Kapan Bunga Anggrek Vanda Bisa Di Lakukan Repotting

Kapan Bunga Anggrek Vanda Bisa Di Lakukan Repotting – Anggrek Vanda merupakan salah satu jenis spesies dari tanaman anggrek Vanda dapat hidup dimana saja. Baik itu di iklim tropis, sub tropis, maupun iklim dingin. Anggrek Vanda terbagi lagi atas beberapa jenis. Setiap jenis Anggrek  vanda memiliki kriteria maupun sifat yang berlainan. Sifat dan kriterianya tersebut tergantung kepada jenis Anggrek vanda tersebut.

Dari dulu hingga sekarang, Anggrek vanda telah menjadi primadona bagi para penggemar tanaman hias. Keunikan pada setiap bagian tanaman nya membuat Anggrek vanda semakin diminati dan digemari oleh setiap penggemar tanaman hias. Anggrek Vanda telah muncul sejak tahun 1800-an.

Advertisement

Sejak kemunculannya tersebut, nama Anggrek vanda tidak pernah jatuh dikarenakan banyaknya tanaman hias baru yang bermunculan di dunia tanaman hias. Saat ini, telah banyak yang memburu vanda. Baik itu Anggrek vanda yang unik maupun Anggrek vanda yang langka. Para kolektor pun berlomba-lomba untuk mengkoleksi Anggrek  vanda yang unik maupun yang langka.

Kapan Bunga Anggrek Vanda Bisa Di Lakukan Repotting

Tidak hanya di koleksi, vanda juga sering ditemukan di budidayakan oleh sebagian orang. Membudidayakan Anggrek vanda memang sesuatu yang tidak sulit. Tidak perlu keahlian khusus untuk membudidayakan Anggrek vanda ini.

Hanya saja, kita dituntut untuk mengetahui jenis-jenis dari Anggrek  vanda. Walaupun hanya sedikit, tetapi kita tahu bagaimana cara hidup Anggrek vanda yang akan budidayakan tersebut maupun beberapa hal lainnya yang bersangkutan dengan Anggrek vanda yang akan kita budidayakan tersebut.Baca juga Ingin Tanaman Buah Berbuah Lebat Gunakan Cara Alami Ini

Kapan Bunga Anggrek Vanda Bisa Di Lakukan Repotting

Ketika membudidayakan Anggrek  vanda, pemeliharaan adalah kunci utama agar Anggrek  vanda dapat tumbuh dengan subur. Pemeliharaan yang baik akan menghasilkan Anggrek  vanda yang baik serta berkualitas.

Begitu pula sebaliknya, pemeliharaan yang buruk akan menghasilkan Anggrek  vanda yang buruk pula. Untuk itulah, peliharalah Anggrek  vanda yang kita budidayakan agar menghasilkan bunga yang indah serta unik.

Ketika sedang tahap pemeliharaan Anggrek vanda, kadangkala Anggrek vanda ini harus direpotting.  Apa itu repotting? Repotting merupakan memindahkan tanaman dari satu tempat ke tempat lain karena tempat yang sebelumnya tidak dapat menampun tanaman tersebut. Jika ditemui perakaran Anggrek  vanda sudah keluar dari pot nya, sebaiknya lakukan repotting ini.

Kapan Bunga Anggrek Vanda Bisa Di Lakukan Repotting

Apa yang akan terjadi jika tanaman Anggrek  vanda tidak dilakukan repotting? Yang akan terjadi jika tanaman tidak di repotting adalah bentuk tanaman tidak indah lagi. Selain itu, pot tempat penanaman Anggrek  vanda lama kelamaan akan pecah dan tidak dapat digunakan lagi. Lantas, apakah syarat dari tanaman yang dapat direpotting? Syarat tanaman yang dapat direpotting adalah sebagai berikut.Tulisan terkait Cara Simpel Membuat Tanaman Buah Cepat Berbuah Panjang

  1. Pertumbuhan tanaman sudah tidak menarik lagi. Tujuan awal kita membudidayakan Anggrek adalah supaya vanda tumbuh lebih menarik lagi. Jadi, jika Anggrek vanda sudah tidak tampil menarik lagi seperti banyaknya daun yang gugur maka proses repotting ini dapat kita lakukan.
  2. Anggrek Vanda yang sudah memiliki batang yang tinggi juga harus dilakukan repotting.

Cara melakukan repotting sama seperti menanam tanaman Anggrek vanda yang baru pada umumnya. Hanya saja, media pot yang terdahulu tidak dipakai lagi serta mengurangi jumlah tanaman yang ada jika diperlukan.

