Cara Pembibitan Stek Batang Bunga Anggrek Vanda Manual

Cara Pembibitan Stek Batang Bunga Anggrek Vanda Manual – Agar Anggrek vanda tetap dikenal hingga ratusan tahun yang akan datang, Anggrek vanda perlu diperbanyak. Tanpa adanya perbanyakan, Anggrek vanda tidak akan ada ratusan tahun yang akan datang. Oleh karena itu, perbanyakan Anggrek Anggrek vanda ini wajib dan perlu dilakukan supaya Anggrek vanda tetap.

Memperbanyak Anggrek  vanda bukanlah perkara yang sulit. Semua orang pasti bisa memperbanyak vanda. Hanya saja kita harus mengetahui mengenai seluk belum Anggrek vanda yang akan kita perbanyak supaya nantinya tidak terdapat kesulitan ketika sedang memperbanyak Anggrek vanda.

Advertisement

Selain tetap menjaga Anggrek vanda agar tetap ada hingga beberapa tahun yang akan datang, apa  tujuan lain dari perbanyakan anggrek vanda? Tujuan lain dari perbanyakan Anggrek vanda adalah untuk peremajaan. Anggrek vanda merupakan jenis anggrek tipe monopodial. Anggrek tipe monopodial merupakan anggrek yang tumbuh keatas secara terus menerus.

Cara Pembibitan Stek Batang Bunga Anggrek Vanda Manual

Apabila tidak di remajakan, batang vanda bisa saja akan patah dan itu tentunya akan mengurangi nilai keindahan dari Anggrek vanda itu sendiri. Untuk itulah, lakukan perbanyakan agar Anggrek vanda dapat di remajakan lagi.Baca juga Ingin Tanaman Buah Berbuah Lebat Gunakan Cara Alami Ini

Cara Pembibitan Stek Batang Bunga Anggrek Vanda Manual

Tidak semua jenis Anggrek vanda dapat diperbanyak. Hanya Anggrek vanda yang batangnya sudah tumbuh terlalu tinggi dan tidak mempunyai penyanggalah yang dapat dilakukan perbanyakan. Pada umumnya, Anggrek vanda diperbanyak dengan menggunakan cara setek. Cara ini dinilai lebih mudah dan presentase keberhasilannya lebih banyak.

Perbanyakan dengan cara setek akan diperoleh bibit yang mempunyai sifat genetik sama seperti induknya. Lantas, apa saja kriteria Anggrek vanda yang dapat diperbanyak? Kriteria Anggrek vanda yang dapat diperbanyak adalah sebagai berikut.

  • Apabila Anggrek vanda dinilai sudah kurang baik dari segi penampilan, perbanyakan perlu dilakukan. Contohnya seperti daun Anggrek vanda banyak yang sudah gugur, Anggrek vanda dapat diperbanyak.
  • Apabila Anggrek vanda sudah terlalu tinggi dan sulit dalam hal pemeliharaan maupun pemetikan bunga, maka perbanyakan perlu dilakukan.

Itulah kriteria dari Anggrek vanda yang dapat diperbanyak.

Menyiapkan setek batang Pada batang anggrek vanda

Anggrek Vanda yang sudah berukuran panjang sekitar 200 cm serta tidak dapat dipelihara dengan baik, maka batang Anggrek vanda tersebut perlu dipotong atau di setek. Setelah dilakukan penyetekan, barulah bibit setek tersebut dapat ditanam kembali. Ketika melakukan setek, caranya tidak boleh sembarangan.Simak Juga Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Buah Dan Hias

Bagaimanakah cara melakukan setek batang? Cara melakukan setek batang adalah sebagai berikut.

Cara Pembibitan Stek Batang Bunga Anggrek Vanda Manual

  1. Bagian ujung batang Anggrek vanda dapat dipotong sepanjang 70 cm.
  2. Bagian batang yang dipotong harus memiliki dua akar atau lebih.
  3. Batang yang masih tertinggal, selanjutnya dipelihara dengan baik agar menghasilkan tunas anakan yang baru. Pemeliharaannya sama seperti pemeliharaan vanda pada umumnya. Yaitu dengan cara penyiraman yang dilakukan dua kali sehari dan pemupukan yang dilakukan dua kali dalam seminggu.
  4. Tunas anakan yang telah tumbuh selanjutnya potong. Sebaiknya tunas anakan yang dipotong telah memiliki daun dan telah mengeluarkan akar.
  5. Setek yang telah dipotong tersebut siap untuk di jaddikan setek atau bibit.

