Membasmi Hama Penyakit Tanaman Pepaya Alami

Membasmi Hama Penyakit Tanaman Pepaya Alami – Hama penyakit Merupakan hal yang paling ditakutkan oleh setiap petani pada tanaman pepaya.Kedua hal tersebutlah yang paling ditakutkan oleh petani apa saja termasuk petani pepaya. Tanaman pepaya juga tak luput dari serangan hama dan penyakit.

Serangan hama dan penyakit ada yang mematikan dan ada pula yang hanya sekedar penyerangan begitu saja tanpa ada serangan yang berarti. Itulah mengapa hama dan penyakit sangat ditakutkan oleh petani pepaya. Ada begitu banyak jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman pepaya.

Advertisement

Apa-apa saja jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman pepaya? Jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman pepaya adalah sebagai berikut.

Hama kutu daun Pada pepaya

Hama kutu daun atau nama latinnya Myzus persicae ini merupakan hama yang menyerang bagian daun tanaman pepaya. Ciri-ciri dari hama kutu daun adalah memiliki tubuh yang berwarna merah. Kadang-kadang juga ditemui kutu daun yang berwarna kehijauan. Tubuh dari kutu daun ini lunak.

Membasmi Hama Penyakit Tanaman Pepaya Alami

Pada bagian tubuh kutu daun juga dilengkapi dengan antena. Kaki hama kutu daun termasuk panjang. Hama kutu memiliki ukuran yang sangat kecil. Untuk satu kutu daun saja memiliki ukuran 1-4 mm. Kutu daun tidak akan terlihat jika hanya sendiri. Namun, jika kutu daun ini sedang bersama dengan kelompoknya maka akan terlihat.Baca juga Manfaat Buah Pepaya Mentah Dan Masak Penting Dibaca

Biasanya kutu daun menyerang daun tanaman pepaya secara berkelompok. Daun yang terserang kutu daun akan meninggalkan tanda-tanda. Tanda-tanda dari serangan kutu daun adalah adanya bercak berwarna kuning. Bercak berwarna kuning ini lama kelamaan berubah menjadi keriput.

Hama kutu tempurung hijau pepaya

Hama kutu tempurung hijau menyerang bagian daun tanaman pepaya. Hama yang satu ini menghisap cairan sel pada daun pepaya. Akibatnya proses fotosintesis menjadi terhambat. Biasanya hama kutu daun menyerang tanaman pepaya karena keadaan area sekitar penanaman tidak diperhatikan.

Untuk mencegah hama kutu tempurung hijau ini dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan area sekitar tanaman pepaya. Sedangkan untuk mengatasi penyakit hama kutu tempurung hijau dapat dilakukan dengan cara menyemprot cairan insektisida khusus untuk membasmi hama kutu tempurung hijau. Berikan sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.

Membasmi Hama Penyakit Tanaman Pepaya Alami

Hama kutu putih pepaya

Hama kutu putih bukanlah berasal dari Indonesia. Hama kutu putih masuk ke Indonesia beberapa tahun yang lalu. Awalnya hanya satu daerah di Indonesia saja yang terserang hama kutu putih ini. Namun, lama kelamaan hama kutu putih menyerang keseluruh daerah di Indonesia.Simak juga 4 Cara Paling Mudah Semai Biji Benih Pepaya Budidaya

Kutu putih akan menyerang bagian buah dan daun. Buah yang diserang kutu putih akan mengalami kebusukan. Sedangkan hama kutu putih yang menyerang bagian daun akan mengakibatkan proses fotosintesis menjadi terhambat. Hama kutu putih biasanya menyerang tanaman pepaya secara berkelompok.

Jenis penyakit Pepaya Serta cara pengendalian

Ada begitu banyak jenis penyakit yang menyerang tanaman pepaya. Namun, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai penyakit yang sering menyerang tanaman pepaya. Apa-apa saja jenis penyakit yang sering menyerang tanaman pepaya? Jenis penyakit yang sering menyerang tanaman pepaya diantaranya adalah sebagai berikut.

