Hama Dan Penyakit Melon Serta Tata Cara Pengendaliannya

Hama Dan Penyakit Melon Serta Tata Cara Pengendaliannya – Ada dua hal yang paling ditakuti oleh petani melon, yaitu hama dan penyakit. Hama dan penyakit memang sering menyerang suatu tanaman. Salah satu jenis tanaman yang menjadi sasaran bagi penyerangan hama dan penyakit adalah tanaman melon. Tanaman melon memang sering diserang oleh hama maupun penyakit.

Penyebab dari serangan hama maupun penyakit dikarenakan petani melon tersebut tidak membersihkan kebun yang digunakan untuk membudidayakan melon. Kebun yang kotor memang menjadi sasaran bagi penyerangan hama dan penyakit. Untuk mencegah hama maupun penyakit agar tidak menyerang tanaman melon sangatlah mudah.

Advertisement

Hanya dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar penanaman melon saja sudah bisa membuat hama maupun penyakit tidak menyerang tanaman melon. Untuk itu, tingkatkan lagi kebersihan lingkungan sekitar penanaman melon supaya tidak ada tanaman yang terserang hama dan penyakit.

Ada begitu banyak jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman melon. Namun, pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas hama yang sering menyerang tanaman melon saja.

Hama Dan Penyakit Melon Serta Tata Cara Pengendaliannya

Hama Dan Penyakit Melon Serta Tata Cara Pengendaliannya

Tanaman melon ada yang tahan terhadap serangan penyakit namun ada pula yang tidak tahan terhadap serangan penyakit. Semuanya tergantung kepada jenis dan varietas dari tanaman melon tersebut. Ada begitu banyak jenis penyakit yang menyerang tanaman melon. Salah satunya adalah penyakit layu.Baca juga Manfaat Dan Teknik Stres Air Pada Tanaman Buah

Penyakit layu merupakan satu dari sekian banyak jenis penyakit yang menyerang tanaman melon. Penyakit layu terbagi atas dua jenis, yaitu layu verticillium dan penyakit layu fusarium. Lantas, bagaimana gejala yang akan ditimbulkan dari serangan penyakit layu verticillium dan serangan penyakit layu fusarium?

Lantas, apa-apa saja jenis hama yang sering menyerang tanaman melon? Jenis hama yang sering menyerang tanaman melon di antaranya adalah sebagai berikut.

Lalat buah

Lalat buah merupakan salah satu jenis hama yang sering menyerang tanaman melon. Hama lalat buah ini menyerang bagian buah tanaman melon saja. Gejala yang akan ditimbulkan dari serangan lalat buah adalah buah melon yang terserang hama lalat buah ini akan berubah warna menjadi kehitaman.

Tekstur buah pun akan berubah menjadi keras. Lama kelamaan, buah tersebut akan timbul bercak-bercak dan akhirnya menjadi bulatan yang membesar. Jika dibiarkan, buah melon akan menjadi rusak. Buah melon yang rusak tidak dapat dijual di pasaran karena mutunya yang tidak bagus lagi.Silahkan di baca dulu Ingin Tanaman Buah Berbuah Lebat Gunakan Cara Alami Ini

Untuk mengendalikan hama lalat buah ini dapat dilakukan dengan cara sanitasi lingkungan. Cara sanitasi lingkungan dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan buah melon yang terserang hama lalat buah ini lalu dimusnahkan di tempat yang jauh dari kebun tempat penanaman buah melon ini.

Hama Dan Penyakit Melon Serta Tata Cara Pengendaliannya

Tidak hanya itu saja, cara lainnya juga dapat dilakukan untuk mengendalikan hama lalat buah ini. Dan diantaranya seperti pembungkusan buah dengan menggunakan kantong plastik. Cara ini mungkin lebih efektif untuk mencegah hama lalat buah menyerang buah melon.

