Ciri Umur Mangga Siap Panen Pot Dan Lahan Terbuka

Ciri Umur Mangga Siap Panen Pot Dan Lahan Terbuka  – Tanaman mangga merupakan tanaman yang di budidayakan untuk dinikmati hasilnya. Hasil yang didapatkan dari tanaman mangga adalah buahnya. Buah mangga memiliki rasa yang manis serta memiliki berbagai macam manfaat dan kegunaannya. Buah mangga bisa dimakan secara langsung atau pun dibuat olahan lainnya.

Saat ini, mangga menjadi salah satu komoditas unggulan di Indonesia. Namun sayangnya hanya sedikit mangga yang diekspor ke luar negeri. Hal itu dikarenakan mutu mangga di Indonesia kurang dibandingkan dengan mutu mangga di negara pengekspor mangga lainnya. Namun begitu, banyak juga petani lokal yang membudidayakan mangga karena dianggap bisa mendapatkan keuntungan yang banyak.

Advertisement

Membudidayakan mangga juga tidak sulit. Tidak diperlukan keahlian khusus untuk membudidayakan mangga. Hanya saja mangga harus dipelihara dengan baik supaya menghasilkan mangga yang bermutu. Setelah dipelihara cukup lama, panen mangga dapat dilakukan.

Ciri Umur Mangga Siap Panen Pot Dan Lahan Terbuka

Ciri Umur Mangga Siap Panen Pot Dan Lahan Terbuka

Panen dilakukan pada saat mangga telah berumur sekitar 4 atau 5 tahunan. Lamanya mangga berbuah tergantung kepada jenis mangga apa yang dibudidayakan. Jika mangga yang dipelihara berasal dari bibit cangkokan maka mangga akan berbuah pada tahun ke 4 setelah penanaman.

Sedangkan mangga yang dipelihara berasal dari bibit okulasi maka mangga akan berbuah pada tahun ke lima atau pun enam setelah penanaman. Pada awal pemanenan memang belum banyak jumlah mangga yang dipenen. Akan tetapi, setelah tahun-tahun berikutnya setelah panen tahun pertama akan menghasilkan buah yang banyak.Tulisan terkait Cara Alami Membuat Tabulampot Mangga Cepat Berbuah

Pada awal pemanenan biasanya mangga yang akan dihasilkan sekitar 11 hingga 16 buah per pohonnya. Pada tahun berikutnya, hasil panen akan meningkat sedikit demi sedikit. Pada tahun ke – 10 setelah penanaman, hasil buah yang akan didapatkan adalah  2000-6000 buah untuk satu pohonnya.

Buah mangga biasanya panen pada bulan-bulan tertentu. Biasanya, bulan panen besar mangga adalah pada bulan september hingga oktober. Sebelum berbuah, biasanya mangga akan mengeluarkan bunga terlebih dahulu. Bunga tersebut harus dirawat supaya tidak mengalami keguguran. Bunga yang gugur tidak bisa menghasilkan buah.

Ketika bunga telah tumbuh rawatlah bunga dengan baik karena bunga pada mangga sangat rentan terhadap keguguran jika perawatannya tidak baik. Salah satu penyebab gugurnya bunga adalah karena serangga pembantu penyerbukan yang jumlahnya terbatas. Untuk itulah, ketika bunga sedang tumbuh usahakan serangga pembantu penyerbukan ditambah lagi supaya pembungaan tidak mengalami kegagalan.

Ciri Umur Mangga Siap Panen Pot Dan Lahan Terbuka

Bagaimanakah ciri-ciri dari mangga yang siap untuk dipanen? Ciri-ciri mangga yang siap dipanen adalah permukaan kulit buah yang menghalus. Ciri lainnya dari mangga yang siap untuk dipanen adalah adanya mangga yang jatuh dari pohon dengan sendirinya karena sudah matang. Untuk satu pohon biasanya hanya ada satu mangga yang jatuh.

Apabila sudah ditemui tanda-tanda tersebut berarti mangga telah bisa untuk dipanen. Pemanenan tidak harus berpatokan pada umur mangga tersebut. Yang terpenting mangga tersebut telah ada tanda-tandanya siap panen seperti diatas.

