Menanam Durian Agar Cepat Berbuah Rasa Manis Daging Tebal

Menanam Durian Agar Cepat Berbuah Rasa Manis Daging Tebal – Siapa yang tidak mengenal durian? Pasti semua orang mengenal yang namanya durian. Ya, durian merupakan salah satu jenis buah-buahan yang terkenal di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia saja, tetapi durian juga populer di luar Indonesia seperti di Malaysia, Thailand, dan beberapa negara lainnya.

Durian merupakan buah asli dari Indonesia. Buah ini kemudian menyebar kebeberapa negara dan mulai dikenal oleh masyarakat di negara tersebut.

Advertisement

Budidaya durian pun telah banyak dilakukan oleh masyarakat. Budidaya durian telah dilakukan sejak zaman kerajaan. Saat itu, durian juga sudah diperjualbelikan. Sampai sekarang pun budidaya durian terus dilakukan guna melestarikan durian agar tidak punah karena sudah ada beberapa jenis durian yang sudah dikategorikan sebagai durian langka.

Berbicara mengenai budidaya durian, ada yang mengatakan gampang-gampang sulit. Mengapa dikatakan begitu? Karena menanam durian tidak bisa menggunakan teknik yang sembarangan tetapi perawatannya tidak terlalu sulit. Karena itulah mengapa dikatakan bahwa menanam durian itu gampang-gampang sulit.Baca dulu Pembibitan Mangga Secara Vegetatif Sambung Batang Pucuk

Menanam Durian Agar Cepat Berbuah Rasa Manis Daging Tebal

Menanam Durian Agar Cepat Berbuah Rasa Manis Daging Tebal

Menanam durian harus memakai aturan-aturan. Tujuannya agar buah durian yang akan dihasilkan akan berkualitas dan layak untuk dijual kepada konsumen. Dalam menanam durian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Lantas, apa-apa saja hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menanam durian? Yang perlu diperhatikan ketika ingin menanam durian diantaranya adalah sebagai berikut.

Menentukan lokasi kebun Penanaman Durian 

Lokasi penanaman memang perlu diperhatikan. Tujuan menentukan lokasi penanaman atau lokasi kebun sebelum menanam tanaman durian adalah supaya hasil yang akan didapatkan optimal. Dalam menentukan lokasi kebun, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Dan diantaranya adalah sebagai berikut.Baca Juga Hormon Perangsang Pohon Mangga Cepat Berbuah Lebat

  • Lahan

Lahan yang sesuai untuk menanam tanaman durian ciri-cirinya adalah sebagai berikut.

  1. Jenis tanah yang dipakai adalah jenis tanah lempung berpasir serta mengandung banyak bahan organik.
  2. Ketinggian tempat yang disarankan adalah kurang dari 780 meter diatas permukaan laut.
  3. Kemiringan lahan yang dianjurkan adalah 6 hingga 19 derajat celcius.
  4. Lahan harus dekat dengan sumber air.
  5. Lahan bebas dari pestisida dan limbah serta bahan berbahaya lainnya.
  6. Serta keasaman yang diperbolehkan adalah 6,2-6,9.

Itulah ciri-ciri yang sesuai untuk menanam tanaman durian.

Menanam Durian Agar Cepat Berbuah Rasa Manis Daging Tebal

  • Agroklimat

Dalam menanam durian, agroklimat sangat berpengaruh terhadap kesuburan tanaman. Agroklimat yang sesuai untuk menanam tanaman durian adalah sebagai berikut.

  1. Tempat penanaman harus memiliki iklim 8-9 bulan merupakan bulan basah sedangkan 3-4 bulan merupakan bulan kering.
  2. Iklim merupakan tipe B.
  3. Suhu udara yang sesuai adalah 28-30 derajat celcius.

Itulah agroklimat bagi tanaman durian.Tulisan terkait Cara Pembibitan Varietas Jagung Manis Hibrida Panduan Pemula

Menentukan pola dan jarak tanaman

Tanaman durian dapat berkembang dengan bagus apabila pola dan jarak tanamannya teratur. Setiap petani tanaman durian tidak lah sama dalam menentukan pola dan jarak tanam. Ada yang menentukan jarak tanam dengan ukuran lebih kurang 9 meter x 9 meter.

Namun, ada pula yang menentukan jarak tanam dengan ukuran 13 meter x 13 meter. Intinya, tanaman harus diberikan jarak agar pertumbuhannya tidak terhambat karena jarak tanamnya.

