Dampak Kekurangan Dan Kelebihan Pupuk Pada Tanaman

Dampak Kekurangan Dan Kelebihan Pupuk Pada Tanaman – Pupuk merupakan hal yang paling dibutuhkan oleh tanaman. Tanpa adanya pupuk, tanaman tidak dapat tumbuh dengan optimal. Apa sebenarnya kegunaan pupuk bagi tanaman? Kegunaan pupuk bagi tanaman adalah untuk memenuhi kebutuhan tanaman seerta dapat menyuburkan tanah.

Tanah yang digunakan untuk menanam tanaman pastinya memerlukan unsur hara. Sedangkan unsur hara salah satunya bisa didapatkan melalui pemberian pupuk pada tanaman. Oleh karena itu, pemberian pupuk sangat diharuskan untuk tanaman apa saja. Sebenarnya, suatu lahan sudah menyediakan unsur hara.

Advertisement

Akan tetapi, unsur hara yang disediakan setiap lahan berbeda-beda. Ada lahan yang menyediakan unsur hara yang hanya sedikit dan ada pula lahan yang menyediakan unsur hara yang cukup. Walaupun lahan tersebut menyediakan unsur hara yang cukup, tetapi lama kelamaan unsur hara tersebut akan terkuras habis seiring dengan pemakaian unsur hara tersebut oleh tanaman yang ada diatas lahan tersebut.

Dampak Kekurangan Dan Kelebihan Pupuk Pada Tanaman

Ada pula lahan yang memiliki beberapa unsur hara yang berlebih tetapi tidak memiliki beberapa unsur hara yang lainnya. Untuk mengetahui kondisi tanah atau lahan sebelum digunakan, sebaiknya tanah diperiksa terlebih dahulu. Apabila kekurangan unsur hara, sebaiknya berikan pupuk yang sesuai dengan unsur-unsur yang kurang tersebut.

Namun, ketika memberikan pupuk, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah ketika mengaplikasikan pupuk. Pupuk tidak boleh diberikan dengan porsi yang lebih dan tidak boleh pula diberikan dengan porsi yang kurang. Pemberian pupuk harus pas supaya dapat dicerna oleh tanaman dengan baik pula.

Dampak Kekurangan Dan Kelebihan Pupuk Pada Tanaman

Apa yang terjadi jika tanaman menerima pupuk terlalu sedikit atau menerima pupuk terlalu banyak? Yang akan terjadi jika tanaman menerima pupuk terlalu sedikit atau menerima pupuk terlalu banyak adalah sebagai berikut.

Hiperproduktif adalah pertumbuhan tanaman yang melebihi seperti pertumbuhan normal. Pertumbuhan tanaman yang hiperproduktif tidak baik untuk pertumbuhan tanaman. Pembuahan pun berlangsung hanya sedikit. Mungkin hanya beberapa buah saja yang akan dikeluarkan oleh tanaman tersebut selama bertahun-tahun.

Apalagi untuk tanaman yang sensitif contohnya seperti durian jenis monthong. Tanaman yang seperti itu biasanya hanya akan berbuah sebanyak beberapa buah saja selama bertahun-tahun jika tanaman tersebut terlalu hiperprouktif akibat pemberian pupuk yang terlalu banyak.

Untuk mengatasi masalah hiperproduktif dapat dilakukan dengan cara mengurangi buah yang ada ketika masih dipohon. Apalagi buah yang bergerombolan. Buah yang bergerombolan pada suatu tanaman harus dipangkas. Pilihlah buah yang benar-benar bagus. Tujuannya untuk menghindari hiperproduktif.Simak Juga Teknik Menanam Tanaman Merambat Dalam Pot

Jika tetap dibiarkan buah bergerombolan, maka tanaman akan mengalami hiperproduktif. Pada umumnya, tanaman yang mengalami hiperproduktif setelah siap berbuah akan mengalami kerontokan duan. Daun yang rontok dikarenakan tanaman tersebut stres. Lama kelamaan tanaman akan mati karena tenaganya telah terkuras akibat tanaman tersebut hiperproduktif.

Dampak Kekurangan Dan Kelebihan Pupuk Pada Tanaman

Advertisement

Untuk itulah, sebaiknya pemberian pupuk disesuaikan dengan dosis supaya tidak berlebihan maupun kekurangan.

