Cara Merawat Mangga Supaya Cepat Berbuah Hitungan Bulan

Cara Merawat Mangga Supaya Cepat Berbuah Hitungan Bulan – Untuk menghasilkan tanaman mangga yang bagus, pemeliharaan atau perawatan mangga perlu dilakukan. Perawatan juga harus dilakukan dengan benar dan baik. Tujuannya agar mangga yang dihasilkan juga akan baik. Ketika memelihara mangga, ada beberapa kegiatan yang perlu dilakukan.

Sebagai tanaman yang dipelihara untuk dinikmati buahnya membuat tanaman mangga harus dipelihara. Pemeliharaan tanaman mangga wajib dilakukan supaya mendapatkan hasil buah yang manis serta tingkat produksinya yang tinggi. Ada beberapa kegiatan yang perlu dilakukan ketika memelihara tanaman mangga.

Advertisement

Apa-apa saja kegiatan yang perlu dilakukan ketika memelihara mangga? Beberapa kegiatan tersebut diantaranya adalah seperti di bawah ini.

Penyiraman Tanaman mangga harian

Penyiraman pada tanaman mangga merupakan kegiatan yang perlu dilakukan. Tanaman mangga juga termasuk tanaman yang memerlukan air. Tanpa adanya penyiraman, maka tanaman mangga akan kekurangan air dan bisa berdampak buruk bagi kehidupan tanaman mangga kedepannya.simak juga 7 Jenis Mangga Unggulan Paling Manis Bagus Untuk Budidaya

Ketika melakukan penyiraman pada tanaman mangga, usahakan penyiraman tidak boleh terlalu banyak dan tidak boleh terlalu sedikit. Penyiraman yang terlalu sedikit akan membuat tanaman mangga menjadi sulit untuk bernapas. Hal tersebut dikarenakan mulut daun mangga menjadi tertutup akibat kurangnya asupan air pada tanaman mangga.

Cara Merawat Mangga Supaya Cepat Berbuah Hitungan Bulan

Sedangkan penyiraman yang terlalu berlebihan akan mengakibatkan air menggenang dan akhirnya media menjadi basah. Dengan begitu, hama dan penyakit akan mudah untuk menyerang tanaman mangga. Serangan hama dan penyakit dapat berakibat fatal pada tanaman mangga Akibatnya adalah tanaman mangga akan mengalami kematian atau pun gangguan yang lainnya.

Untuk itu, usahakan penyiraman dilakukan dengan benar dan usahakan juga agar bibit tidak kelebihan atau pun kekurangan air. Penyiraman yang baik pada bibit mangga dilakukan dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Pada saat menjadi bibit, penyiraman dapat dilakukan dengan cara menyiram tanaman dari atas tanaman hingga ke lubang tanaman.

Tujuan Menyiram Tabulampot Tanaman mangga 

Tujuan penyiraman seperti itulah adalah supaya pertumbuhan akar semakin cepat dan akar yang lama dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Tidak hanya itu, tujuan lainnya dari penyiraman yang dilakukan dari atas tanaman hingga ke lubang tanaman adalah supaya daun tanaman mangga dapat terbebas dari debu.Baca juga Kelebihan Budidaya Tanaman Mangga Pekarangan Rumah

Debu sangat mengganggu proses fotosintesis tanaman mangga. Untuk itulah, penyiraman ini dapat membuat daun menjadi terbebas dari debu. Air yang digunakan untuk menyiram tanaman mangga tidak boleh sembarangan. Air yang dipakai harus berasal dari air hujan atau pun air sumur. Yang terpenting air tersebut tidak terkontaminasi dengan bahan-bahan kimia.

Jika terkontaminasi dengan bahan-bahan kimia, nantinya tanaman mangga akan terkontaminasi juga dengan bahan-bahan kimia. Untuk itulah, pakai air yang benar-benar bersih dan tidak tercampur dengan bahan-bahan kimia.

Bagaimanakah cara menyiram tanaman mangga yang benar? Cara menyiram mangga yang benar adalah sampai tanah menjadi lembap dan cukup basah. Namun, jangan sampai tergenang. Setiap satu tanaman, air yang dibutuhkan adalah sekitar 9 atau 10 liter. Penyiraman dengan kapasitas tersebut dapat dilakukan hingga proses pembungaan dan pembentukan buah.