Kutu daun

Advertisement

Sesuai dengan namanya, kutu daun menyerang bagian daun tanaman melon. Gejala yang akan ditimbulkan suatu tanaman jika terserang kutu daun adalah daun tanaman akan menggulung. Tidak hanya itu saja, gejala lainnya yang akan ditimbulkan dari suatu tanaman yang terserang kutu daun adalah pucuk tanaman juga akan mengeriting.

Keritingnya pucuk daun dikarenakan kutu daun ini menghisap cairan daun tanaman melon sehingga nutrisi yang ada pada daun akan habis dan akhirnya pucuk daun menjadi keriting.

Untuk mengendalikan penyakit kutu daun dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan insektisda sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.Wajib Dibaca Dulu Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Buah Dan Hias

Penyakit layu verticillium

Penyakit layu verticillium merupakan salah satu jenis penyakit yang sering menyerang tanaman melon. Penyakit layu verticillium ini ada karena disebabkan oleh cendawan yang bernama verticillium. Cendawan inilah yang menyebabkan penyerangan penyakit layu verticillium terhadap tanaman melon.

Hama Dan Penyakit Melon Serta Tata Cara Pengendaliannya

Penyakit layu verticillium termasuk penyakit yang mematikan. Pasalnya, penyakit ini awal mulanya akan membuat tanaman melon menjadi layu dan lama kelamaan akan membuat tanaman melon menjadi mati. Gejala yang akan ditimbulkan dari serangan penyakt layu verticiilium adalah layunya bagan daun tanaman melon yang sudah tua.

Lama kelamaan, bagian tanaman lainnya yang akan layu. Contohnya seperti bagian daun muda, bagian buah, dan bagian batang. Supaya tidak menyebar secara cepat keseluruh bagian tanaman melon, usahakan ketika gejala yang sudah dinampakkan saat penyakit layu verticillium ini menyerang tanaman melon langsung dilakukan pengendalian.

Pengendalian penyakit layu verticillium dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan pestisida yang sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.Tulisan terkait Lain Cara Simpel Membuat Tanaman Buah Cepat Berbuah Panjang

Penyakit layu verticillium ini sebenarnya bisa dicegah. Cara pencegahannya dapat dilakukan dengan dua cara, yatu dengan pergiliran tanaman dan dengan menghindari tanah yang dipakai untuk menanam tanaman melon merupakan tanah bekas penanaman tanaman lainnya.

Layu fusarium

Layu fusarium disebabkan oleh cendawan fusarium oxysporum. Penyakit layu fusarium pada awalnya menyerang bagian sulur saja. Namun, lama kelamaan penyakit layu fusarium ini akan menyebar keseluruh bagian tanaman melon. Akibatnya, seluruh tanaman melon menjadi layu.

Hama Dan Penyakit Melon Serta Tata Cara Pengendaliannya

Gejala awal yang akan ditimbulkan ketika penyakit layu fusarium menyerang tanaman melon adalah warna dari bagian tanaman melon tersebut akan berubah warna menjadi kuning. Tidak hanya itu saja, gejala lainnya yang akan ditimbulkan dari serangan penyakit layu fusarium adalah adanya luka yang panjang pada bagian batang tanaman melon yang berwarna cokelat.

Untuk menanggulangi penyakit layu fusarium dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan fungisida sesuai dengan dosis yang telah ditentukan. Atau bisa juga dengan cara memotong bagian tanaman melon yang terserang penyakit layu fusarium.

Untuk mencegah penyakit layu fusarium menyerang tanaman melon dapat dilakukan dengan cara menggunakan varietas tanaman melon yang tahan terhadap serangan penyakit layu fusarium.sekian Hama Dan Penyakit Melon Serta Tata Cara Pengendaliannya semoga membantu..tulisan terkait Cara Membuat Melon Berbentuk Kontak Dengan Rasa Manis

Advertisement
Hama Dan Penyakit Melon Serta Tata Cara Pengendaliannya | admin | 4.5