Cara Sederhana Membuat Tanaman Cepat Berbuah Lebat

Cara Sederhana Membuat Tanaman Cepat Berbuah Lebat – Siapa yang tidak menginkan tanaman nya dapat cepat berbuah? Pasti semua orang menginkan tanaman nya agar dapat cepat berbuah. Namun sayangnya tidak semua orang bisa memenuhi mimpinya tersebut. Ada juga orang yang beruntung mendapatkan tanaman yang cepat berbuah.

Tanaman yang cepat berbuah memang membawa keuntungan tersendiri bagi pemiliknya. Terutama lagi bagi pemiliknya yang memang sengaja membudidayakan tanaman berbuah untuk dijual. Selain buahnya dapat dipetik pada waktu yang jauh dari waktu yang ditentukan pada tanaman buah pada umumnya, pemilik buah akan mendapatkan uang yang lebih dari penjualan buah tersebut.

Apabila penjualan buah dilakukan bukan pada musimnya, maka harga buah akan mahal. Tanaman yang cepat berbuah pada umumnya berbuah bukan pada musimnya.

Advertisement

Cara Sederhana Membuat Tanaman Cepat Berbuah Lebat

Cara Sederhana Membuat Tanaman Cepat Berbuah Lebat

Tanaman cepat berbuah mungkin bukan karena kebetulan semata saja. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tanaman cepat berbuah. Ada juga tanaman yang sudah cukup umur untuk berbuah tetapi belum juga berbuah. Biasanya masalah tersebut dikarenakan ada faktor lainnya seperti tidak mendapatkan sinar matahari yang utuh untuk tanaman yang memang membutuhkan sinar matahari yang utuh.Baca juga 4 Cara Paling Mudah Semai Biji Benih Pepaya Budidaya

Selain itu, ada faktor lainnya yang mempengaruhi tanaman cepat berbuah, contohnya seperti buah durian. Buah durian yang cepat berbuah biasanya menyambungan tanaman asli dengan menggunakan mata tunas atau pucuk ranting dari tanaman durian yang sudah mencapai umur produktif.

Dengan cara seperti itu, tanaman durian akan cepat berbuah setelah berumur tujuh tahun. Berbeda halnya dengan tanaman durian yang tidak diperlukan seperti itu, setelah berumur 10 tahun pun tanaman durian tidak akan berbuah.

Setiap tanaman tidak bisa pembuahaannya dipaksakan. Mungkin ada sebagaian orang yang memaksakan tanamannya untuk berbuah. Sebenarnya hal tersebut sangatlah salah. Hal tersebut bisa saja membuat tanaman menjadi stres. Tanaman yang stres akan mengakibatkan tanaman menjadi mati.

Faktor lainnya yang mempengaruhi tanaman tidak berbuah secara cepat adalah faktor alam atau yang lebih dikenal dengan agroklimat. Contohnya seperti apel. Apel adalah tanaman yang tumbuh di daerah yang beriklim dingin. Ketinggian tempat yang baik untuk pertumbuhan tanaman apel adalah diatas 1000 meter dari permukaan laut.

Cara Sederhana Membuat Tanaman Cepat Berbuah Lebat

Tanaman Cepat berbuah Juga di pengaruhi Oleh Curah hujan

Untuk curah hujan yang baik untuk pertumbuhan tanaman apel adalah tiga ribu milimeter per tahunnya. Apabila tanaman apel ditumbuhkan di tempat yang tidak sesuai dengan iklim atau agroklimat tersebut, maka tanaman apel tidak akan berbuah dengan cepat. Bahkan, pertumbuhan tanaman pun akan terkesan sulit.

Sebenarnya, penanaman tanaman yang tidak sesuai dengan iklim di daerah tersebut dapat dilakukan di dalam tempat khusus seperti green house. Pemakaian green house dapat diatur kelembapan, suhu, dan sinar mataharinya.

