Membasmi Hama Penyakit Penggerek Biji dan Buah Durian

Membasmi Hama Penyakit Penggerek Biji dan Buah Durian – Hama penyakit merupakan hal yang paling ditakutkan oleh petani tanaman apa saja. Tidak terkecuali oleh petani tanaman durian. Bagaimana tidak, hama penyakit ini dapat membuat tanaman menjadi sakit atau bahkan dapat membuat tanaman menjadi mati jika penyerangannya sudah parah.

Di dalam membudidayakan tanaman durian, ada saja tantangan yang harus kita hadapi untuk mendapatkan  buah durian yang berkualitas. Salah satu tantangan tersebut adalah dalam hal hama dan penyakit.

Advertisement

Hama penyakit memang dapat menyerang tanaman durian kapan saja tanpa kita duga-duga. Hal ini terkadang membuat kita kesulitan dalam hal mengatasi hama penyakit. Akibatnya, tanaman durian kita dapat sakit atau bisa juga dapat mati akibat penanganannya yang lambat.

Membasmi Hama Penyakit Penggerek Biji dan Buah Durian

Membasmi Hama Penyakit Penggerek Biji dan Buah Durian

Pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas mengenai hama yang sering menyerang tanaman durian saja. Ada begitu banyak jenis hama yang sering menyerang tanaman durian. Jenis hama yang berpotensi dapat menyerang tanaman durian jumlahnya ada 20-30 spesies hama. Namun, yang paling sering menyerang tanaman durian hanyalah 7 spesies utama saja.

Lantas, apa-apa saja jenis hama yang sering menyerang tanaman durian? Jenis hama yang sering menyerang tanaman durian diantaranya adalah sebagai berikut.Tulisan terkait Menanam Durian Agar Cepat Berbuah Rasa Manis Daging Tebal

Advertisement
  • Hama penggerek kulit buah durian

Hama dengan nama ilmiah Monogatus Puntiferails Guen. (Lepidoptera: Pyraustidae) ini ketika menyerang tanaman durian ada gejala-gejalanya. Gejala yang ditimbulkan oleh tanaman pada saat menanam tanaman durian diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Buah akan membusuk pada saat buah telah masak.
  2. Setelah beberapa hari, buah akan dipenuhi dengan ulat pada bagian dalamnya dan keluar satu per satu melalui bagian permukaan buah durian.

Hama penggerek kulit buah durian ini bisa dikendalikan. Cara mengendalikan hama penggerek kulit buah durian adalah dengan cara buah durian yang telah terserang hama penggerek kulit buah durian dapat dikumpulkan dan bisa langsung dibakar.

  • Hama penggerek biji durian

Gejala yang akan ditimbulkan apabila hama penggerek biji durian menyerang tanaman durian adalah buah durian akan terapat lubang bekas geretan pada kulit durian tersebut. Untuk mengendalikan hama penggerek biji durian dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan tanaman durian dengan menggunakan bahan kimia.Wajib di baca Menanam Durian Di Pekarangan Rumah Teknik Tumpang Sari

Namun, penyemprotan harus diberhentikan 14 hari sebelum pemanenan dilakukan. Pengendalian hama penggerek biji durian juga dapat dikendalikan tanpa menggunakan bahan kimia. Pengendalian hama penggerek biji durian tanpa menggunakan bahan kimia dapat dilakukan dengan cara meletakkan perangkap cahaya.

Perangkap cahaya yang dibuat harus menarik agar hama ini dapat tertarik untuk mendatangi perangkap tersebut. Di dalam perangkap cahaya dapat dimasukkan pisang masak yang dicampur dengan cairan insektisida.  Dengan begitu, hama penggerek biji durian dapat masuk dan akhirnya dapat mengurangi populasi dari hama ini.

Untuk mencegah hama penggerek biji durian dapat dilakukan dengan cara memasukkan durian muda ke dalam plastik agar durian dapat terlindungi.Inilah Membasmi Hama Penyakit Penggerek Biji dan Buah Durian semoga bisa bermanfaat..Simak juga Perawatan Bibit Durian Dan Dewasa Supaya Cepat Berbuah

Advertisement
Membasmi Hama Penyakit Penggerek Biji dan Buah Durian | admin | 4.5