Menanam Budidaya Bawang Putih Pot Polybag

Menanam Budidaya Bawang Putih Pot Polybag –  Berbicara mengenai budidaya bawang, tanaman bawang memiliki berbagai macam jenisnya. Mulai dari bawang bombai, bawang merah, hingga bawang putih, dan beberapa jenis bawang lainnya.

Semua jenis bawang memiliki kegunaan tersendiri. Namun, ada satu hal yang sama dari semua jenis bawang. Satu hal tersebut adalah sama-sama dijadikan sebagai bahan masakan.

Advertisement

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bawang putih saja. Bawang putih merupakan jenis tanaman berumpun. Rumpun bawang putih terdiri atas 4-12 siung yang diselimuti oleh kulit tipis dan membentuk satu umbi.

Membudidayakan bawang putih baik di pot dan polybag kini telah dilakukan oleh para petani di Indonesia. Jika dibudiayakan bawang putih akan menghasilkan nilai ekonomis yang tidak sedikit. Karena itulah banyak petani yang kini mulai membudidayakan bawang putih.

Tidak hanya itu, masyarakat kota pun kini banyak yang membudidayakan bawang putih. Dengan memanfaatkan lahan yang sempit saja sudah bisa membudidayakan bawang putih baik kita lakukan di pot dan polybag..Cara Menanam Bawang Putih Pot Polybag

Menanam Budidaya Bawang Putih Pot Polybag

Tidak hanya bawang saja yang memiliki berbagai jenis, tetapi bawang putih juga memiliki beragam jenis. Diantaranya adalah jenis bawang putih lumbu kuning, jatibarang, cirebon, lumbu hijau, sanur, thailand, dan beberapa jenis bawang putih lainnya.

Sebelum membudidayakan bawang putih pot polybag , sebaiknya ketahuilah terlebih dahulu syarat tumbuh bagi tanaman bawang putih. Apa-apa saja syarat tumbuh bagi bawang putih? Syarat tumbuh bagi bawang putih adalah sebagai berikut.simak juga Cara Menanam Budidaya Mentimun Panduan Pemula

Syarat Tumbuh Bawang Putih.

  • Tanaman bawang putih akan tumbuh baik jika ditanam pada awal musim hujan dan kondisi tanahnya cukup mengandung bahan organik.
  • Suhu yang baik bagi bawang putih adalah 21-24 derajat celcius.
  • Ketinggian yang dianjurkan untuk menanam bawnag putih adalah 700-900 diatas permukaan laut.
  • pH tanah yang cocok adalah 6-7.

Itulah beberapa syarat tumbuh bagi tanaman bawang putih.

Mempersiapkan bibit sebelum penanaman bawang putih memang harus dilakukan. Bawang putih merupakan tanaman yang diperbanyak dengan menggunakan siung. Bibit yang dipilih haruslah bibit yang unggulan.

Memilih Bibit Bawang Putih Unggul

Bibit yang unggul memiliki ciri-ciri contohnya seperti bibit tersebut sehat dan terhindar dari penyakit. Bentuk fisik dari bibit atau siung haruslah memiliki bentuk yang normal dan tidak boleh rusak. Bibit juga harus sama dan seragam.Menanam Budidaya Bawang Putih Pot Polybag

Bibit dapat dibuat sendiri atau membeli ditempat penyedia bibit. Untuk luas lahan 100 meter persegi dibutuhkan kira-kira 15 kg bibit bawang putih. Apabila bibit dibuat sendiri maka bibit tersebutlah haruslah diambil dari indukan yang sehat dan tidak terserang oleh hama dan penyakit.

Apabila bibit telah didapatkan, selanjutnya olah lahan yang akan digunakan untuk pembudidayaan bawang putih. Cara mengolah lahan adalah sebagai berikut.

  • Gemburkan tanah dengan menggunakan cangkul.
  • Buatlah bedengan dengan lebar satu meter, tinggi 25 cm, dan panjang disesuaikan dengan ketersediaan lahan.
  • Buatlah jarak antara bedengan satu dengan bedengan lainnya engan jarak 25 cm.
  • Taburkan pupuk kandang kira-kira 90 kg pupuk kandang untuk lahan 100 meter persegi.
  • Ratakan pupuk kandang dengan tanah.

Setelah mempersiapkan lahan, selanjutnya lakukan penanaman. Penanaman bibit bawang putih dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  • Lubang tanam dapat dibuat dengan jarak antar barisan 14 cm.
  • Potonglah bagian pucuk bibit bawang putih.
  • Biarkan sampai mengering barulah bibit bisa ditanam.
  • Bibit yang lukanya telah mengering bisa dimasukkan kedalam lubang tanam dengan posisi siung tegak.
  • Tutuplah dengan menggunakan tanah.