Advertisement

Teknik Memanen Mangga Secara benar Ala pertanian

Ketika mangga telah memiliki tanda-tanda siap untuk dipanen, maka mangga tersebut harus segera dipanen. Apa-apa saja tanda mangga yang siap untuk dipanen? Tanda-tanda mangga siap untuk dipanen adalah sebagai berikut.Baca juga 4 Penyakit Tanaman Pohon Mangga Paling Mematikan

  1. Buah mangga terlihat padat serta berisi.
  2. Tangkai pada buah mangga sudah berubah menjadi kering.
  3. Terdapat bintik-bintik pada kulit buah yang semakin lama semakin jelas disebagian dari bagian buah mangga.
  4. Buah mangga yang siap dipanen ketika diketuk dengan menggunakan tangan akan mengeluarkan bunyi yang berbeda dengan buah mangga yang belum masak. Biasanya bunyi mangga yang telah masak akan terdengar tinggi.
  5. Untuk mangga yang telah masak berwarna kuning, itu tandanya buah tesebut telah siap untuk dipanen.
  6. Bagian dalam buah mangga akan terlihat berwarna kuning.

Ciri Umur Mangga Siap Panen Pot Dan Lahan Terbuka

Itulah beberapa tanda-tanda mangga yang siap untuk dipanen. Jika sudah menemukan tanda-tanda tersebut, sebaiknya mangga langsung dipanen sebab jika tidak langsung dipanen nantinya mangga akan membusuk dipohon dan akhirnya terjatuh. Manga yang terjatuh biasanya tidak bisa dipasarkan lagi karena bentuknya yang tidak bagus lagi akibat benturan yang terjadi ketika buah terjatuh.

Ketika memanen mangga tidak boleh sembarangan. Mangga yang dipanen secara sembarangan akan mengakibatkan mutu mangga menjadi tidak bagus lagi. Bisa saja mangga yang telah dipelihara dengan susah payah ujung-ujungnya tidak bermutu karena pemanenan yang dilakukan secara sembarangan.

Memanen mangga memiliki teknik tersendiri. Teknik ini perlu diterapkan supaya menghasilkan mangga yang bermutu. Sebelum dipanen tepatnya  2 minggu sebelum pemanenan, sebaiknya penggunaan segala jenis pestisida dihentikan.

Penggunaan pestisida yang terus dilanjutkan setelah 2 minggu sebelum pemanenan akan menyebabkan buah mangga menjadi terkontaminasi dengan pestisida dan akan berakibat buruk terhadap konsumen yang mengonsumsi mangga tersebut.

Waktu terbaik panen mangga demi kualitas

Pemanenan sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Waktu yang tepat untuk memanen mangga adalah pada jam 06.30 – 07.30. Pada saat itu matahari mulai terbit dan tidak terlalu panas. Buah yang akan dipetik maupun yang telah dipetik sebaiknya jangan terkena sinar matahari. Buah yang terkena sinar matahari akan mengalami pembusukan yang cepat dibandingkan dengan buah yang tidak terkena sinar matahari.

Ciri Umur Mangga Siap Panen Pot Dan Lahan Terbuka

Apa yang akan terjadi jika pemanenan dilakukan pada siang hari? Pemanenan yang dilakukan pada siang hari akan menyebabkan buah mangga menjadi keluar getah yang banyak. Getah yang banyak akan menutupi buah sehingga mutu buah mangga menjadi menurun.

Bagaimana cara memanen mangga yang benar? Cara memanen mangga yang benar adalah sebagai berikut.

  • Bagian tangkai mangga dipotong dengan panjang 12 cm.
  • Letakkan mangga dengan menghadap ke bawah selama 4 atau 5 menit. Tujuannya supaya getah tidak menempel pada kulit mangga sehingga kulit mangga tetap bersih dari getah.

Itulah cara memanen mangga yang benar. Usahakan getah mangga jangan sampai menempel di kulit. Selain dapat mengotori kulit mangga, getah mangga juga akan membuat mangga itu sendiri menjadi rentan terhadap serangan penyakit.demikian Ciri Umur Mangga Siap Panen Pot Dan Lahan Terbuka semoga bisa membantu dan berguna..Baca juga Supaya Panen Buah Mangga Melimpah Gunakan Cara Ini

Advertisement
Ciri Umur Mangga Siap Panen Pot Dan Lahan Terbuka | admin | 4.5