Jenis Varietas Tanaman Pepaya Unggul

Jenis Varietas Tanaman Pepaya Unggul – Berbicara mengenai Tanaman buah pepaya, siapa yang tidak mengenal yang namanya pepaya yang memiliki banyak jenis dan varietas. Pasti semuanya mengenal dengan yang namanya pepaya. Penyebaran pepaya telah dilakukan.

Pepaya bukanlah tanaman asli Indonesia. Pepaya masuk ke Indonesia karena dibawa oleh pedagang dari negara asal dari pepaya ini.

Advertisement

Dari manakah tanaman pepaya berasal? Tanaman pepaya merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko. Tidak hanya di Indonesia, tetapi sudah mencapai diseluruh dunia penyebaran dari pepaya ini. Mulai dari Afrika, Florida, Austrlia, India, Hawai, Asia, dan lain sebagainya.

Sama seperti di Indonesia, masukkanya pepaya ke negara-negara tersebut juga melalui pedagang yang singgah di Meksiko lalu membawa pepaya ke negara-negara tersebut.Jenis Varietas Tanaman Pepaya Unggul

Morfologi Tanaman pepaya

Pepaya merupakan termasuk tanaman perdu. Memiliki tinggi mencapai 6-9 meter. Pepaya tidaklah memiliki percabangan layaknya seperti tanaman pada umumnya. Namun, pepaya memiliki daun yang seperti layaknya percabangan. Daun pepaya tumbuh diujung pohon dan menutupi ujung pohon.

Daun pepaya termasuk daun yang menjari dan menyerupai telapak tangan manusia. Pepaya memiliki bentuk batang yang tegak lurus dan berwarna putih. Batangnya ini tidaklah keras seperti batang kelapa. Namun cukup dapat menahan buah pepaya dan daun pepaya.Baca Juga Cara Menanam Budidaya Daun Bawang Pot Polybag

Seperti layaknya tanaman lainnya, pepaya juga memiliki bunga yang berbentuk seperti layaknya lilin. Warna bunga dari tanaman pepaya adalah putih. Antara bunga pepaya jantan dan bunga pepaya betina memiliki perbedaaan.

Bunga betina memiliki kepala putik yang jumlahnya ada lima, warna bunga betina putih bercampur dengan kuning, bunga betina berdiri sendiri, mahkotanya yang lepas.

Berbicara mengenai bunga pepaya, orang-orang banyak yang mengelompokkan pepaya berdasarkan bunganya. Dilihat dari bunganya, tanaman pepaya terbagi atas beberapa jenis. Dan diantaranya aalah sebagai berikut.

  • Pepaya betinaJenis Varietas Tanaman Pepaya Unggul

Pepaya betina merupakan pepaya yang hanya memiliki bunga betina saja. Bunga betina pada pepaya betina memiliki kelopak yang berbentuk seperti cawan dan terdiri atas 5 kelopak bunga.

Pada saat bunga betina ini telah membesar, maka bunga betina akan menjadi buah. Buah ini lah yang akan dimanfaatkan untuk dimakan atau dibuat olahan masakan untuk buah pepaya yang masih muda.

Ciri-ciri dari buah yang berasal dari bunga betina adalah memiliki biji yang sedikit, daging buahnya yang tipis, dan bentuk dari buahnya yang kecil.Baca Juga Menanam Budidaya Bawang Putih Pot Polybag

  • Pepaya jantan

Tidak seperti pepaya betina yang memiliki bunga betina saja, pepaya jantan hanya memiliki bunga jantan saja yang terdiri atas benang sari. Bunga jantan juga sering disebut sebagai bunga majemuk. Dikatakan bunga majemuk karena bunga-bunga jantan membentuk rangkai dan tiak memiliki tangkai.

Bunga jantan tidaklah menghasilkan buah. Bunga yang menghasilkan buah adalah bunga betina. Karena itulah jarang orang yang menanaman pepaya jantan karena tidak akan menghasilkan buah. Jika pun bunga jantan memiliki buah, buah yang dihasilkan pun tidak lah besar dan relatif sangat kecil.

Jenis pepaya Unggulan Buah Manis.

Pepaya merupakan tanaman yang memiliki varietas yang begitu banyak dan telah tersebar diseluruh dunia. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai macam-macam varietas pepaya.

