Hormon Perangsang Pohon Mangga Cepat Berbuah Lebat

Hormon Perangsang Pohon Mangga Cepat Berbuah Lebat – Sebagai tanaman yang menghasilkan buah, tanaman pohon mangga memang menjadi primadona bagi sebagian orang. Buah mangga dikenal dengan rasanya yang manis dan lezat. Sudah banyak penggemar dari buah mangga ini. Kebanyakan konsumen lebih memilih buah mangga yang mutunya bagus.

Sedangkan untuk buah mangga yang mutunya tidak bagus, tidak ada konsumen yang ingin memilihnya. Karena itulah saat ini banyak yang menjual buah mangga dengan mutu yang bagus.

Advertisement

Di Indonesia sendiri, sudah banyak pembudidaya mangga yang mengirimkan buah mangganya hingga ke luar negeri. Hal tersebut membuktikan bahwa buah mangga yang ada di Indonesia bermutu tinggi.

Mutu panen sangat berpengaruh besar terhadap pembudidaya mangga. Apabila mutu panen tidak memuaskan maka mangga mangga yang dijual tersebut harganya akan menurun sangat drastis. Begitu pula sebaliknya, apabila mutu panen sangat memuaskan maka harga jual dari buah mangga tersebut akan melambung tinggi.Penting di baca Supaya Tanaman Salak Anggur Berbuah Lebat Dengan Cara Pemangkasan

Hormon Perangsang Pohon Mangga Cepat Berbuah Lebat

Untuk meningkatkan mutu panen, ada beberapa strategi yang perlu dilakukan oleh pembudidaya mangga. Lantas, apa-apa saja strategi yang perlu dilakukan oleh pembudidaya agar mutu panen dari buah mangga dapat meningkat? Strategi yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.

Hormon Perangsang Pohon Mangga Cepat Berbuah Lebat

Apabila pembudidaya mangga ingin meningkatkan mutu panennya, maka hal yang perlu dilakukan lebih awal adalah menjaga bunga tanaman mangga terlebih dahulu. Bunga pada tanaman mangga inilah yang nantinya akan berubah menjadi buah mangga. Karena itulah pembudidaya mangga perlu menjaga bunga agar nantinya bunga berubah menjadi buah yang bermutu tinggi.Silahkan di baca juga Manfaat Dan Teknik Stres Air Pada Tanaman Buah

Pada saat tanaman mangga sudah masuk ke tahap pembungaan, sebaiknya pemeliharaan terhadap tanaman mangga khususnya terhadap bunga pada tanaman mangga lebih ditingkatkan lagi. Mengapa pemeliharaan harus lebih ditingkatkan lagi? Tujuannya adalah supaya bunga pada tanaman mangga tidak rusak.

Pada saat pembungaan, tanaman mangga memang lebih rentan terhadap serangan penyakit. Serangan penyakit tersebut imbasnya terhadap bunga. Karena itulah banyak pemudidaya yang mengeluhkan jika banyak bunga yang rusak akibat serangan penyakit. Tidak hanya itu, ada beberapa penyebab lainnya yang dapat merusak bunga mangga. Beberapa penyebab lainnya diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Penyebab pertama dan yang paling sering terjadi adalah karena serangga yang membantu penyerbukan terhadap bunga jumlahnya sangat sedikit. Serangga memang hewan yang menjadi pembantu dalam penyerbukan pada bunga tanaman mangga.
  2. Akar yang rusak juga bisa menyebabkan pertumbuhan bunga menjadi terganggu.
  3. Tepung sari memiliki kemampuan tumbuh yang rendah.
  4. Faktor alam seperti angin kencang, kekurangan unsur hara, dan hujan yang tinggi juga dapat menyebabkan bunga menjadi rusak.

Hormon Perangsang Pohon Mangga Cepat Berbuah Lebat

Supaya bunga pada tanaman mangga tidak rusak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa hal tersebut seperti pengaturan suhu udara dan tanah, pemangkasan akar, pemakaian zat pengatur tumbuh, stres air, pencekikan batang, dan lain sebagainya.Baca Juga Ingin Tanaman Buah Berbuah Lebat Gunakan Cara Alami Ini

Advertisement

Tahap Perawatan Lanjutan Supaya Mangga mampu berbuah lebat

Tanaman mangga merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat berbuah. Banyak orang yang sudah membudidayakan tanaman mangga untuk mendapatkan buahnya. Tidak hanya sekedar mendapatkan buahnya dan menikmati buahnya saja, tetapi pembudidaya tanaman mangga juga menjual mangga hasil budidayanya sehingga mendapatkan hasil uang dari penjualan mangga tersebut.

