Cara Simpel Membuat Tanaman Buah Cepat Berbuah Panjang

Cara Simpel Membuat Tanaman Buah Cepat Berbuah Panjang – Untuk membuat tanaman buah agar cepat berbuah mungkin tidak menjadi hal yang asing lagi. Semua pembudidaya petani telah melakukan cara agar tanaman nya cepat berbuah. Hasilnya memang benar, tanaman akan berbuah dengan cepat seperti yang telah direncanakan sebelumnya.

Namun, yang menjadi masalah adalah bagaimanakah cara agar masa tanaman berbuah dapat diperpanjang. Kebanyakan tanaman berbuah dengan waktu yang relatif singkat. Ada yang seminggu bahkan ada juga yang sampai berbulan-bulan. Semuanya tergantung kepada jenis tanamannya.

Advertisement

Akan tetapi, tidak semua jenis tanaman dapat diperpanjang masa pembuahannya. Hanya jenis tanaman tertentu saja seperti tanaman berbuah semusim. Apa-apa saja jenis tanaman berbuah semusim itu? Jenis tanaman berbuah semusim diantaranya seperti rambutan, durian, duku, dan mangga.

Tanaman tersebut dapat diperpanjang masa berbuahnya. Untuk tanaman yang berbuah sepanjang tahun tidak perlu dilakukan teknik perpanjangan masa berbuah karena memang tanaman tersebut berbuah setiap saat sepanjang tahun.

Cara Simpel Membuat Tanaman Buah Cepat Berbuah Panjang

Ketika melakukan perpanjangan masa berbuah, sebaiknya dilakukan secara bergilir. Jika dilakukan secara serentak, maka tanaman yang akan berbuah tidak selama tanaman yang diperpanjang masa berbuah nya dengan cara bergilir. Sebenarnya, bagaimanakah cara memperpanjang masa berbuah suatu tanaman?Tulisan terkait Manfaat Dan Teknik Stres Air Pada Tanaman Buah

Cara Simpel Membuat Tanaman Buah Cepat Berbuah Panjang

Untuk memperpanjang masa berbuah suatu tanaman sebenarnya tidak lah sulit. Hanya saja dibutuhkan pemeliharaan secara intensif yang dilakukan oleh pemilik tanaman tersebut. Ada beberapa teknik yang bisa dipakai oleh pembudidaya tanaman ketika ingin memperpanjang masa berbuah tanaman nya.

Beberapa teknik tersebut adalah melakukan kombinasi pemangkasan, pengairan, dan pemupukan. Kombinasi tersebut harus dilakukan secara rutin dengan tujuan supaya tanaman dapat berbuah dengan masa berbuah yang lebih panjang lagi dari yang biasanya.

Untuk contohnya, kita akan mengambil salah satu jenis tanaman berbuah. Dan untuk contoh kali ini adalah mangga. Cara membuat tanaman lebih memiliki masa berbuah lebih panjang adalah mulanya pisahkan terlebih dahulu tanaman menjadi tiga petak dengan luasan kebun sekitar 20-30 hektar.

Setelah dipisahkan, biarkan dua petak tanaman mangga berbunga sedangkan satu petak lagi biarkan tidak berbunga. Untuk yang tanaman mangga satu petak yang belum berbunga, lakukanlah pemangkasan berat.

Selain pemangkasan berat, pemberian pupuk NPK dengan kadar N yang tinggi pun perlu dilakukan.simak juga Supaya Tanaman Salak Anggur Berbuah Lebat Dengan Cara Pemangkasan

Supaya Tanaman cepat berbuah dengan memberikan Pupuk tepat

Cara Simpel Membuat Tanaman Buah Cepat Berbuah Panjang

Tanaman yang berada di petak tiga ini dipastikan akan menumbuhkan ranting yang baru dengan tingkat kesuburan yang tinggi tetapi tidak terlalu tinggi. Beberapa bulan kemudian, tanaman mangga di petak tiga tersebut diberikan pupuk NPK dengan kadar P nya tinggi. Sebulan setelah memberikan pupuk NPK dengan kadar P yang tinggi, selanjutnya tanaman dapat dilakukan stres air selama kurang lebih tiga bulan.