Apa-apa sajakah varietas pepaya itu? Varietas pepaya yang telah ada dan telah menyebar diantaranya adalah sebagai berikut.

Pepaya bangkok

Advertisement

Sesuai dengan namanya, pepaya bangkok ini merupakan pepaya yang berasal dari Bangkok. Walaupun banyak terdapat di Indonesia, namun nyatanya pepaya ini berasal dari bangkok. Pepaya bangkok didatangkan dari Thailand lalu masuk ke Indonesia pada tahun 1970-an.Jenis Varietas Tanaman Pepaya Unggul

Pepaya bangkok ini dapat dikatakan pepaya yang memiliki keunggulan yang lebih daripada pepaya pada umumnya yang telah masuk ke Indonesia. Apa yang membedakan antara pepaya lokal dengan pepaya bangkok? Yang membedakan antara pepaya lokal dengan pepaya bangkok adalah dari segi ukurannya.

Pepaya bangkok memiliki ukuran yang lebih besar daripada pepaya lokal. Untuk berat pepaya bangkok sendiri sekitar 4 kg untuk satu buahnya.

Tidak hanya itu saja, keunggulan lain dari pepaya bangkok adalah memiliki rasa yang manis segar dan memiliki tekstur yang keras sehingga tidak mudah lembek ketika dalam perjalanan. Produktifitas dari pepaya bangkok ini juga tinggi sehingga dapat menghasilkan banyak pepaya bangkok.Baca Juga Cara Menanam Budidaya Seledri Pot Polybag

Pepaya cibinong

Pepaya cibinong merupakan pepaya yang berasal dari Indonesia. Ciri-ciri dari pepaya cibinong adalah memiliki ukuran tubuh yang memanjang dan lanjip pada bagian ujung pepaya. Pada bagian ujung pepaya memang lancip. Namun, pada bagian tengah pepaya tampak besar.Jenis Varietas Tanaman Pepaya Unggul

Sama seperti pepaya pada umumnya, pepaya cibinong berwarna hijau dibagian tengahnya. Apa keunggulan dari pepaya cibinong ini?

Keunggulan dari pepaya cibinong adalah memiliki tekstur buah yang keras sehingga memudahkan untuk pengangkutan. Selain itu, rasa buah pepaya cibinong ini juga manis dan segar.

Pepaya mas

Pepaya mas termasuk pepaya yang sudah langka. Dikatakan langka karena pada saat ini pepaya mas sangat jarang ditemukan dipasaran. Hal ini dikarenakan tidak banyak orang yang membudidayakan pepaya mas ini.Jenis Varietas Tanaman Pepaya Unggul

Ciri-ciri dari pepaya mas adalah memiliki warna kuning keemasan pada bagian luar. Sedangkan bagian dalam buah berwarna kuning. Rasa buah pepaya mas ini manis, Memiliki tekstur yang lembut pada bagian dalam buah dan memiliki tekstur yang keras pada bagian luar buah.

Pepaya hawai

Pepaya hawai merupakan pepaya lokal. Pepaya hawai merupakan pepaya yang berasal dari Kepulauan Hawai. Karena itulah pepaya ini dinamakan sebagai pepaya hawai. Pepaya hawai merupakan pepaya yang memiliki ukuran sangat kecil dibandingkan ukuran pepaya pada umumnya.

Jenis Varietas Tanaman Pepaya Unggul

Berat pepaya hawai ini adalah setengah kilogram saja. Pepaya hawai hanya dapat dimakan oleh satu orang saja.

Karena dapat dimakan oleh satu membuat kebanyakan orang menyebut pepaya hawai ini sebagai pepaya solo. Pepaya hawai memiliki rasa yang manis dan segar. Warna kulit dari pepaya hawai adalah kuning cerah.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis tanaman pepaya serta varietas buah pepaya unggul dengan rasa buah manis dan besar,demikian sedikit ulasan mengenai Jenis varietas Tanaman pepaya unggul,silahkan di pilih jika anda ingin mulai budidaya tanaman buah pepaya ini..tulisan terkait Cara Menanam Budidaya Wortel Pot Polybag

Advertisement
Jenis Varietas Tanaman Pepaya Unggul | admin | 4.5