Namun, untuk mendapatkan penghasilan yang besar dari membudidayakan mangga, pembudidaya mangga hendaknya memperhatikan mutu dari buah mangga yang dibudidayakannya. Mangga yang dijual di pasaran saat ini kebanyakan mangga yang bermutu. Jadi, jika kita ingin memasarkan mangga kita, maka kita harus membuat mangga kita menjadi mangga yang bermutu lebih dahulu.

Pada saat masih tahap pemeliharaan, bunga dan buah harus juga dipelihara. Untuk mendapatkan buah yang bermutu, kita harus menjaga buah tersebut pada saat masih menjadi bunga. Buah mangga terbentuk dari bunga. Karena itulah pada saat tahap pembungaan usahakan tetap dipelihara dengan baik.Penting di baca dulu Cara Simpel Membuat Tanaman Buah Cepat Berbuah Panjang

Ketika masih menjadi bunga, banyak sekali terjadi kerusakan pada bunga tersebut. Ada begitu banyak hal yang dapat menyebabkan penyebab dari rusaknya bunga. Salah satunya adalah karena serangga yang membantu proses penyerbukan jumlahnya sangat sedikit sehingga proses pembungaan menjadi gagal.

Hormon Perangsang Pohon Mangga Cepat Berbuah Lebat

Menjaga Buah mangga Supaya tidak gugur Muda

Untuk menjaga agar bunga tidak terjadi kerusakan, usahakan ketika saat sedang berbunga hingga berbuah tanaman mangga dipelihara dengan benar-benar sehingga proses pembungaan pada tanaman mangga berjalan lancar hingga bunga tersebut menghasilkan buah.

Pada saat bunga mangga telah berbubah menjadi buah, buah mangga juga berpotensi terhaap kegagalan. Terutama pada saat empat minggu setelah berubah, kira-kira panjang buah baru mencapai 0,6 cm pada saat itulah buah mangga rentan terhadap kerusakan. Kerusakan tersebut berupa kerontokan yang terjadi buah.Tulisan terkait Pembibitan Mangga Secara Vegetatif Sambung Batang Pucuk

Penyebab dari rontoknya buah adalah karena kandungan ZPT tidak sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya itu, rontknya buah mangga juga dikarenakan hama penyakit yang menyerang tanaman mangga.

Pada saat sedang berbuah, tanaman mangga memang rentan terhadap serangan penyakit atau hal lainnya yang bersifat mengganggu tumbuh kembang tanaman mangga tersebut. Jika tidak dirawat dengan baik, maka hal tersebut dapat berakibat fatal pada tanaman mangga tersebut.

Hormon Perangsang Pohon Mangga Cepat Berbuah Lebat

Jenis hama dan penyakit apa saja yang dapat menyerang tanaman mangga pada saat berbuah? Jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman mangga pada saat berbuah adalah hama cabuk putih, penyakit antraknose, penyakit homoptera, dan beberapa jenis hama serta penyakit lainnya.

Tidak hanya itu saja, unsur hara yang kurang juga dapat membuat buah menjadi rontok. Pada saat tahap pembuahan, tanaman mangga sangat membutuhkan unsur hara untuk memenuhi kebutuhannya.

Untuk mencegah kerusakan terhadap buah mangga, sebaiknya buah mangga dilakukan penjarangan. Penjarangan merupakan memisahkan antara buah yang bagus dengan buah yang tidak bagus. Dengan begitu, nutrisi hanya terfokus pada buah mangga yang bagus saja.sekian Hormon Perangsang Pohon Mangga Cepat Berbuah Lebat semoga membantu..Tulisan terkait Penanganan Pasca Panen Pada Mangga Budidaya

Advertisement
Hormon Perangsang Pohon Mangga Cepat Berbuah Lebat | admin | 4.5