Cara Lain pembibitan dengan Cara Setek Bunga anggrek Vanda

Tanaman hias Anggrek vanda biasanya diperbanyak dengan menggunakan cara setek. Cara ini dinilai lebih mudah dan lebih terjamin keberhasilannya daripada perbanyakan dengan cara yang lain. Oleh karena itulah banyak orang yang sudah menggunakan cara ini untuk memperbanyak Anggrek  vanda.

Advertisement

Sebelum memulai melakukan penyetekan, terlebih dahulu kita harus mempersiapkan setek batang atau bibitnya. Bagaimanakah cara mempersiapkan setek batang? Cara mempersiapkan setek batang adalah sebagai berikut.

  • Pilih terlebih dahulu tanaman Anggrek  vanda yang siap untuk diperbanyak.
  • Potong bagian ujung batang Anggrek  vanda dengan panjang kurang lebih 50 cm.
  • Batang yang dipotong harus memiliki paling sedikit 3 akar.

Setelah setek batang sudah tersedia, selanjutnya tanam setek batang tersebut. Setek batang dapat ditanam dengan berbagai cara dan diberbagai tempat. Setek batang dapat ditanam kembali di bedengan, pot kayu, atau di tempat lainnya. Yang terpenting tempat tersebut cocok dengan syarat tumbuh dari Anggrek  vanda.

Cara Pembibitan Stek Batang Bunga Anggrek Vanda Manual

Lantas, bagaimanakah cara menanam Anggrek  vanda di bedengan, pot kayu, atau di tempat lainnya yang memang cocok untuk menanam vanda? Cara menanam vanda di beberapa tempat adalah sebagai berikut.Tulisan terkait Cara Simpel Membuat Tanaman Buah Cepat Berbuah Panjang

Penanaman Anggrek Vanda di bedengan

Bedengan merupakan salah satu lokasi yang dapat menanam setek Anggrek  vanda. Namun, tidak semua jenis Anggrek vanda dapat ditanam di bedengan ini. Hanya jenis vanda terestial sajalah yang dapat ditanam di bedengan. Sedangkan untuk Anggrek  vanda epifit tidak dapat ditanam di bedengan.

Bagaimanakah cara menanam Anggrek  vanda di bedengan? Cara menanam vanda dibedengan adalah sebagai berikut.

  1. Sediakan pecahan genting dan media tumbuh seperti serutan kayu atau sejenisnya.
  2. Masukkan pecahan genting tersebut ke dalam pot. Pecahan genting ini sebagai dasar pot dan berguna untuk sistem drainase.
  3. Selanjutnya masukkan pula media tumbuh hingga satu per tiga bagian dari pecahan batu.
  4. Supaya media tumbuh lebih subur lagi, tambahkan campuran antara pupuk kandang, kompos bambu, serta pupuk buatan NPK.
  5. Buat lubang tanam pada media tumbuh.
  6. Masukkan setek vandad yang telah dipersiapkan ke dalam lubang tanam.
  7. Karena vanda tumbuh terus menerus ke atas, letakkan penyangga disamping vanda kemudian ikat dengan menggunakan tali supaya pertumbuhannya tidak terhambat.

Penanaman Anggrek vanda di pot kayu

Pot kayu juga dapat dijadikan sebagai media untuk menanam setek Anggrek vanda. Cara menanam setek Anggrek vanda di dalam pot kayu adalah sebagai berikut.

Cara Pembibitan Stek Batang Bunga Anggrek Vanda Manual

  1. Buatlah terlebih dahulu pot kayu dengan ukuran segi empat.
  2. Masukka potongan arang ke dalam pot kayu.
  3. Masukkan setek vanda ke dalam pot kayu dengan mengikutsertakan akar. Paling sedikit tiga akar.
  4. Batang kemudian diikat dengan menggunakan tali paa kawat penggantung.
  5. Supaya pertumbuhannya tidak terganggu, sebaiknya kelembapan tanaman dijaga supaya tetap tinggi. Pemeliharaannya juga harus lebih intensif terutama penyiramannya yang harus ilakukan lebih banyak daripada penyiraman pada pot tanah.

Itulah cara menanam setek anggrek vanda pada pot kayu serta panduan pembibitan anggrek vanda dengan cara stek batang,semoga saja bisa berguna dan jangan lupa Untuk membaca tulisan sebelumnya mengenai 6 Jenis Anggrek Vanda Paling Bagus Menarik Dan Mahal

Advertisement
Cara Pembibitan Stek Batang Bunga Anggrek Vanda Manual | admin | 4.5