Advertisement

Cara benar Menanam anggrek Vanda Epifit Di Pot

Berdasarkan habitatnya, anggrek terbagi atas dua jenis, yaitu anggrek terestrial dan anggrek epifit. Kedua jenis anggrek  ini terbagi lagi atas beberapa jenis anggrek. Sudah banyak orang yang mulai menanam anggrek ini. Terutama anggrek terestrial dan epifit. Mudahnya cara penanaman anggrek membuat banyak orang mulai menanamnya.

Lantas, bagaimanakah cara menanam anggrek epifit dan terestrial? Sebenarnya, penanaman antara anggrek epifit dengan anggrek terestrial itu sama. Hanya saja bahan dan mungkin beberapa caranya saja yang berbeda. Hal tersebutlah yang membuat cara penanaman anggrek epifit dan anggrek terestrial berbeda.

Kapan Bunga Anggrek Vanda Bisa Di Lakukan Repotting

Pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas mengenai cara penanaman anggrek epifit saja. Penanaman anggrek epifit dapat dilakukan di  pot dalam tanaah, di lempengan pakis atau dahan pohon baik itu yang masih hidup maupun yang sudah mati, serta dapat ditanam di dalam pot.

Bagaimanakah cara penanaman anggrek epifit di dalam tanah, di dahan pohon, serta di dalam pot? Cara penanaman anggrek epifit di dalam tanah, di lahan pohon, serta di dalam pot adalah sebagai berikut.Baca juga 6 Jenis Anggrek Vanda Paling Bagus Menarik Dan Mahal

Penanaman anggrek vanda di dalam pot tanah

Cara penanaman anggrek epifit di dalam pot tanah adalah sebagai  berikut.

  1. Siapkan terlebih dahulu peralatannya seperti pot tanah.
  2. Siapkan pecahan genting.
  3. Isi bagian dasar pot dengan menggunakan pecahan genting hingga terisi satu pertiga bagian dari pot tanah tersebut.
  4. Setelah itu, siapkan pula media tumbuh seperti potongan pakis, serutan kayu, atau sejenisnya.
  5. Masukkan media tumbuh diatas pecahan genting yang ada di dalam pot tanah hingga tersisa 5 cm dari pinggir bibir pot.
  6. Buat lubang tanam tepat ditengah-tengah pot.
  7. Tanaman tanaman anggrek tepat dilubang tanaman tersebut.
  8. Pada saat anggrek ditanam di dalam lubang tanam, sebaiknya perakaran dirapikan. Tujuannya adalah supaya perakaran anggrek dapat menyebar secara merata.
  9. Letakkan penyangga pada samping anggrek lalu ikat satukan anggrek dengan penyangga tersebut dengan cara mengikatnya.
  10. Tutup kembali lubang tanam tersebut dengan menggunakan tanah atau sisa media tumbuh.

Kapan Bunga Anggrek Vanda Bisa Di Lakukan Repotting

Penanaman Anggrek vanda pada dahan pohon

Cara penanaman anggrek epifit di dahan pohon adalah sebagai berikut.

  1. Persiapkan terlebih dahulu tempat untuk melekatkan tanaman anggrek.
  2. Setek anggrek atau bibit anggrek yang telah dipersiapkan kemudian dilekatkan pada tempat melekatkan aanggrek tersebut seperti di dahan pohon.
  3. Letakkan akar diposisi yang benar supaya akar dapat menyebar dengan cara menyeluruh.
  4. Tutupi akar dengan menggunakan media lalu ikat dengan menggunakan tali.

Penanaman anggrek vanda di pot kayu

Cara menanam anggrek epifit di pot kayu adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan terlebih dahulu pot kayu dan media tumbuh seperti potongan pakis atau potonga arang.
  2. Masukkan media tumbuh tersebut ke dalam pot kayu.
  3. Buatlah lubang tanam tepat ditengah-tengah pot kayu.
  4. Letakkan batang anggrek tepat di lubang tanam.
  5. Supaya tidak rebah, ikat batang dengan menggunakan tali pada penggantung pot.

Demikian sedikit informasi mengenai Kapan Bunga Anggrek Vanda Bisa Di Lakukan Repotting semoga saja bisa membantu dan berguna.tulisan terkait lain Cara Pembibitan Stek Batang Bunga Anggrek Vanda Manual

Advertisement
Kapan Bunga Anggrek Vanda Bisa Di Lakukan Repotting | admin | 4.5