Itulah cara menanam bibit bawang putih baik pot,polybag dan lahan terbuka..

Bawang putih merupakan tanaman yang banyak di budidayakan oleh petani di Indonesia. Keberadaan bawang putih tidak jauh dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Banyak yang membutuhkan tanaman bawang putih ini.baca juga Cara Menanam Budidaya oyong Gambas Pemula

Tahap Perawatan Bawang Putih Harian

Salah satunya adalah untuk pelengkap bumbu masakan. Setiap ibu rumah tangga pasti membutuhkan tanaman bawang putih ini.

Karena banyak yang membutuhkan bawang putih, maka ini adalah peluang bagi Anda yang ingin membudidayakan bawang putih. Anda yang tinggal di kota juga bisa membudidayakan bawang putih.

Walaupun tidak memiliki lahan yang luas, bawang putih tetap bisa budidayakan. Itu berarti lahan yang sempit bukanlah penghalang bagi Anda untuk membudidayakan bawang putih.

Namun, untuk membuat bawang putih menjadi bawang putih yang berkualitas bukanlah hal yang mudah. Diperlukan pemeliharaan yang inetnsif dan baik. Memelihara bawang putih tidak boleh sembarangan dan ada tahap-tahapnya. Apa-apa saja tahap-tahap memelihara tanaman bawang putih? Tahap-tahap pemeliharaan tanaman bawang putih adalah sebagai berikut.

Tahap Penyiangan Bawang Putih

Apa itu penyiangan? Penyiangan merupakan tahap dimana gulma yang tumbuh disekitar tanaman bawang putih. Pencabutan gulma dapat dilakukan dengan menggunakan tangan saja. Penyiangan dapat dilakukan apabila gulma telah tumbuh.

Jangan menunggu gulma sampai panjang. Mengapa begitu? Sebab, gulma dapat mendatangkan hama dan penyakit. Karena itulah gulma harus dicabut sesegera mungkin.

Apakah gulma dapat dicegah pertumbuhannya? Ya, pertumbuhan gulma dapat dicegah dengan cara bedengan tempat penanaman bawang putih ditutup dengan menggunakan mulsa jerami padi dengan ketebalan 4 cm. Dengan begitu dapat mencegah tumbuhnya gulma.

Advertisement

Namun, walaupun telah dicegah, terkadang gulma tetap saja tumbuh disekitar parit maupun bedengan. Tetaplah lakukan penyiangan supaya gulma tidak mengganggu tanaman bawang putih.Cara Menanam Bawang Putih Pot Polybag

Penjarangan

Penjarang merupakan tahap pembuangan umbi samping yang tumbuh pada tanaman bawang putih. Umbi samping yang dibiarkan akan menyebabkan pertumbuhan umbi induk menjadi terhambat. Karena itulah diperlukan proses penjarangan pada saat umbi samping masih kecil.artikel terkait Cara Menanam Budidaya Pare Pot Polybag

Penyiraman Harian bawang putih

Penyiraman yang baik dapat dilakukan setiap dua hari sekali. Yaitu pada pagi dan sore hari. Apabila tanaman bawang putih telah tumbuh, sebaiknya dilakukan penyiraman empat hari sekali.

Umbi yang telah membentuk penyiraman dapat dilakukan selama seminggu sekali. Pada saat umbi sudah mulai membesar, maka penyiraman dapat dilakukan selama dua minggu sekali. Apabila umbi telah tua sebaiknya penyiraman segera dihentikan.

Pupuk terbaik untuk bawang putih

Pemupukan tanaman bawang putih terbagi atas dua jenis, yaitu pemupukan dasar dan pemupukan anorganik. Pemupukan asar dapat dilakukan sebelum bawang putih ditanam.

Sedangkan pemupukan anorganik dapat dilakukan pada saat hari ke-16 setelah tanam, hari ke-32 setelah tanam, dan hari ke-42 setelah tanam.

Pengendalian Hama Penyakit Bawang Putih.

Hama dan penyakit merupakan dua hal yang menjadi penyebab tanaman bawang putih menjadi sakit. Hama dan penyakit yang menyerang tanaman bawang putih dapat dihilangkan dengan cara menyemprotkan cairan insektisida sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan..

Berbagai jenis pestisida kusus untuk bawang putih banyak sekali di perjual belikan di toko [pertanian silahkan di pilih sesuai keinginan.mungkin hanya ini saja malam ini yang bisa saya tuliskan tentang Cara menanam bawang putih pot polybag kusus untuk pemula,semoga bisa bermanfaat..

