Menanam Durian Di Pekarangan Rumah Teknik Tumpang Sari

Menanam Durian Di Pekarangan Rumah Teknik Tumpang Sari – Menanam Bibit durian Unggul telah banyak dilakukan oleh petani di Indonesia. Banyaknya keuntungan yang akan diperoleh ketika membudidayakan tanaman durian di pekarangan rumah membuat banyak orang tergiur untuk membudiayakan tanaman yang satu ini. Walaupun banyak keuntungan yang akan diperoleh, bukan berarti menanam durian itu mudah.

Menanam durian tidaklah mudah. Diperlukan keterampilan yang cukup agar bisa menghasilkan buah durian yang berkualitas. Tidak hanya itu saja, ada satu hal lagi yang paling penting, yaitu petani harus memiliki kesabaran yang ekstra karena menunggu tanaman durian untuk berbuah bukanlah hal yang mudah.

Advertisement

Hal ini dikarenakan tanaman durian bukanlah tanaman yang dapat berbuah dengan cepat. Dibutuhkan waktu yang bertahun-tahun untuk menunggu agar tanaman durian tersebut dapat berbuah.

Berbicara mengenai menanam tanaman durian, memang diperlukan pengetahuan yang luas untuk mendapatkan buah durian yang berkualitas. Petani dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas. Contohnya saja seperti mananam tanaman pendahulu dan penutup tanah.

Menanam Durian Di Pekarangan Rumah Teknik Tumpang Sari

Menanam Durian Di Pekarangan Rumah Teknik Tumpang Sari

Sebelum menanam tanaman durian, terlebih dahulu lahan yang digunakan tersebut harus ditanami tanaman pendahulu dan tanaman penutup tanah. jika biasanya dalam penanaman tanaman pada umumnya tanaman yang ada disekitar lingkungan harus dibasmi agar tidak ada hal yang dapat mengganggu pertumbuhan, berbeda halnya dengan tanaman durian yang harus ditanam tanaman pendahulu dan penutup tanah agar pertumbuhannya dapat optimal.Tulisan terkait 5 Jenis Durian Yang Paling Enak Rasa Manis Daging Tebal

Apa tujuan penanaman tanaman pendahulu dan tanaman penutup tanah? Tujuan penanaman tanaman pendahulu dan tanaman penutup tanah adalah supaya memberikan kondisi lingkungan tanaman yang teduh.

Kondisi lingkungan tanaman yang teduh akan memberikan dampak bagi tanaman durian. Terutama bagi tanaman durian muda. Tanaman pendahulu yang dapat dipakai pada penanaman tanaman durian seperti pisang. Sedangkan tanaman penutup tanah yang dapat dipakai pada penanaman tanaman durian seperti rumput, alfalfa, serta leguminosa.

Menanam Durian Di Pekarangan Rumah

Tidak hanya tanaman penutup dan tanaman pendahulu saja, tetapi tanaman tumpang sari juga perlu di dalam penanaman tanaman durian. Tanaman tumpang sari disini contohnya saperti padi, kacang-kacangan, jagung, rimpang-rimpangan, sayuran, umbi-umbian, serta nanas.

Menanam Durian Di Pekarangan Rumah Teknik Tumpang Sari

Menanam tanaman terdahulu dengan tanaman penutup ada cara-cara tersendiri. Lantas, bagaimanakah cara menanam tanaman terdahulu dengan tanaman penutup? Cara menanam tanaman terdahulu dengan tanaman penutup adalah sebagai berikut.Baca juga Marfologi Anatomi Tumbuhan Durian Lengkap

  • Tanah kosong yang ada disekitar lubang tanam dapat diolah untuk menanam tanaman pendahulu dengan tanaman penutup.
  • Lubang tanam yang digunakan untuk tanaman terdahulu dapat dibuat dengan ukuran dengan ukuran 35 cm x 35 cm x 35 cm diantara lubang tanam durian.
  • Setelah itu, masukkan tanaman terdahulu tersebut ke dalam lubang tanam.
  • Penanaman tanaman pendahulu dapat dilakukan paling tidak 90 hari sebelum menanam durian dimulai.
  • Apabila disekitar lahan penanaman tanaman durian masih ada yang kosong, sebaiknya manfaatkan lahan tersebut untuk menanam tanaman tumpang sari.
  • Sedangkan untuk tanaman penutup dapat ditanam di lahan kosong antardurian. Penanaman tanaman penutup ini dapat dilakukan apabila mengalami kesulitan di dalam menanam tanaman durian.