Advertisement

Tanaman mangga di petak tiga tersebut akan berbunga pada saat awal musim hujan. Bunga mangga tersebut akan berbuah beberapa bulan kemudian saat harga buah mangga sedang tinggi. Bukankah itu suatu keuntungan bagi pembudidaya mangga.

Faktor Lain Yang bisa membuat Tanaman Cepat Berbuah lebat

Menanam tanaman dapat dilakukan dimana saja. Baik itu di kebun tanaman terbuka maupun di tempat-tempat yang tidak terlihat oleh orang. Tanaman apa saja dapat ditanam di halaman rumah. Halaman rumah menjadi salah satu alternatif untuk penanaman suatu tanaman yang mungkin pemilik tanaman tersebut tidak bisa memelihara tanaman apabila tanaman tersebut berada di kebun yang jauh dari rumahnya.

Dengan dipeliharanya tanaman di halaman rumah, pemilik tanaman tidak usah repot-repot pergi ke kebun tanaman. Hal tersebut merupakan salah satu kelebihan dari menanam tanaman di halaman rumah. Ada lagi kelebihan lainnya ketika tanaman di tanam di halaman rumah.Baca juga Ingin Tanaman Buah Berbuah Lebat Gunakan Cara Alami Ini

Seperti ketika ingin menanam tanaman di kebun terbuka, menanam tanaman di halaman rumah pun harus dilakukan dengan benar. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tumbuh atau tidaknya tanaman yang ditanam di halaman rumah. Dan beberapa faktor tersebut harus dipenuhi jika menginginkan tanaman tumbuh dengan baik.

Apa-apa saja faktor yang harus dipenuhi agar tanaman dapat tumbuh dengan baik? Faktor yang harus dipenuhi agar tanaman dapat tumbuh dengan baik adalah sebagai berikut.

Cara Simpel Membuat Tanaman Buah Cepat Berbuah Panjang

  • Agroklimat di lokasi rumah atau halaman harus sesuai dengan tanaman.
  • Karena ditanam di sekitar halaman rumah, terkadang tanaman tersebut jika sudah besar akan merusak rumah disekitarnya. Untuk itulah, ketika tanaman masih menjadi bibit, usahakan agar tanaman besarnya nanti tidak merusak rumah disektiarnya. Terutama akar tanaman yang dapat berpotensi besar merusak halalman rumah.
  • Tinggi tanaman dan tajuk tanaman harus disesuaikan dengan halaman rumah yang ada. Jika halaman rumahnya sempit, pilihlah tanaman yang tidak memiliki tajuk tanaman yang besar. Apabila di tanam tanaman yang memiliki tajuk yang besar serta tinggi, maka tanaman tersebut akan merusak bangunan rumah disekitarnya jika sudah besar.
  • Karena setiap tanaman membutuhkan sinar matahari untuk melakukan proses fotosintesis, usahakan sinar matahari yang masuk pada tanaman tidak ada yang menghalanginya. Contohnya seperti rumah yang terlalu tinggi sehingga sinar matahari tidak sampai pada tanaman. Apalagi untuk tanaman yang membutuhkan sinar matahari yang penuh. Untuk itulah, pilihlah tempat yang terkena sinar matahari secara penuh.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi tanaman dapat tumbuh dan berkembang disuatu tempat.

Selain untuk dinikmati buahnya, semua tanaman biasanya memiliki gunaan lainnya. Gunaan lainnya diantaranya adalah sebagai berikut.

Penambah nilai estetika Pada Media tanam

Tanaman yang ditanam di halaman rumah fungsinya memang untuk menambah nilai estetika suatu rumah. Rumah akan tambah bagus jika dihiasi dengan tanaman yang bagus. Contoh tanaman yang indah dilihat seperti pisang, salah, dan pepaya, serta beberapa tanaman lainnya.

Untuk di daerah perkotaan, tanaman yang berfungsi untuk tempat peneduh memang dibutuhkan karena pada umumnya daerah tersebut sangat panas. Contoh tanaman yang dijadikan sebagai tempat peneduh seperti mangga dan jambu biji serta beberapa tanaman lainnya.Mungkin hanya ini saja Cara Simpel Membuat Tanaman Buah Cepat Berbuah Panjang semoga bisa membantu dan berguna..Tulisan terkait lain Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Buah Dan Hias

Advertisement
Cara Simpel Membuat Tanaman Buah Cepat Berbuah Panjang | admin | 4.5