopang tanaman kopi agar kokoh dan tegak lurus.

Lakukan penyulaman jika tanaman mati atau tumbuh abnormal. Untuk penyiraman hanya dilakukan jika kondisi tanah kering/di musim kemarau. Sedangkan pemupukan bisa dengan pupuk anorganik atau organik sekitar 1-2 tahun sekali.

Selain itu, pemangkasan perlu dilakukan setelah masa panen.  Hal penting lainnya adalah pemeliharaan dari hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman kopi.

Demikianlah cara menanam kopi yang baik dan benar sebagai referensi Anda memulai terjun di sektor perkebunan kopi. Semoga bermanfaat! Jangan lupa Simak Juga Cara Mudah Menanam Kopi Ateng Sipirok

Advertisement
Cara Menanam Kopi Yang Baik dan Benar | Penulis | 4.5