Manfaat Dan Teknik Stres Air Pada Tanaman Buah

Manfaat Dan Teknik Stres Air Pada Tanaman Buah – Mempercepat tanaman berbuah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu caranya adalah dengan perlakuan stres air pada tanaman buah tersebut. Stres tidak selamanya membawa tanaman menjadi layu bahkan mati. Ada juga stres pada tanaman yang membuat tanaman itu sendiri menjadi berbuah lebat.

Salah satu stres tersebut adalah stres air. Pada umumnya, sebagian tanaman berbuah pada awal musim kemarau. Ada pula tanaman yang berbuah ditengah-tengah musim kemarau. Dengan perlakukan stres air ini, tanaman akan mengalami pembuahan karena tanaman menganggap pada saat melakukan stres air adalah musim kemarau.

Advertisement

Manfaat Dan Teknik Stres Air Pada Tanaman Buah

Sebelum melakukan stres air, pemilik tanaman harus tahu faktor-faktor yang mempengaruhi tanaman menjadi stres air. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tanaman menjadi stres air, mari simak penjelasan di bawah ini.simak juga Membuat Desain Rambatan Tanaman Hias Bunga

Faktor-faktor yang mempengaruhi stres air

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tanaman menjadi stres air. Beberapa faktor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Manfaat Dan Teknik Stres Air Pada Tanaman Buah

  • Kebutuhan tanaman terhadap air

Pada umumnya, sebagian tanaman dapat bertahan hidup walaupun hanya dengan sedikit air. Namun, ada juga tanaman yang tidak bisa bertahan hidup dengan sedikit air saja. Sebenarnya, stres air itu bukan berarti tanaman tidak disiram atau tidak diberikan air. Tanaman tetap diberikan penyiraman dengan jadwal seperti biasanya.

Tetapi, hanya saja pemberian airnya setengah dari pemberian air pada umumnya. Ingat lah, batas yang disarankan hanya setengah dari yang biasanya. Tidak boleh kurang dari setengah dari yang biasanya karena akan menyebabkan tanaman menjadi kekeringan. Berbeda halnya dengan pemberian air yang setengah dari biasanya, tanaman tidak akan mengalami kekeringan.

Bagaimana cara menandakan antara tanaman yang kekurangan air dengan tanaman yang tidak kekurangan air? Caranya adalah dengan melihat daun tanaman pada saat jam dua siang. Jika tanaman kekurangan air, daun tanaman akan tampak layu.

Kebutuhan setiap tanaman terhadap air berbeda-beda. Semuanya tergantung jenis dan umur tanaman tersebut. Selain itu, kebutuhan air juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kelembapan udara, kedalaman air permukaan, suhu, struktur tanah, angin, dan intensitas cahaya matahari.Tulisan terkait Cara Sederhana Membuat Tanaman Cepat Berbuah Lebat

  • Kedalaman air permukaan dan struktur tanah

Melakukan teknik stres air pada tanaman tidak bisa dilakukan dibeberapa daerah. Hanya daerah-daerah tertentu saja yang bisa dilakukan stres air. Salah satu daerah yang tidak bisa melakukan teknik stres air adalah ddaerah pantai yang landai dengan kedalaman air permukaan hanya satu meter saja.

Untuk daerah yang bagus dilakukan teknik stres air adalah daerah pegunungan kapur. Pada saat musim kemarau tiba, daerah pegunungan kapur akan mengalami stres air secara sendiri. Apabila menanam tanaman di daerah pegunungan kapur, usahakan pemberian air tetap dilakukan. Pemberian air ini harus dilakukan tujuannya supaya tanaman tidak terlanjur mati karena kekurangan air.

Biasanya daerah yang terdapat pegunungan kapur adalah daerah di Jawa. Sedangkan daerah lainnya tidak begitu banyak.

