Mengenal Serangan Organisme Penyakit Pada Buah Melon

Mengenal Serangan Organisme Penyakit Pada Buah Melon – Ketika membudidayakan suatu tanaman, pasti ada saja yang menjadi penghambat pertumbuhan tanaman tersebut.

Contoh hal yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman adalah organisme pengganggu dan beberapa hal lainnya. Pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas mengenai organisme pengganggu saja.

Advertisement

Organisme pengganggu merupakan salah satu jenis hewan pengganggu yang sering mengganggu pertumbuhan tanaman.

Jika dibiarkan saja, maka organisme pengganggu tersebut akan membuat tanaman menjadi sakit dan lama kelamaan akan mati. Setiap tanaman pasti berbeda-beda.

Ada tanaman yang tahan terhadap serangan organisme pengganggu, tetapi ada juga tanaman yang tidak tahan terhadap serangan organisme.

Ketahanan suatu tanaman terhadap serangan organisme pengganggu akan mempengaruhi bagus atau tidaknya kualitas dari tanaman tersebut.

Mengenal Serangan Organisme Penyakit Pada Buah Melon

Mengenal Serangan Organisme Penyakit Pada Buah Melon

Salah satu jenis tanaman yang tidak tahan terhadap serangan organisme pengganggu adalah tanaman melon. Tanaman melon ini sangat tidak tahan terhadap serangan penyakit. Jadi, jika membudidayakan tanaman melon harus berhati-hati agar tanaman melonnya tidak terserangan hama maupun penyakit.

Hama maupun penyakit ini dapat menyerang bagian tanaman apa saja. Baik itu bagian batang, ranting, daun, bunga, maupun buah.

Semuanya tergantung pada hama atau penyakit apa yang menyerang tanaman melon tersebut. Apabila hama maupun penyakit menyerang bagian buah tanaman melon, maka itu bisa menyebabkan buah melon menjadi rusak.

Buah melon yang rusak tentunya tidak bisa dijual di pasaran. Akibatnya, petani melon akan mengalami kerugian yang berlipat akibat buah yang rusak karena serangan hama maupun penyakit.

Advertisement

Namun petani melon tidak perlu khawatir karena hama maupun penyakit dapat dicegah agar tidak menyerang tanaman melon.Tulisan terkait Penyakit Jagung Manis Susah Di obati Paling Mematikan

Petani melon harus melakukan pencegahan ini supaya tanaman melon tidak terserang hama maupun penyakit. Apabila hama maupun penyakit sudah menyerang tanaman melon maka untuk mengendalikannya sangat lah sulit.

Untuk itulah, lakukan pencegahan terlebih dahulu sebelum hama maupun penyakit terlanjur menyerang tanaman melon.

Pengendalian Hama Penyakit Pada Melon

Untuk mencegah hama maupun penyakit menyerang tanaman melon ada beberapa cara yang bisa dilakukan.Wajib di baca Penyakit Penyimpangan Fisiologis Pada Durian

Cara yang pertama adalah dengan cara mekanis dan cara yang kedua adalah dengan cara kultur teknik. Cara ini biasanya banyak dipakai oleh petani melon dalam mengendalikan hama maupun penyakit.

Namun, bagaimana jika hama maupun penyakit terlanjur menyerang tanaman? Jika hama maupun penyakit terlanjur menyerang tanaman, sebaiknya petani tanaman tersebut langsung melakukan pengendalian. Pengendalian ini dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Akan tetapi, jika tanaman sudah lama terserang hama maupun penyakit dan tidak dapat dicegah dengan cara mekanis lagi, maka cara yang terakhir adalah dengan menggunakan cairan pestisida. Pestisida yang dipakai sesuai dengan jenis penyakit atau hama yang menyerang tanaman tersebut.

Dengan menyemprotkan cairan pestisida dianggap lebih efektif. Namun, 14 hari sebelum pemanenan sebaiknya pemakaian pestisida dihentikan. Tujuannya agar buah pada tanaman tersebut tidak terkontaminasi dengan pestisida.

Sekian pembabaran seputar Mengenal Serangan Organisme Penyakit Pada Buah Melon semoga berguna dan bisa di jadikan bahan rujukan anda di rumah.Tulisan terkait lain Perawatan Mangga Supaya Cepat Berbunga Dan Berbuah

Advertisement
Mengenal Serangan Organisme Penyakit Pada Buah Melon | admin | 4.5