Marfologi Anatomi Tumbuhan Durian Lengkap

Marfologi Anatomi Tumbuhan Durian Lengkap – Durian merupakan salah satu buah yang berasal dari Indonesia. Durian telah ada sejak zaman dahulu tepatnya pada saat zaman kerajaan telah ada. Tidak hanya itu saja, durian telah dibudidayakan sejak dahulu hingga sampai saat ini budidaya durian terus dilakukan guna melestarikan keberadaan durian.

Buah durian merupakan buah yang memiliki ciri fisik yang berbeda dengan buah lainnya yang tidak ada buah lainnya yang menyerupai buah durian ini. Ciri-ciri fisik dari buah durian adalah memiliki duri pada bagian kulit luarnya. Di dalamnya durian memiliki buah yang daging buahnya tebal dan mengeluarkan aroma yang sangat tajam serta rasanya yang unik.

Advertisement

Di balik rasanya yang sangat lezat, ternyata durian memiliki kandungan nutrisi dan khasiat bagi tubuh siapa saja yang memakan buah durian ini. Kandungan nutrisi yang ada pada durian seperti kandungan gula yang tinggi, mengandung vitamin C, mengandung asam amino, mengandung triptopan, dan mengandung serotonin.baca juga Hormon Perangsang Pohon Mangga Cepat Berbuah Lebat

Marfologi Anatomi Tumbuhan Durian Lengkap

Marfologi Anatomi Tumbuhan Durian Lengkap

Dari segi fisiknya, tanaman durian memiliki bentuk yang sama seperti tumbuhan lainnya. Maksudnya disini adalah, tanaman durian memiliki akar, batang, cabang, ranting, dan daun seperti tanaman pada umumnya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai semua anatomi durian, simaklah penjelasan di bawah ini.

Marfologi Anatomi Akar Durian

Tanaman durian termasuk tanaman yang memiliki akar dikotil. Perakaran tanaman durian terbagi atas beberapa jenis, yaitu perakaran tunggal atau perakaran primer, perakaran tersier, dan perakaran sekunder.

  • Perakaran tunggal atau perakaran primer

Tanaman durian memiliki perakaran tunggal yang tumbuh tegak lurus dari barang utama yang ada di dalam tanah. Akar tunggal dari tanaman durian ini memiliki fungsi yaitu untuk menopang tanaman durian tersebut agar tetap bisa berdiri dengan kokoh.Tulisan lain Kelebihan Menanam Jagung Manis Unggul Di Pekarangan Rumah

  • Perakaran sekunder

Perakaran sekunder merupakan perakaran yang tumbuh di daerah perbatasan di bawah tanah. Akar sekunder memiliki fungsi yaitu untuk mendukung kukuhnya pohon durian tersebut untuk berdiri. Akar sekunder memiliki ukuran yang kecil.

  • Perakaran tersier

Perakaran tersier merupakan perakaran yang tumbuh dari akar serabut. Ukuran dari akar tersies ini lebih kecil daripada ukuran perakaran tersier. Perakaran tersier memiliki fungsi untuk menyerap air dan zat hara. Air dan zat hara nantinya akan di bawa ke seluruh bagian tanaman lainnya.

Marfologi Anatomi Tumbuhan Durian Lengkap

Marfologi Anatomi BATANG durian 

Tanaman durian memiliki batang yang tunggal serta memiliki bentuk yang silindris. Batang durian memiliki panjang kira-kira 45 meter atau bahkan lebih dari ukuran tersebut. Batang utama memiliki cabang primer. Pertumbuhan cabang primer ini kesamping dan terus berkembang hingga batas yang telah ditentukan.

Batang tanaman durian memiliki kulit yang bentuknya kasar. Kulit batang durian pada umumnya kasar. Untuk satu batang primer pada umumnya akan tumbuh hingga ukuran panjang 25 cm di permukaan tanah.Simak juga Cara Pembibitan Varietas Jagung Manis Hibrida Panduan Pemula

Anatomi DAUN Durian

Advertisement

Tanaman durian memiliki ciri daun yang khas. Ciri khas daun tanaman durian adalah pada daun muda yang menyatu antara sisi kiri dan sisi kanannya yang bentuknya setengah dari daun. Daun tanaman durian berbentuk lonjong.