Cara melakukan Stres Air Pada Tanaman Buah

Sudah banyak pembudidaya tanaman yang melakukan stres air untuk membuat tanaman agar cepat berbuah. Stres air memang terbukti ampuh untuk membuat tanaman menjadi cepat berbuah. Karena itulah banyak pembudidaya tanaman yang melakukan teknik stres air untuk membuahkan tanaman lebih cepat lagi.

Advertisement

Manfaat Dan Teknik Stres Air Pada Tanaman Buah

Stres air merupakan teknik mempercepat tanaman berbuah dengan cara mengurangi sebagian air dari biasanya ketika melakukan penyiraman. Melakukan stres air disetiap daerah berbeda-beda. Setiap daerah memiliki kondisi lahan yang berbeda-beda. Hal itulah yang membuat tanaman tidak bisa dilakukan stres air pada beberapa daerah tertentu.

Misalnya saja di daerah NTT. Daerah NTT dikenal dengan daerah yang memiliki kelembapan udara yang rendha, suhu udara yang tinggi, serta angin yang lebih kencang. Penguapan tanaman di NTT mungkin lebih besar daripada penguapan tanaman di daerah lainnya.Baca juga Mempercepat Tanaman Berbuah Dengan Pupuk Pas

Melakukan stres air di daerah NTT sebenarnya sangat cocok. Tapi ingatlah, jangan sampai tanaman kekurangan air karena akan membuat tanaman menjadi mati. Mengingat daerah NTT adalah daerah yang kering tanaman harus diberikan air walaupun dilakukan teknik stres air.

Pada saat ingin melakukan stres air, terlebih dahulu pemilik tanaman harus mempersiapkan air sekitar setengah dari pemberian air pada umumnya. Setelah itu, pemberian air dapat dilakukan seperti biasanya. Stres air dilakukan untuk membungakan tanaman saja. Setelah tanaman berbunga, selanjutnya penyiraman pada tanaman perlu dilakukan lagi.

Saat tanaman berbunga, penyiraman dilakukan dua kali lipat dari penyiraman normal. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air pada tanaman yang berkurang pada saat melakukan teknik stres air. Pada sat pembungaan dan pembuahan, tanaman sangat membutuhkan air.

Untuk itulah, penyiraman setelah pembungaan dan pembuahan dilakukan dua kali lipat dari penyiraman normal. Penyiraman dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bisa dengan langsung menyiramkan pada tanaman, bisa langsung menyiramkan air pada tanah, atau bisa juga menggenangkan air dilahan tempat penanaman.

Manfaat Dan Teknik Stres Air Pada Tanaman Buah

Cara Lain stres air pada tanaman hias buah

Cara yang ketiga atau cara menggenangkan air di lahan tempat penanaman biasanya dilakukan pada daerah yang kekurangan air. Untuk mengatasi kekurangan air pada daerah yang kering, caranya adalah dengan mencari mata air pada suatu tempat. Setelah itu, pompa mata air tersebut.

Air yang dihasilkan dari pemompaan tersebut dialirkan ke lahan. Biarkan air menggenang hingga satu hari penuh. Namun, jangan biarkan air menggenang hingga berhari hari karena akan menyebabkan hama penyakit menyerang tanaman.

Jika tadi kita telah membahas mengenai cara melakukan stres air pada tanaman yang ditanam di lahan, lantas bagaimanakah cara melakukan stres air pada tanaman di dalam pot? Caranya hampir sama dengan di lahan. Tanaman diberikan air hanya setengah dari pemberian normal.

Biasanya stres air berlangsung selama 90 hari. Setelah itu, penyiraman dilakukan lagi lebih banyak dari yang biasanya supaya menghasilkan buah yang bagus.demikian Manfaat Dan Teknik Stres Air Pada Tanaman Buah semoga membantu dan berguna..Baca juga Dampak Kekurangan Dan Kelebihan Pupuk Pada Tanaman

Advertisement
Manfaat Dan Teknik Stres Air Pada Tanaman Buah | admin | 4.5