Mempersiapkan lahan Sebelum Menanam Bibit Durian

Sebelum membudidayakan durian, lahan perlu dipersiapkan. Pilihlah lahan yang sesuai dengan karakteristik tanaman durian karena akan mempengaruhi tumbuh kembang dari tanaman tersebut. Setelah lahan telah dipilih, selanjutnya lahan tersebut dapat diolah.

Advertisement

Menanam Durian Agar Cepat Berbuah Rasa Manis Daging Tebal

Tanaman pendahulu dan tanaman penutup tanah perlu ditanam di lahan yang akan dijadikan tempat penanaman buah durian. Tujuan dari penanaman tanaman pendahulu dengan tanaman penutup tanah adalah untuk melindungi tanaman durian nantinya.

Karena dengan adanya tanaman pendahulu dan penutup tanah, nantinya di lahan tersebut akan memberikan kondisis lingkungan yang teduh dan baik bagi tanaman durian.

Contoh dari tanaman pendahulu adalah pisang. Sedangkan contoh untuk tanaman penutup tanah seperti rumput, alfalfa, serta leguminosa.Tulisan terkait Asal-Usul Durian Buah Lokal Asli Indonesia

Menanam bibit durian di langan /Lahan terbuka

Dalam menanam benih durian di lapangan, tidak boleh sembarangan dan harus menggunakan teknik-teknik yang sesuai agar menghasilkan buah durian yang berkualitas. Apabila Anda menggunakan langkah yang salah maka hasilnya pun akan salah. Berikut ini akan dijelaskan cara menanam benih durian di lahan terbuka.

Menanam Durian Di Pekarangan Rumah Teknik Tumpang Sari

  1. Benih dipersiapkan terlebih dahulu.
  2. Benih kemudian Tanam pada lubang tanam yang telah dipersiapkan. Untuk satu sisi lubang tanam hanya diisi dengan satu benih.
  3. Ajir yang sebelumnya ada di dalam lubang tanam dapat dicabut.
  4. Bagian tengah media dapat digali untuk memasukkan benih.
  5. Benih yang masih terpasang polibag bisa dilepaskan dari polibagnya dengan menggunakan peralatan seperti gunting atau pisau.
  6. Benih tersebut dapat diletakkan tepat di tengah-tengah lubang tanah.
  7. Tutup lubang tanam dengan menggunakan tanah.
  8. Padatkan tanah hingga benar-benar padat.
  9. Pasang naungan bagi yang ingin memasang naungan pada bibit atau benih durian tersebut.

Tak heran jika permintaan buah durian dari tahun ke tahun terus meningkat. Namun sayangnya, pasokan buah durian untuk konsumen belum bisa tercukupi. Hal ini tidak lepas dari pasokan durian yang diberikan oleh petani durian belum tercukupi. Walaupun sudah banyak yang membudidayakan buah durian, bukan berarti kebutuhan durian dapat tercukupi.

Menanam Durian Di Pekarangan Rumah Teknik Tumpang Sari

Mungkin hal ini dapat Anda ambil sebagai kesempatan emas untuk bergabung ke dunia budidaya buah durian. Membudidayakan buah durian itu tidaklah sulit. Yang dibutuhkan disini hanyalah kesabaran yang ekstra karena untuk memanen buah durian diperlukan waktu yang lama. Hingga bertahun-tahun atau bahkan belasan tahun, durian tersebut dapat dipanen.

Namun, setelah panen pertama dilakukan, setelah itu Anda tidak perlu menunggu lama lagi untuk memanen buah durian karena selepas panen pertama buah durian proses pembuahannya tidak selama pada saat pembuahan pertama kali.sekian Menanam Durian Di Pekarangan Rumah Teknik Tumpang Sari tulisan terkait Menanam Durian Agar Cepat Berbuah Rasa Manis Daging Tebal

Advertisement
Menanam Durian Di Pekarangan Rumah Teknik Tumpang Sari | admin | 4.5