Ciri Fisik Biji Kopi Arabika Kualitas Nomor Satu

Ciri Fisik Biji Kopi Arabika Kualitas Nomor Satu –  Bagi Anda para pencinta kopi tentu mengetahui satu jenis kopi arabika ini, java preanger. Dilihat dari namanya saja sudah dapat diketahui dari mana asalnya.

Benar sekali, kopi java preanger adalah kopi yang dibudidayakan di daerah Priangan, Jawa Barat. Java preanger merupakan salah satu kopi arabika yang banyak diminati oleh masyarakat pencinta kopi dunia dan bisa dipastikan mengenal jenis kopi ini.

Advertisement

Ada ciri fisik biji kopi arabika kualitas nomor satu ini yang mungkin belum Anda ketahui. Kopi java preanger ini banyak dijumpai dibudidayakan di pegunungan Jawa Barat seperti gunung Cikuray, Malabar, Papandayan, dan Tangkuban Perahu. Namun jenis kopi ini juga dibudidayakan di pulau lain seperti Sumatra dan Bali.Ciri Fisik Biji Kopi Arabika Kualitas Nomor Satu

Kopi java preanger merupakan kopi lokal Indonesia yang mempunyai ciri khas yang membedakannya dengan kopi lain. Ada ciri fisik biji kopi arabika java preanger ini sangat istimewa dibandingkan kopi lain. Karena karakteristik biji kopi yang dimiliki java preanger inilah yang menjadikannya sebagai salah satu kopi premium di Indonesia.

Ciri Fisik Biji Kopi Arabika Kualitas Nomor Satu

Ciri fisik biji kopi arabika kualitas nomor satu dari varietas java preanger dapat diketahui dari keunikan warna bijinya. Warna fisik bijinya adalah hijau keabu-abuan.

Ciri fisik inilah yang dapat Anda jadikan satu kunci untuk mendapatkan java preanger saat memilih biji kopi. Pada tiap biji kopi yang berkualitas nomor satu adalah memiliki karakteristik unggul.Simak Juga Cara Stek Batang Tanaman kopi Unggul

Advertisement

Salah satu ciri khas lain yang dimiliki java preanger sebagai kopi arabika kualitas nomor satu adalah mempunyai angka cacat fisik hanya 5 persen saja.

Jika kopi java preanger yang Anda pilih memiliki kecacatan lebih dari 5 persen maka menunjukkan biji kopi tersebut bukanlah biji kopi berkualitas nomor satu. Namun menurut sebagian pecinta kopi java prenger sendiri, angka maksimum cacat fisik pada biji kopi tersebut tidak membawa dampak rasa.

Ciri kopi arabika kualitas nomor satu yang lain yaitu terletak pada angka kadar air minimal biji kopi tersebut. Umumnya, kadar air biji kopi tersebut dikurangi sehingga akan mendapatkan angka kadar air minimal sebelum diolah. Pada java preanger yang grade 1 sendiri memiliki kadar air minimal hingga 12 persen sebelum diolah.Artikel terkait Lokasi Perkebunan Kopi di Indonesia

Salah satu ciri khas kopi java preanger sebagai kopi arabika kualitas nomor satu adalah terletak pada aroma wangi bunganya yang begitu kuat. Para pecinta kopi java preanger tentu akan sangat hafal dengan aroma kopi tersebut saat dikemas sekalipun.

Selain itu, ada satu ciri fisik biji kopi arabika kualitas nomor satu yang harus diperhatikan yaitu terbebas dari bau bahan asing.

Biji kopi berkualitas nomor satu haruslah terhindar dari bau asing yang disebabkan oleh kesalahan penyimpanan biji kopi pasca panen. Di mana akan muncul jamur atau mikroorganisme pengganggu biji dan datangnya hama lain seperti tikus atau binatang lain yang akan merusak biji kopi.

Biji kopi arabika kualitas nomor satu harus terbebas dari semua hal itu. Sebab kualitas biji kopi nomor satu tidak hanya bersih namun juga bebas jamur, kapang serta bau tengik. Tak hanya itu, pastikan Anda tidak mencium aroma kimia dari biji kopi tersebut.demikian simak juga 3 Jenis Kopi Indonesia Tembus Pasar Ekspor

 

Advertisement
Ciri Fisik Biji Kopi Arabika Kualitas Nomor Satu | Penulis | 4.5