Akibat Tanaman kekurangan Pupuk Agroklimat Mikro

Agroklimat terbagi atas dua jenis, yaitu agroklimat makro dan agroklimat mikro. Pada kesempatan ini kita hanya akan membahas mengenai agroklimat mikro. Agroklimat mikro sangat berperan penting untuk membuat tanaman menjadi tumbuh dengan sempurna dan menghasilkan buah yang sempurna pula.

Agroklimat mikro sebenarnya sama artinya dengan syarat tumbuh bagi suatu tanaman. Ada beberapa hal yang perlu dipenuhi oleh tanaman. Beberapa hal tersebut diantaranya seperti kelembapan udara, suhu, sinar matahari, dan angin. Hal tersebut lah yang diberi nama dengan agroklimat mikro.

Untuk ketinggian tempat disesuaikan dengan agroklimat mikro setiap tanaman. Jika suatu daerah terasa panas, sebaiknya tanaman di daerah tersebut ditanam di tempat yang teduh. Tujuannya supaya daerah tersebut tidak terlalu panas dan tanaman yang ditanam pun dapat hidup dengan optimal.

Dampak Kekurangan Dan Kelebihan Pupuk Pada Tanaman

Apabila suatu tanaman sulit untuk beradaptasi, pembuatan agroklimat mikro mirip seperti habitat asli tanaman tersebut pun dapat dilakukan. Biasanya tanaman yang sulit beradaptasi dikarenakan lingkungan sekitarnya tidak seperti habitat aslinya. Misalnya, suatu tanaman hidup di daerah sejuk, tetapi pemiliknya malah menanamnya di daerah panas.Baca juga Cara Sederhana Membuat Tanaman Cepat Berbuah Lebat

Hal tersebut tentunya tidak sesuai dengan agroklimat mikro tanaman tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut, biasanya orang-orang akan menanam tanaman tersebut di tempat seperti agroklimat mikronya. Walaupun daerah tersebut panas, pemilik tanaman bisa membuat seperti peneduh pada tanaman tersebut supaya keadaan daerah disekitar tanaman tidak terlalu panas.

Tapi, ingatlah ketika membuat tempat untuk peneduh suatu tanaman, jangan terlalu rapat. Peneduh yang terlalu rapat akan mengakibatkan waktu pembuahan akan semakin lama. Yang aturannya tanaman akar berbuah pada usia ke-5 bulan setelah penanaman, pembuahan malah akan berbuah pada usia ke-6 bulan setelah penanaman.

Hal Yang wajib Di perhatikan saat melakukan penananam Tanaman

Masalah terlalu rapatnya peneduh sering kali terjadi. Baik dikalangan petani maupun dikalangan penghobis tanaman. Untuk menghindari masalah tersebut, sebaiknya peneduh untuk tanaman tidak terlalu rapat dan jangan pula terlalu menjarak.

Tidak selamanya agroklimat mikro suatu negara selalu panas, pasti ada negara yang beragroklimat mikro dingin. Bagaimana cara membuat suasana panas pada daerah yang beragroklimat mikro dingin untuk suatu tanaman? Caranya adalah dengan membuat rumah kaca.

Di dalam rumah kaca, biasanya dilengkapi dengan alat pengukur suhu. Apakah suhu dingin atau sebaliknya yaitu suhu panas. Segala jenis tanaman dapat dimasukkan ke dalam rumah kaca tersebut. Namun, pembuatan rumah kaca memakan biaya yang tidak sedikit. Dibutuhkan biaya yang besar untuk membuat rumah kaca ini.

Hal ini tentunya sangat memberatkan bagi para pembudidaya skala kecil. Pembudidaya skala kecil tidak memiliki modal yang besar untuk membuat rumah kaca. Saat ini, hanya pembudidaya dalam skala besar sajalah yang membuat rumah kaca. Hal ini tidak lain karena pembuatan rumah kaca memerlukan biaya yang tidak sedikit.demikian Dampak Kekurangan Dan Kelebihan Pupuk Pada Tanaman semoga membantu..Tulisan terkait lain Mempercepat Tanaman Berbuah Dengan Pupuk Pas

Advertisement
Dampak Kekurangan Dan Kelebihan Pupuk Pada Tanaman | admin | 4.5