Cara Perawatan Tanaman Kopi Yang Baik

Cara perawatan tanaman kopi yang baik – Di indonesia,Ada banyak jenis tanaman kopi yang mampu di budidayakan secara sempurna,Antara lain Kopi Robusta,Kopi Arabika,kopi Luwak dan kopi Ateng.Lain spesies jenis kopi,lain pula cara melakukan perawatan baik dari pembibitan hingga tanaman kopi siap berbuah..

Perawatan Tanaman Segala jenis kopi Baik Robusta dan Kopi Arabika sebenarnya gampang-gampang sulit.Sulitnya jika kita belum mengetahui teknik serta cara melakukannya,hal apa saja yang perlu di lakukan..

Advertisement

Gampangnya,jika semua teknik serta ilmu perawatan tanaman kopi sudah anda kuasai dengan benar.maka hasil akhir yang akan anda peroleh tentunya cukup memuaskan.Cara Perawatan Tanaman Kopi Yang Baik

Intinya kunci keberhasilan dalam budidaya tanaman kopi baik Kopi robusta maupun Kopi arabika bisa kita lakukan dengan berbagai teknik kusus yang akan saya bahas sampai gamblang dan mudah ada pahami..

Cara Perawatan Kopi Arabika.

Kopi jenis ini adalah salah satu kopi jenis unggul jika kita bandingkan dengan kopi lainnya.Cara perawatan cukup mudah,tidak memerlukan hal-hal yang aneh.yang terpenting,syarat hidup tanaman kopi ini sudah kita sesuaikan,maka kita tinggal sedikit melakukan perawatan tambahan saja..

Kopi jenis ini berasal dari daerah Afrika dan mampu hidup dengan subur di daerah tropis dengan pohon pelindung yang cukup.Akan lebih bagus,jika jenis kopi ini kita tanam di daerah 900 meter di atas permukaan laut.

Kopi Arabika mampu menghasilkan buah jika tidak ada hujan hingga 3-6 bulan,maka ia akan segera mengeluarkan bunga dan selanjutnya berbuah,maka dari itu,jika tanaman kopi arabika sangat cocok jika kita tanam di daerah yang jarang terjadi hujan.

Selain itu,syarat hidup tanaman kopi arabika adalah pada tanah yang banyak mengandung Hara dan organik cukup.

Perawatan Harian Tanaman kopi.

Hal pertama yang wajib kita lakukan adalah dengan melakukan penyiangan.penyiangan sendiri bertujuan untuk membentuk kerangka tanaman supaya di dapat ranting batang kopi yang lebih banyak.dengan demikian,juga mampu untuk menghasilkan buah yang cukup banyak..

Advertisement

Selain itu,ada beberapa tahapan perawatan salah satunya adalah pemangkasan reproduksi yang bertujuan untuk membuang cabang batang kopi yang sudah tua.cara ini memiliki tujuan,supaya batang utama kopi lebih menghasilkan batang tunas baru yang lebih produktif.

Selain itu,cara ini juga akan membuang beberapa jenis hama penyakit yang mungkin menempel pada batang kopi yang telah memiliki umur tua.

Tahapan berikutnya adalah dengan melakukan pemangkasan untuk meremajakan dari pada tanaman kopi tersebut.Meremajakan tanaman kopi bisa kita lakukan Jika tanaman sudah di anggap turun reproduksinya.Buah yang di hasilkan sudah jauh dari panen sebelumnya,Maka perawatan tingkat ini perlu kita lakukan..

Membasmi Gulma Hama Tanaman Kopi.

jenis tanaman kopi apa saja sangat rentan terhadap serangan berbagai gulma,hama serta penyakit,maka dari itu,kita diwajibkan untuk selalu menjaga tanaman tersebut terbebas dari berbagai gulma supaya di dapatkan buah yang memuaskanCara Perawatan Tanaman Kopi Yang Baik

Jika gejala dan tanda sudah di ketahui,maka jangan menunggu lama,segera lakukan pengobatan sesuai dalam tulisan sebelumnya Hama dan penyakit pada tanaman kopi  Silahkan di baca,sebab di tulisan tersebut juga sarta sebutkan berbagai pengobatan dan pestisida yang di gunakan..

Salah satu hama yang paling di takuti para petani kopi adalah hama penggerak buah.Pada umumnya ia akan menyerang berbagai jenis buah kopi,Tidak mengenal kopi muda dan yang tua,semua pasti akan di sikatnya.Jika tanaman kopi sudah terserang jenis penyakit ini,maka buah akan rontok berguguran..

Hama lain yang juga berbahaya adalah jenis hama Nematoda.jika hama ini sudah menyerang,tak sedikit petani yang akan mengalami penurunan hasil panen.cara mengatasi hama penyakit jenis ini cuma ada  satu cara,yaitu dengan cara melakukan sambung batang bawah tanaman kopi yang tahan terhadap serangan jenis hama ini..

Umur Panen tanaman kopi.

Tanaman kopi yang kita lakukan perawatan secara benar dan dari jenis bibit varietas unggul,akan panen pertama di usia 3-4 tahun.Semua tergantung dari perawatan,pupuk,serta bibit yang kita gunakan.dan akan mampu membuahkan hasil buah yang sangat berlimpah ketika tanaman kopi telah mencapai umur 10 tahun..

Baca juga: Cara menanam kopi arabika kusus pemula

Dalam satu tahun,tanaman kopi mampu berbuah hingga 2-3 kali.tergantung dari varietas serta perawatan dan cuaca di daerah sekitar.menang tidak bisa untuk kita jadikan patokan,namun secara umum,panen kopi bisa di lakukan 2 kali dalam satu tahu…semoga berguna..

Advertisement
Cara Perawatan Tanaman Kopi Yang Baik | admin | 4.5