Ciri Dan Perbedaan Kopi Robusta dan Arabica

Ciri Dan Perbedaan Kopi Robusta dan Arabica –  Berbicara mengenai kopi tentu akan menarik minat Anda sebagai penikmat kopi untuk mengetahui jenis serta ciri dari kopi itu sendiri. Ada dua jenis kopi yang akan dibahas di sini yaitu mengenai ciri dan perbedaan kopi robusta dan Arabica. Keduanya merupakan kopi dengan varietas yang berbeda.

Perbedaan kopi robusta dan Arabica yang paling umum adalah pada rasanya, bau khas, kondisi tempat kedua varietas kopi tersebut, serta perbedaan ekonomis keduanya.

Advertisement

Mengenai rasa, keduanya memiliki perbedaan yang tampak yaitu kopi Arabica memiliki variasi rasa yang cenderung bervariasi, dari rasa yang manis, lembut bahkan ada juga yang berasa kuat serta tajam.

Sebelum dilakukan proses sangrai, kopi Arabica memiliki aroma seperti blueberry. Sedangkan seusai disangrai akan beraroma buah-buahan dan berasa manis.Ciri Dan Perbedaan Kopi Robusta dan Arabica

Ciri Dan Perbedaan Kopi Robusta dan Arabica

Berbeda lagi dengan kopi robusta yang mempunyai rasa yang cenderung netral hingga tajam dan kerap dianggap memiliki rasa seperti gandum. Ciri kopi robusta dan Arabica memang lain, pada kopi robusta aroma yang dimiliki adalah aroma kacang-kacangan.

Namun untuk kualitas kopi robusta yang tinggi di pasaran jarang ada. Selain itu, ada perbedaan kopi robusta dan Arabica yang tampak yaitu pada harganya. Kopi Arabica memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan harga kopi robusta.Baca Juga Lokasi Perkebunan Kopi di Indonesia

Berikut ini ada beberapa ciri dan perbedaan kopi robusta danArabica yang dapat Anda simak. Kopi Arabica dapat tumbuh dan ditanam pada daerah dengan ketinggian 700 hingga 1700 meter di bawah permukaan laut, dengan suhu antara 16 hingga 200Celcius. Memilki iklim kering selama 3 bulan secara beruntun.

Ciri khas Kopi Arabika

Kopi Arabica mempunyai kepekaan terhadap penyakit karat daun hemileia vastatrix (HV) terlebih jika ditanam pada lokasi yang memiliki ketinggian kurang dari 700 meter di bawah permukaan laut.

Kopi ini berasal dari Ethiopia dan Brasil yang memiliki varietas banyak, tergantung pada negara, iklim serta lokasi penanaman kopi Arabica.

Advertisement

Kopi Arabica menguasai 70 persen dari pasar kopi di dunia.Ada beberapa jenis kopi yang masuk dalam kategori kopi Arabica yaitu kopi kolumbia, brasilia, mandailing, dan toraja. Di antara kopi Arabica yang satu dengan lainnya terdapat rasa yang berbeda.Artikel terkait 3 Jenis Kopi Indonesia Tembus Pasar Ekspor

Ciri Khas Kopi Robusta

Ciri kopi robusta dan Arabica bisa diidentifikasi dari biji dan pohon kopinya. Pada kopi Arabica memiliki beberapa ciri berikut.

Memiliki kecenderungan tumbuh pada dataran tinggi berkisar antara 1000 hingga 2000meter, lebih sulit untuk dipelihara, memerlukan waktu selama 9 bulan dari proses bunga menjadi buah, berbuah pada suhu yang lebih dingin, dan memiliki hasil biji kopi dengan jumlah lebih rendah.

Selain itu terdapat beberapa ciri pada biji kopi Arabica yaitu rasanya yang lebih lembut, terkenal dengan rasanya yang pahit, terasa kental saat disesap, beraroma harum seperti campuran buah dan bunga, dan terdapat rasa asam yang tidak ada pada kopi robusta.Ciri Dan Perbedaan Kopi Robusta dan Arabica

Sedangkan pada kopi robusta memiliki rasa dan bentuk lebih kasar, rasa lebih mengarah pada coklat, beraroma manis, memiliki variasi warna bergantung pada cara pengolahannya. Kopi robusta dapat tumbuh pada ketinggian antara 400 hingga 700 meter di atas permukaan laut.

Kopi robusta mudah terserang serangga, dapat berbuah ketika suhu lebih panas dan jumlah biji kopi yang dihasilkan lebih tinggi.

Memerlukan waktu antara 10 sampai 11 bulan untuk proses dari bunga ke buah. Perbedaan kopi robusta dan Arabica ini memang sangat tampak, kopi robusta hanya menempati 30 persen pasar kopi dunia.Demikian sedikit penjelasan perbedaan kopi arabika dan robusta,semoga bisa berguna dan membantu.baca juga Ciri Fisik Biji Kopi Arabika Kualitas Nomor Satu

Advertisement
Ciri Dan Perbedaan Kopi Robusta dan Arabica | Penulis | 4.5