Usia Panen Bawang Putih Budidaya

Tanaman bawang putih adalah tanaman yang berumpun. Rumpun bawang putih terdiri atas 4-12 siung yang diselimuti oleh kulit tipis. Menanam bawang putih kini telah dilakukan oleh petani di Indonesia.

Membudidayakan bawang putih baik pot dan polybag sangatlah menyenangkan. Selain dapat mengisi waktu luang, membudidayakan bawang putih juga dapat menghasilkan nilai ekonomis.

Bagaimana dengan Anda yang tidak memiliki lahan yang luas untuk membudidayakan bawang putih? Apakah Anda bisa membudidayakan bawang putih atau tidak? Sebenarnya, bawang putih juga bisa di budidayakan di lahan yang sempit sekalipun.simak juga Cara Menanam Budidaya Sawi Hijau Pot Polybag

Jadi, bagi Anda yang tidak memiliki lahan yang luas dan ingin membudidayakan bawang putih maka Anda bisa membudidayakan bawang putih dilahan yang sempit tersebut.Usia Panen Bawang Putih Budidaya

Usia Panen Bawang Putih Budidaya

Namun membudidayakan bawang putih tidaklah semudah apa yang Anda lakukan. Apalagi jika tanaman bawang putih terserang hama dan penyakit.

Pemeliharaan yang tidak baik dan tidak secara intensif akan menyebabkan tanaman bawang putih mudah terserang hama dan penyakit. Ada banyak jenis hama dan penyakit yang menyerang tanaman bawang putih harian

Apa-apa saja jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman bawang putih? Jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman bawang putih contohnya seperti hama bodas, tungau, penyakit embun tepung yang disebabkan oleh cendawan, dan penyakit mati ujung daun yang disebabkan oleh cendawan Pytophtora porri.

Pengendalian Hama Pada bawang Putih 

Hama dan penyakit muncul bukan tanpa sebab. Ada banyak sebab mengapa hama dan penyakit menyerang tanaman bawang putih. Penyakit yang menyerang tanaman bawang putih disebabkan oleh keadaan tanah yang lembap.

Perlu Anda ketahui bahwa tanaman bawang putih sangat peka terhadap keadaan tanah yang lembap. Keadaan tanah yang lembap akan menyebabkan munculnya jamur dan cendawan. Jamur dan cendawan sangatlah menyukai tempat yang keadaan tanahnya lembap.baca juga Cara Menanam Budidaya Selada Pot Polybag

Sedangkan hama yang menyerang tanaman bawang putih disebabkan oleh gulma yang tidak dilakukan penyiangan. Hama sangatlah menyukai keadaan tanaman yang dipenuhi dengan gulma.

Oleh karena itu, supaya hama dan penyakit tidak menyerang tanaman bawang putih, sebaiknya perhatikan kelembapan tanah dan kebersihan lingkungan sekitar tanaman bawang putih.

Tahap pemanenan bawang putih berkualitas

Apabila semua tahap-tahap pemeliharaan telah Anda lewati dan tanaman bawang putih telah berumur 120 hari, maka tanaman bawang putih sudah bisa dipanen.

Bawang putih yang dapat dipanen memiliki ciri-ciri seperti sebagian tanaman bawang putih daunnya menguning dan kering serta tangkai batangnya sudah keras. Bagaimana cara memanen tanaman bawang putih?Menanam Budidaya Bawang Putih Pot Polybag

Caranya adalah dengan mencabut seluruh bagian tanaman bawang putih. Setelah tercabut, buanglah bagian daun dan akar. Pada bagian pangkal daun bawang putih tetap ditinggalkan.

Keringkan tanaman bawang putih yang telah dipanen ditempat yang terbuka selama kurang lebih dua minggu. Tanaman bawang putih yang telah dijemur sebaiknya simpan di dalam ke gudang dan diletakkan diatas para-para dari bambu.

Sebelum bawang putih dijual, sebaiknya pilihlah bawang putih yang baik dan berkualitas. Dengan cara begitu nantinya Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak karena bawang putih yang Anda jual berkualitas.

Pastikan sebelum penen bawang putih telah cukup umur untuk kualitas bagus dan sudah pas untuk berbagai bumbu konsumsi masakan.demikian usia panen bawang putih yang bisa memakan waktu hingga 120 hari ini,semoga berguna.Artikel lanjutan Cara Menanam Budidaya Daun Bawang Pot Polybag

Advertisement
Menanam Budidaya Bawang Putih Pot Polybag | admin | 4.5