Namun, sayangnya memakai green house sangat memakan biaya. Pemakaian green house biasanya hanya dilakukan oleh para penghobis saja. Sedangkan untuk usaha akan memakan biaya yang sangat mahal.Tulisan lainnya Membasmi Hama Penyakit Tanaman Pepaya Alami

Advertisement

Mempercepat Tanaman berbuah Dengan Agroklimat

Apa itu agroklimat? Agroklimat sama juga dengan iklim. Suatu tanaman dapat hidup dengan bagus jika ditanam di daerah yang iklimnya sesuai dengan syarat tumbuh dari tanaman tersebut. Tidak hanya dapat hidup dengan bagus, tetapi tanaman yang ditanam di daerah dengan kondisi agroklimatnya bagus juga akan berbuah dengan cepat daripada tanaman yang ditanam di daerah agroklimat yang tidak sama dengan syarat tumbuh tanaman tersebut.

Agroklimat juga dapat diartikan sebagai syarat tumbuh dari suatu tanaman yang harus dipenuhi. Contoh tanaman yang ditanam sesuai dengan agroklimatnya seperti pisang ambon yang dapat hidup pada ketinggian 0-1900 meter diatas permukaan laut. Jika agroklimat tersebut tidak dipenuhi, tanaman pisang ambon tidak bisa hidup dengan baik dan buah yang dihasilkan pun tidak bagus.

Cara Sederhana Membuat Tanaman Cepat Berbuah Lebat

Pisang ambon dapat tumbuh di mana saja. Baik itu di daerah dataran rendah maupun di daerah dataran tinggi. Jika ditanaman di daerah dataran rendah, maka ketinggian yang disarankan adalah 0-390 meter diatas permukaan laut. Sedangkan tanaman pisang ambon ditanam di daerah dataran tinggi, ketinggian yang disarankan aalah diatas 700 meter diatas permukaan laut.

Lamanya pisang ambon akan tumbuh tergantung kepada ketinggian suatu tempat. Jika di daerah dataran rendah, pisang ambon akan mengeluarkan jantung pada usia 240 hari setelah penanaman. Berbeda jika di dataran tinggi pisang ambon akan mengeluarkan jantung pada usia satu setengah tahun hari setelah penanaman berlangsung.Baca juga Ciri Kelebihan Pepaya California Sebagai Buah Budidaya

Perhatikan Lokasi Tanaman berada

Ingatlah, semakin tinggi suatu tempat, maka semakin lama pula pisang ambon akan mengeluarkan jantung. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah suatu tempat, maka semakin cepat pula pisang ambon akan mengeluarkan jantung. Tanaman pisang ambon memerlukan intensitas cahaya matahari yang penuh supaya dapat cepat mengeluarkan jantung.

Salah satu tanaman yang memerlukan intensitas cahaya matahari yang tinggi supaya pertumbuhannya optimal adalah tanaman durian. Apabila intensitas cahaya matahari yang diperoleh tanaman durian tinggi, maka panen buah akan dilakukan lebih cepat dibandingkan tanaman durian yang tidak mendapatkan cahaya matahari yang tidak penuh.

Ada beberapa jenis tanaman durian yang tidak bisa dibudidayakan di daerah dataran tinggi. Contohnya seperti durian monthong. Durian monthong tidak bisa dibudidayakan di daerah dataran tinggi yaitu pada ketinggian diatas 590 meter diatas permukaan laut. Berarti, durian monthong cocoknya dibudidayakan pada ketinggian dibawah 590 meter diatas permukaan laut.

Cara Sederhana Membuat Tanaman Cepat Berbuah Lebat

Sebenarnya durian monthong dapat di budidayakan di ketinggian yang tidak disarankan, tetapi hasilnya yang akan tidak bagus. Hasil dari durian monthong yang di budidayakan di ketinggian diatas 590 meter diatas permukaan laut adalah rasa buah tawar dan aroma durian tidak ada. Kelebihannya hanyalah buahnya yang berbuah cukup lebat.

Untuk itulah, ketika ingin membudidayakan suatu tanaman, hendaknya kita memperhatikan terlebih dahulu agroklimat dari tanaman tersebut. Tujuannya tak lain hanya ingin budidaya tanaman tersebut dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan tanaman yang bagus-bagus pula.demikian sedikit Informasi Cara Sederhana Membuat Tanaman Cepat Berbuah Lebat semoga membantu dan berguna..Tulisan lain Teknik Menanam Tanaman Merambat Dalam Pot

Advertisement
Cara Sederhana Membuat Tanaman Cepat Berbuah Lebat | admin | 4.5