Advertisement

Membasmi Hama Penyakit Tanaman Pepaya Alami

Penyakit antraknosa pepaya

Penyakit antraknosa merupakan penyakit yang menyerang bagian buah pada tanaman pepaya. Penyerangan penyakit antraknosa pada buah pepaya memiliki tanda-tandanya. Tanda-tanda dari serangan penyakit antraknosa pada buah pepaya adalah timbulnya bercak berwarna cokelat pada buah.

Gejala lainnya adalah buah akan tampak basah.  Penyerangan penyakit antraknosa terjadi pada buah yang masih muda. Namun, penyakit antraknosa akan ketahuan pada saat buah pepaya telah matang. Akibatnya, buah pepaya yang telah masak menjadi membusuk karena telah terserang patogen pada saat buah masih muda.

Untuk mengatasi penyakit antraknosa ini dapat dilakukan dengan cara memetik buah yang telah terserang penyakit antraknosa agar penyerangan penyakit antraknosa tidak menyebar keseluruh bagian buah yang lain.

Membasmi Hama Penyakit Tanaman Pepaya Alami

Sedangkan pencegahan penyakit antraknosa dapat dilakukan dengan cara tidak membuat luka pada buah, pengaturan jarak tanah yang sesuai dengan yang telah dianjurkan, bersihkan lahan dari sisa tanaman yang berpenyakit, serta pemetikan buah dilakukan pada saat buah masih berwarna hijau.Simak juga Waktu Terbaik Menanam Bibit Pepaya Cepat Besar

Penyakit bakteri pepaya

Penyakit bakteri merupakan penyakit yang sering menyerang tanaman pepaya yang masih muda. Salah satu bagian yang terserang penyakit bakteri adalah bagian daun tanaman pepaya. Gejala yang ditimbulkan dari serangan penyakit bakteri adalah timbulnya warna kuning pada daun. Timbulnya warna kuning pada daun pepaya juga dibarengi dengan membusuknya daun.

Penyakit bakteri ini akan membuat tanaman pepaya menjadi mati jika tidak diatasi dengan segera. Namun, penyakit bakteri ini jika serangannya sudah parah tidak bisa diatasi lagi. Tetapi jika serangannya tidak parah masih bisa diatasi. Cara menanggulangi penyakit bakteri adalah dengan memotong daun yang telah terserang penyakit bakteri ini.

Lakukan dengan segera jika telah ada gejala yang menunjukkan serangan penyakit bakteri. Dengan begitu, penyakit bakteri tidak akan menyerang tanaman lainnya.

Membasmi Hama Penyakit Tanaman Pepaya Alami

Penyakit bercak cincin Pada pepaya

Penyebab dari munculnya penyakit bercak cincin adalah virus bercak cincin pepaya. Penyakit bercak cincin biasanya menyerang bagian daun tanaman pepaya. Serangan yang dilakukan oleh virus bercak cincin pepaya akan mengakibatkan proses fotosintesis menjadi terhambat.

Gejala yang ditimbulkan dari serangan penyakit bercak cincin adalah adanya garis berwarna hijau tua. Tidak hanya bagian daun tanaman pepaya saja yang diserang oleh penyakit bercak cincin tetapi bagian buah tanaman pepaya juga diserang oleh penyakit bercak cincin ini.

Penyakit bercak cincin ini termasuk penyakit yang dapat menular pada tanaman pepaya lainnya. Apalagi jarak tanam pada pepaya sangat berdekatan. Untuk mengatasi penyakit bercak cincin dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan fungisida sesuai dengan dosis.demikian Membasmi Hama Penyakit Tanaman Pepaya Alami semoga saja bisa membantu dan berguna..Tulisan terkait lain Pemeliharaan Tanaman Pepaya Supaya Cepat Berbuah

Advertisement
Membasmi Hama Penyakit Tanaman Pepaya Alami | admin | 4.5