Cara Paling Mudah Membungakan Tanaman Anggrek

Cara Paling Mudah Membungakan Tanaman Anggrek – Anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias yang rajin berbunga. Namun, tidak semua anggrek dapat rajin berbunga. Hanya anggrek yang dipelihara dengan baiklah yang akan rajin berbunga. Tanaman anggrek yang kondisinya sehat lah yang akan rajin berbunga.

Untuk membuat anggrek agar rajin  berbunga, ada beberapa kegiatan yang perlu dilakukan. Apa-apa saja kegiatan yang perlu dilakukan supaya anggrek apat rajin berbunga? Kegiatan tersebut diantaranya adalah seperti di bawah ini.

Advertisement

Penyiraman merupakan hal yang perlu dilakukan. Penyiraman yang dilakukan juga harus sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan cuaca pada saat itu. Apabila cuaca sedang panas dan tanaman sedang kekurangan air, penyiraman dapat dilakukan dengan volume air yang banyak.

Cara Paling Mudah Membungakan Tanaman Anggrek

Begitu pula sebaliknya, apabila cuaca sedang musim penghujan, penyiraman dapat dilakukan sedikit saja. Penyiraman yang baik dapat ditandakan dengan meresapnya air hingga keujung akar. Mengapa harus hingga keujung akar? Karena pada ujung akar tersebutlah air akan menyerap lalu menyebar keseluruh jaringan yang ada di dalam tanaman.Cara Paling Mudah Membungakan Tanaman Anggrek

Sedangkan pada bagian akar lainnya, air tidak bisa menyerap. Penyiraman yang dilakukan terhadap anggrek tidak boleh terlalu banyak dan tidak boleh juga terlalu sedikit. Penyiraman yang terlalu banyak akan menyebabkan akar menjadi membusuk karena akar menerima air terlalu banyak.

Sedangkan penyiraman yang terlalu sedikit akan menyebabkan tanaman menjadi kekurangan air. Namun, perlu diingat bahwa anggrek memerlukan kelembapan yang tinggi. Apabila air telah keluar dari dasar pot maka penyiraman segera dihentikan.

Waktu penyiraman yang baik adalah dilakukan pada pagi dan sore hari. Pada pagi hari, penyiraman yang baik dilakukan pada saat matahari sebelum terbit. Sedangkan pada sore hari, penyiraman yang baik dilakukan pada saat matahari sudah tenggelam. Tidak hanya pengaruh cuaca saja yang menjadi faktor dari banyaknya penyiraman.

Ada beberapa faktor lainnya seperti faktor jenis anggrek itu sendiri dan media tumbuh anggrek tersebut. Jenis anggrek yang hidup membutuhkan sinar matahari yang banyak membutuhkan penyiraman yang banyak pula. Contoh anggrek yang hidup membutuhkan sinar matahari yang banyak adalah anggrek yang tumbuh langsung di bawah sinar matahari.

Anggrek yang seperti itu sangat membutuhkan penyiraman yang banyak. Penyiraman yang baik dilakukan bisa lebih dari dua kali dalam sehari.

Seperti yang telah disebutkan diatas, media tumbuh anggrek juga mempengaruhi banyaknya penyiraman yang dilakukan. Setiap anggrek pasti mempunyai media tumbuh yang berbeda-beda. Contohnya seperti media tumbuh pakis yang memiliki daya penyimpanan air dan sistem drainase yang baik. Apabila media tumbuh pakis ini mengalami kelebihan air maka bisa dialirkan ke bawah karena memiliki sistem drainase yang baik.

Sebagai contoh lagi adalah media tumbuh arang kayu yang memiliki sifat sulit untuk mengikat air dan miskin akan unsur hara. Sulitnya untuk mengikat air membuat media tumbuh arang kayu harus dirambahkan dengan pupuk supaya dapat tumbuh dengan baik.