Untuk panjang daunnya kurang lebih 10 cm serta lebarnya 4 cm. Namun, tidak semua jenis tanaman durian memiliki ukuran panjang dan lebar yang sama. Semuanya tergantung pada varietas tanaman durian tersebut.

Marfologi Anatomi Tumbuhan Durian Lengkap

Anatomi BUNGA Durian

Tanaman durian juga memiliki bunga yang memiliki ciri khas yaitu akan berbunga pada cabang yang telah tua saja.

Bunga durian juga berwarna. Warna bunga durian bervariasi, ada yang berwarna pink, ada yang berwarna putih, ada yang berwarna merah tua, dan ada pula yang berwarna krem, serta warna lainnya. Pada umumnya bunga tanaman durian tumbuh pada ketiak daun. Untuk satu tangkai, bunga durian terdiri atas 2-4 kuntum saja.Tulisan menarik Lain Manfaat Khasiat Tanaman Salam Dan Sambung Nyawa

Mengenal Durian Serta Zat Kandungannya

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa durian memiliki aroma yang sangat tajam. Aroma tersebut tidak disukai oleh sebagian orang. Namun, bagi mereka yang memang tidak terpengaruh dengan bau durian yang menyengat tersebut tetap akan mengonsumsi buah durian karena rasanya yang unik.

Durian memiliki lemak tak jenuh. Sementara itu, untuk khasiatnya, durian juga memiliki khasiat bagi tubuh manusia. Khasiat durian bagi tubuh manusia adalah sebagai berikut.

 

  1. Nitrogen yang terdapat di dalam durian yang dapat membentuk protein.
  2. Senyawa asam amino yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut dan kuku.
  3. Metioninnya membantu memperbaiki fungsi hati dan ginjal.
  4. Lisin, leusin, dan isoleusin dapat membantu penyerapan kalsium.
  5. Dapat memperbaiki jaringa otot.
  6. Valin dan prolin yang dapat membantu memperbaiki fungsi sendi dan tendon serta membantu penyembuhan luka.
  7. Asam malic yang dapat membantu kelancaran proses pencernaan.

Tidak semua orang dapat menikmati durian. Pasalnya, durian merupakan buah yang panas. Tidak hanya itu saja, durian juga mengandung fosfor dan natrium yang terlalu tinggi sehingga tidak baik untuk beberapa penderita penyakit seperti penyakit hipertensi.Baca juga Pengendalian Hama Pada Jagung Manis Terbukti Ampuh

Marfologi Anatomi Tumbuhan Durian Lengkap

Bagi yang memiliki permasalahan dengan perutnya juga disarankan untuk tidak mengonsumsi durian karena akan mengakibatkan sembelit. Durian juga memiliki kadar kalori yang cukup tinggi sehingga tidak baik untuk yang ingin menurunkan berat badan. Penderita diabetes juga tidak dianjurkan mengonsumsi durian karena memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

Mengonsumsi buah durian akan menyebabkan dehidrasi apabila tidak dibarengi dengan meminum air putih yang banyak. Untuk yang tidak menderita penyakit, sebaiknya juga tidak boleh mengonsumsi buah durian yang terlalu berlebihan. Memakan buah durian juga tidak baik untuk kesehatan.

Akibatnya, tubuh kita akan lemas dan kita akan merasakan mual serta diare. Hal ini terjadi karena buah durian memiliki kandungan arginin yang akan menyebabkan rasa mual, diare, serta lemas selesai mengonsumsi buah durian yang terlalu berlebihan.

Bagi para pecinta buah durian, sebaiknya tidak mengonsumsi buah durian secara berlebihan. Walaupun merupakan pecinta durian bukan berarti dapat menikmati durian secara berlebihan karena tidak baik untuk kesehatan.sekian Marfologi Anatomi Tumbuhan Durian Lengkap tulisan terkait lain 5 Jenis Durian Yang Paling Enak Rasa Manis Daging Tebal

Advertisement
Marfologi Anatomi Tumbuhan Durian Lengkap | admin | 4.5