Cara Mudah Menanam Kopi Ateng Sipirok

Cara Mudah Menanam Kopi Ateng Sipirok – Kopi ateng sipirok adalah salah satu jenis kopi yang sedang dalam pengembangan budidaya dan terus semakin berkembang karena penikmat kopi ateng sipirok ini sudah go internasional.

Kopi ateng banyak dibudidayakan karena mampu menghasilkan buah yang lebat dalam waktu yang cukup singkat.

Advertisement

Dalam masa produktifnya kopi ateng mampu produktif selama 10 tahun dan dapat dipanen setiap 2 minggu sekali. Untuk harga yang beredar di pasaran kopi Indonesia rata-rata dibanderol dengan harga 25 ribu/ kilo untuk biji kopi  yang masih basah.

Sedang untuk biji kopi ateng sipirok yang sudah dikeringkan lebih mahal /kilonya. Cara mudah menanam kopi ateng sipirok, berikut caranya:Cara Mudah Menanam Kopi Ateng Sipirok

Cara Mudah Menanam Kopi Ateng Sipirok

Persiapan lahan dan pembibitan kopi

Lahan yang digunakan untuk membudidaya kopi ateng minimal ½ hektar. Dan memastikan pohon pelindung dengan tanaman kopi dengan perbandingan antara 1 : 4 sampai dengan perbandingan 1 ; 8.

Untuk mempersiapkan lahan yang baik dengan menyebar pupuk kandang sebanyak 50 atau lebih dan Natural GLIO kemudian biarkan lahan membentuk tanah subur sendiri selama kurang lebih 7 hari.

Untuk Persiapan bibit kopi ateng sipirok bisa menyiapkan dengan melakukan pengembangbiakan secara generative atau cangkok, dan stek dari hasil pengembangiakan vegetative.penting untuk di baca Cara Menanam Kopi Arabika Kusus Pemula 

Advertisement

Dalam hal ini Anda pastikan menggunakan pohon indukan yang sudah memiliki kualitas buah yang baik. Tips menyiapkan bibit yang baik adalah dengan menyimpannya didalam kotak kayu yang terlapisi kain yang sudah diberi minyak dengan perbandingan setiap 100 cm/ 1cc minyak. Campurkan bubuk arang dengan tanah bibit dengan perbandingan 1: 3.

Penanaman bibit Kopi Ateng sipirok

Penanaman dengan menyiapkan lubang berukuran persegi, 60 atau 75 cm persegi. Dengan jarak antar lubang yakni 2 ½ meter atau 2,75 cm. penyiapan lubang dilakukan 2 bulan sebelum melakukan penanaman bibit kopi ateng sipirok. Setelah semua lubang siap lalu lakukan penanaman secara khusus, hal ini untuk membuat hasil tanaman berkualitas baik dan bisa tumbuh secara sempurna.

Penanaman dilakukan di musim penghujan, pastikan jumlah bibit yang akan ditanam sesuai dengan kapasitas lahan yang akan ditanami. Lakukan penanaman pada lubang dan timbun dengan menggunakan tanah campuran dari pupuk kandang.simak juga Cara Perawatan Tanaman Kopi Yang Baik

Hal ini agar menjaga tanah tetap subur dan menyediakan nutrisi yang cukup untuk bibit kopi ateng sipirok tumbuh sehat.

Dalam perawatan lakukan penyiraman dalam kurun waktu sehari 2 x dan bersihkan dari tanaman hama seperti rumput dan lainnya. Lakukan penyulaman tanaman bila bibit mengalami pertumbuhan tang terhambat atau cacat.

Dalam perawatan jumlah air harus cukup untuk membuat tanaman bisa berkembang. Pupuk juga harus diberikan secara teratur minimal 3 bulan sekali, guna menjaga tanah dan tanaman tetap subur dan terus tumbuh.

Sedang dalam masa panen yang pertama lakukan panen saat buah benar-benar matang merah. Guna menghindari cacat pada kualitas biji yang dihasilkan.

Itulah tips-tips atau cara mudah menanam kopi ateng sipirok. Dengan melakukan hal-hal diatas biji kopi yang dihasilkan akan berkualitas dan mendapat harga jual yang tinggi.demikian sedikit ulasan tentang jenis kopi ateng sipirok yang selama ini menjadi salah satu tanaman kopi terbaik.sekian baca juga Cara Menanam Kopi Ateng Kusus Pemula

Advertisement
Cara Mudah Menanam Kopi Ateng Sipirok | Penulis | 4.5