Advertisement

Menanam Durian Agar Cepat Berbuah Rasa Manis Daging Tebal

Membersihkan lahan

Lahan yang masih ada gulma atau rumput serta beberapa hal yang dianggap tanaman pengganggu atau benda pengganggu dapat disingkirkan sejauh mungkin dari tempat penanaman tanaman durian.

Penggemburan tanah atau lahan

Selanjutnya, lahan dapat digemburkan. Penggemburan lahan dapat dilakukan dengan cara mencangkul tanah sedalam 30 cm. Atau dapat juga dengan menggunakan alat seperti traktor yang lebih praktis.Tulisan terkait 5 Jenis Durian Yang Paling Enak Rasa Manis Daging Tebal

Pembuatan lubang tanam Bibit durian

Selanjutnya, lahan yang sudah bersih dapat dibuat lubang tanam. Ketika membuat lubang tanam, ada beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan seperti cangkul, meteran, kapur pertanian atau yang sering disebut dengan dolomit, furadan, dan Sp-36. Setelah semua bahan telah dipersiapkan, selanjutnya pembuatan lubang tanam dapat dilakukan. Cara pembuatan lubang tanam adalah sebagai berikut.

  1. Lahan diukur terlebih dahulu. Ukuran lahan yang digunakan adalah 70 cm x 70 cm x 210 cm x 190 cm.
  2. Sedangkan untuk kedalaman lubang tanam tersebut adalah 60-90 cm.
  3. Setelah mengukur lubang tanam, selanjutnya ukuran tersebut dapat digali dengan menggunakan alat seperti cangkul atau sejenisnya.
  4. Ketika mencangkul, antara tanah bagian atas dengan tanah bagian bawah perlu dipisahkan.
  5. Lubang tanam yang telah digali selanjutnya dibiarkan begitu saja selama dua minggu.
  6. Tanah bagian atas yang telah dipisahkan dapat dicampur dengan menggunakan SP-35 sebanyak 190 gram, kapur 190 gram, serta furudan.
  7. Setelah tercampur secara merata selanjutnya tanah tersebut dapat dimasukkan ke dalam lubang tanam yang telah didiamkan selama dua minggu sebelumnya.
  8. Biarkan tanah tersebut selama 14 hari hingga siap tanam.
  9. Setelah 14 hari baru siap untuk ditanam tanaman durian

Itulah cara membuat lubang tanam untuk menanam tanaman durian.dan Bibit durian sudah siap untuk di tanam.Silahkan di baca dulu Marfologi Anatomi Tumbuhan Durian Lengkap

Bagi petani yang ingin menggunakan pupuk kandang untuk mencampurkannya dengan tanah, sebaiknya tidak dicampur secara langsung dengan media tanam. Pupuk kandang dapat langsung ditabur diatas lahan.

Menanam Durian Agar Cepat Berbuah Rasa Manis Daging Tebal

Membudidayakan durian merupakan hal yang tidak gampang tetapi juga tidak sulit pula. Penanamannya memang mudah, tetapi menunggu agar durian tersebut berbuah memang dibutuhkan kesabaran yang ekstra karena seperti yang kita ketahui bahwa durian merupakan salah satu tanaman dengan waktu pembuahan yang lama sehingga dibutuhkan waktu bertahun-tahun atau bahkan belasan tahun agar durian tersebut berbuah.

Sebelum menanam durian, persiapkan lahan terlebih dahulu lahan yang akan digunakan. Lahan yang digunakan harus lahan yang sesuai dengan syarat tumbuh untuk tanaman durian. Contohnya seperti, lahan yang digunakan harus lahan yang bebas dari hal-hal yang dapat membahayakan tanaman itu sendiri, tanah merupakan tanah yang gembur dan memiliki tingkat kesuburan, serta beberapa hal lainnya yang sesuai dengan syarat tumbuh bagi tanaman durian.

Apabila lahan yang dicari sudah sesuai dengan syarat tumbuh bagi tanaman durian, selanjutnya lahan tersebut dapat diolah. Lahan memang perlu diolah supaya tidak ada hal yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman nantinya. Dalam mengolah lahan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut.inilah Menanam Durian Agar Cepat Berbuah Rasa Manis Daging Tebal Tulisan terkait Asal-Usul Durian Buah Lokal Asli Indonesia

Advertisement
Menanam Durian Agar Cepat Berbuah Rasa Manis Daging Tebal | admin | 4.5