Pupuk Kusus Untuk Bunga Anggrek MudaCara Paling Mudah Membungakan Tanaman Anggrek

Pupuk merupakan salah satu untuk yang sangat dibutuhkan oleh tanaman mana saja termasuk tanaman anggrek. Keberadaan pupuk sangat dibutuhkan oleh tanah. Tanpa adanya pupuk maka tanah tidak akan subur. Bisa dikatakan bahwa pupuk merupakan penyubur tanah. Tanah juga membutuhkan unsur hara.

Unsur hara inilah yang membuat tanah menjadi subur. Unsur hara dapat diperoleh melalui penyiraman, melalui media tumbuh, dan yang terakhir adalah melalui pemupukan. Unsur hara terbagi atas beberapa jenis, yaitu seperti unsur mikro dan unsur makro. Kedua unsur tersebut dibagi lagi menjadi beberapa jenis lagi.

Pemberian unsur hara harus sesuai dengan porsi. Tidak boleh berlebihan dan tidak boleh pula kurang. Yang akan terjadi jika tanaman anggrek kekurangan atau kelebihan unsur hara adalah pertumbuhan tanaman anggrek akan terhambat. Bahkan, ada juga yang pertumbuhannya terhenti karena kelebihan atau pun kekurangan unsur hara.

Untuk itulah, ketika melakukan pemupukan, usahakan dilakukan sesuai dengan porsi yang ada. Pemupukan pada tanaman anggrek dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan memberikan pupuk melalui daun. Cara ini dinilai lebih efektif daripada cara-cara pemupukan yang lainnya.

Teknik Memberikan Pupuk Pada anngrekCara Paling Mudah Membungakan Tanaman Anggrek

Mengapa cara pemberian pupuk melalui daun dikatakan efektif? Hal tersebut dikarenakan daun dapat mennyerap sebagian besar pupuk. Berbeda dengan pemberian pupuk melalui tanah yang tidak bisa menyerap secara efektif karena akar tidak bisa menyerap dengan baik.Baca juga Media Tanam Tomat Dan Pot Terbaik Untuk Budidaya Tomat

Advertisement

Pupuk yang ddilakukan pada tanah biasanya hanya akan menyerap tidak sampai ke ujung akar. Sedangkan ujung akar tersebutlah yang berfungsi untuk menyerap pupuk lalu disebarkan keseluruh jaringan tanaman anggrek. Untuk itulah, sebaiknya pemupukan dilakukan pada daun.

Pemberian pupuk harus dilakukan di waktu yang tepat. Waktu yang tepat untuk pemberian pupuk adalah pada waktu sore hari yaitu pada pukul lima sore. Atau pemupukan juga dapat dilakukan pada pagi hari yaitu pada pukul enam pagi. Pemupukan tidak boleh dilakukan pada siang hari karena akan menguapkan seluruh kandungan air di dalam jaringan tanaman anggrek.

Pemberian pupuk juga harus dilakukan sesuai dengan fase pertumbuhan. Pertumbuhan tanaman anggrek terbagi atas dua fase, yaitu fase vegetatif dan fase generatif. Pada saat fase pertumbuhan vegetatif, tanaman annggrek akan mengeluarkan karbohidrat untuk pembentukan batang, daun, serta akar. Sedangkan pada saat fase pertumbuhan generatif, tanaman anggrek menyimpan sebagian besar karbohidratnya.

Setiap fase pertumbuhan berbeda-beda kebutuhan pupuk. Namun, pada umumnya pupuk yang sering diberikan pada tanaman anggrek adalah pupuk majemuk. Di dalam pupuk majemuk mengandung dua unsur, yaitu unsur mikro dan unsur makro. Pupuk majemuk dapat diberikan dengan cara disemprotkan pada seluruh bagian tanaman dengan bantuan sprayer halus.

Penyemprotan pupuk majemuk sebaiknya utamakan pada bagian daun tanaman anggrek. Terutama pada bagian daun bagian bawah tanaman anggrek.

Menentukan Umur Anggrek Untuk Di BungakanCara Paling Mudah Membungakan Tanaman Anggrek

Ketika memilih anggrek, pastikan sudah diperhatikan terlebih dahulu supaya nantinya tidak ada kekecewaan ketika tanaman anggrek telah sampai pada tujuannya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih anggrek. Apa-apa saja yang perlu diperhatikan ketika memilih anggrek? Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih anggrek adalah seperti di bawah ini.