Advertisement

Cara Merawat Mangga Supaya Cepat Berbuah Hitungan Bulan

Apabila proses pembungaan dan pembentukan buah telah dimulai, penyiraman dapat dilakukan 4 hingga 5 liter untuk satu tanamannya. Penyiraman yang berlebihan pada saat proses pembungaan akan menyebabkan bunga menjadi rontok.

Pupuk Terbaik Untuk Mangga Segala Umur

Salah satu kegiatan yang perlu dilakukan ketika memelihara tanaman mangga adalah pemupukan. Tanaman mangga merupakan salah satu jenis tanaman yang memerlukan unsur hara. Unsur hara bisa didapatkan melalui tanah. Namun, unsur hara yang ada di dalam tanah belum bisa memenuhi kebutuhan tanaman mangga akan unsur hara.

Untuk memenuhi kebutuhan akan unsur hara dapat dilakukan dengan cara memberi pupuk pada tanaman mangga. Di dalam pupuk terdapat unsur hara dan beberapa unsur lainnya seperti unsur makro dan mikro yang sangat dibutuhkan oleh tanaman mangga. Oleh karena itu, lakukanlah pemupukan supaya kebutuhan tanaman mangga akan unsur hara dapat terpenuhi.

Pada saat kapan pemupukan dapat dilakukan? Pemupukan dapat dilakukan pada saat-saat tertentu. Seperti pada saat sebelum penanaman atau pada saat pengolahan lahan, sebelum pembungaan, ketika buah sedang terbentuk, dan yang terakhir adalah pada saat masa panen berakhir.Tulisan terkait Memilih Bibit Mangga Unggulan Bagus Cepat Berbuah

Kelebihan dan kekurangan pemberian Pupuk Tanaman Mangga

Pupuk yang diberikan pada setiap fase pertumbuhan tentunya berbeda-beda. Pemupukan tidak boleh berlebihan dan tidak boleh kekurangan. Apa yang akan terjadi jika tanaman mangga kekurangan atau pun kelebihan pupuk? Yang terjadi jika tanaman mangga kekurangan pupuk adalah pertumbuhannya tidak optimal dan bisa saja berimbas kepada produksi tanaman mangga menjadi berkurang.

Sedangkan pemberian pupuk yang berlebihan akan menyebabkan kematian pada tanaman mangga karena kebanyakan zat kimia yang diterimanya. Selain itu, pemberian pupuk yang berlebihan akan menyebabkan kerusakan lingkungan sekitar tanaman mangga.

Untuk itulah, ketika ingin memberikan pupuk pada tanaman mangga harus melihat dosis terlebih dahulu supaya pemberian pupuk tidak berlebihan maupun tidak kekurangan.

Cara Merawat Mangga Supaya Cepat Berbuah Hitungan Bulan

Jenis Pupuk Tanaman Buah Mangga terbaik

Ada dua jenis pupuk yang perlu diberikan pada tanaman mangga. Dua jenis pupuk tersebut aalah pupuk anorganik dan pupuk organik. Kedua pupuk tersebut wajb diberikan pada tanaman mangga sesuai dengan fase pertumbuhannya. Apa itu pupuk organik dan apa pula pupuk anorganik itu?

Pupuk organik merupakan pupuk yang terbuat atau yang berasal dari pelapukan sisa hewan maupun sisa tanaman. Pupuk organik ini mengandung lebih banyak bahan organiknya daripada unsur haranya. Karena itulah pupuk ini diberi nama pupuk organik. Pupuk organik ini dapat diberikan pada mangga yang berumur satu atau dua tahun dengan pemberian 9 kg per tanamannya.

Sedangkan pupuk anorganik merupakan pupuk yang berasal dari buatan pabrik. Bahan dasar dari pupuk anorganik adalah udara dan mineral. Pupuk anorganik ini mengandung beberapa unsur seperti unsur makro dan unsur mikro. Kedua unsur tersebut sangat dibutuhkan oleh tanaman mangga.

Usahakan pemberian antara pupuk organik dan pupuk anorganik dilakukan seimbang supaya kebutuhan tanaman mangga akan pupuk organik dan anorganik dapat terpenuhi.sekian Cara Merawat Mangga Supaya Cepat Berbuah Hitungan Bulan semoga bisa bermanfaat..baca juga Media Tanam Mangga Pot Budidaya Terbaik Cepat Besar

Advertisement
Cara Merawat Mangga Supaya Cepat Berbuah Hitungan Bulan | admin | 4.5