Menentukan umur tanaman anggrek

Anggrek memiliki umur yang berbeda-beda. Berdasarkan perbedaan umurnya, tanaman anggrek terbagi atas dua jenis yaitu tanaman muda dan tanaman dewasa. Untuk lebih jelasnya, simaklah uraian di bawah ini.Tulisan terkait Umur Waktu Tomat Siap Untuk Di Panen

  • Anggrek tanaman muda

Anggrek tanaman muda memiliki karakteristik yang belum sepenuhnya muncul. Membutuhkan waktu yang lama untuk membentuk sepenuhnya karakteristik dari anggrek tanaman muda. Namun, harga dari anggrek tanaman muda lebih murah dan dapat dijangkau oleh siapa saja.

Anggrek tanaman muda memiliki ciri-ciri tersendiri. Ketika melihat anggrek berdasarkan umurnya, anggrek tipe monopodial dan tipe simpodial dapat dijadikan sebagai penjabarannya.

Tanaman muda berdasarkan tipe anggrek monopodial memiliki ciri-ciri yaitu memiliki batang yang ramping dan daunnya masih berjumlah sedikit.

Tanaman muda berdasarkan tipe anggrek simpodial memiliki ciri-ciri yaitu belum terbentuknya pseudobulb. Ada beberapa jenis anggrek tipe monopodial yang masih muda sudah terbentuk pseudobulb. Namun, pembentukan pseudobul tersebut belum sepenuhnya padat dan berisi.

  • Anggrek tanaman dewasa

Anggrek tanaman dewasa ini tidak memerlukan waktu yang lama untuk pembentukan karakteristik karena sudah terbentuk. Namun, harga dari anggrek tanaman dewasa lebih mahal daripada anggrek tanaman muda. Sama seperti anggrek tanaman muda, anggrek tanaman dewasa ciri-cirinya juga dapat dijabarkan melalui anggrek tipe monopodial dan tipe simpodial.

Tanaman dewasa berdasarkan tipe anggrek monopodial memiliki ciri-ciri batangnya yang ramping. Batang yang ramping menunjukkan sudah banyaknya ruas yang telah tumbuh. Sedangkan tanaman dewasa berdasarkan tipe anggrek simpodial memiliki ciri-ciri sudah terbentuknya pseudobulb yang padat serta berisi.Cara Paling Mudah Membungakan Tanaman Anggrek

Menentukan warna bunga anggrek

Menentukan warna bunga berdasarkan warna bagian tanaman juga bisa dilakukan. Ketika memilih anggrek, tidak seluruhnya anggrek yang kita mau sedang tumbuh bunga. Kadangkala anggrek yang kita mau itulah yang tidak memiliki bunga. Namun, terkadang kita kesulitan untuk menentukan warna bunga tersebut karena tanaman belum berbunga.

Cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan melihat warna bagian tanaman. Jika warna bagian tanaman seperti bagian batang, daun, hingga akar berwarna hijau tua maka bunga yang akan muncul akan berwarna gelap. Contoh warna yang berwarna gelap seperti ungu atau pun cokelat.

Sebagai contohnya lagi, jika warna bagian batang, daun, hingga akar tanaman anggrek berwarna hijau terang atau pun hijau muda maka bunga yang akan muncul akan berwarna lembut. Contoh bunga yang berwarna lembut adalah ungu muda atau putih. Begitu pula seterusnya.

Perkiraan seperti ini memang tidak selama benar. Tetapi paling tidak akan mendekati dengan warna daun yang muncul.demikian Cara Paling Mudah Membungakan Tanaman Anggrek semoga bisa berguna dan membantu..Baca Juga Memilih Tanaman Anggrek Sehat Dan Cepat Berbunga 

Advertisement
Cara Paling Mudah Membungakan Tanaman Anggrek | admin | 4.5