Pembibitan Mangga Secara Vegetatif Sambung Batang Pucuk

Pembibitan Mangga Secara Vegetatif Sambung Batang Pucuk – Cara Pembibitan tanaman mangga dengan cara vegetatif merupakan hal yang paling sering dilakukan oleh pembudidaya mangga. Hal tersebut dikarenakan memperbanyak dengan cara vegetatif ini cepat dalam proses pembungaan dan pembuahan sehingga akan memuaskan bagi para pemiliknya.

Pembibitan mangga dengan cara vegetatif ini dapat dibagi menjadi beberapa teknik. Apa-apa saja teknik memperbanyak dengan cara vegetatif itu? Teknik memperbanyak dengan cara vegetatif diantaranya adalah sebagai berikut.

Advertisement

Teknik enten merupakan salah satu jenis teknik memperbanyak tanaman mangga dengan cara vegetatif. Teknik enten ini lebih cenderung kepada penyambungan batang bawah. Batang bawah yang akan dilakukan penyambungan tidak boleh batang yang sembarangan. Hanya batang bawah yang memiliki perakaran kuat serta kokoh sajalah yang dapat dilakukan teknik enten ini.

Pembibitan Mangga Secara Vegetatif Sambung Batang Pucuk

Pembibitan Mangga Secara Vegetatif Sambung Batang Pucuk

Tidak hanya itu, teknik enten ini juga bisa dilakukan pada batang bawah yang berasal dari tanaman induk yang memiliki sifat unggul. Lantas,  bagaimanakah cara melakukan memperbanyak mangga dengan teknik enten? Cara memperbanyak mangga dengan teknik enten adalah sebagai berikut.Penting di baca Manfaat Dan Teknik Stres Air Pada Tanaman Buah

  1. Siapkan terlebih dahulu batang bawah yang telah memenuhi persyaratan yang telah disebutkan diatas.
  2. Pilih pula batang bagian atasnya dari tanaman mangga yang lainnya tetapi juga harus berasal dari indukan unggulan.
  3. Batang yang digunakan pada bagian atas dipotong dari pohonnya.
  4. Apabila batang bagian bawah pada bagian atasnya masih ada cabang sebaiknya dipotong dan tinggalkan hanya beberapa puluh cm saja.
  5. Sambungkan antara batang bagian atas dengan batang bagian bawah.
  6. Untuk lebih melekat lagi, ikat dengan menggunakan tali hingga benar-benar kuat.
  7. Peliharalah bibit enten tersebut hingga menjadi tanaman yang benar-benar unggulan.

Itulah cara memperbanyak tanaman mangga dengan teknik enten.

Teknik sambung pucuk Pada batang mangga

Teknik sambung pucuk merupakan teknik yang paling mudah setelah teknik pencangkokan yang dilakukan dengan menggunakan cara vegetatif. Teknik sambung pucuk ini dikatakan lebih mudah dikarenakan teknik ini menggunakan batang yang masih berusia muda.

Pembibitan Mangga Secara Vegetatif Sambung Batang Pucuk

Jadi, untuk melakukan teknik sambung pucuk ini, kita tidak perlu berlama-lama menunggu agar batang tanaman mangga menjadi tua karena teknik sambung pucuk ini menggunakan batang yang masih muda. Batang muda yang digunakan merupakan batang bagian bawah.Simak juga Supaya Tanaman Salak Anggur Berbuah Lebat Dengan Cara Pemangkasan

Teknik sambung susu Batang mangga

Teknik sambung susu dengan teknik sambung pada umumnya sama saja. Perbedaannya hanya saja jika sambung susu apabila sudah mencapai usia sekitar 45 hari maka susunan tersebut harus dipotong setengah dari batang bawah. Batang bawah tersebutlah yang nantinya digunakan sebagai bibit dari tanaman mangga.

Ketika teknik sambung susu sudah selesai dilakukan, usahakan selalu memelihara sambung susu tersebut. Cara memeliharanya sama seperti memelihara bibit pada umumnya,, yaitu dengan cara menyiram setiap dua kali dalam sehari dan pemeliharaan lainnya. Pemeliharaan pada teknik sambung susu ini dapat diakhiri apabila sambung susu ini sudah berhasil.

Advertisement

Pembibitan Mangga Secara Vegetatif Sambung Batang Pucuk

Persiapan Sebelum budidaya menanam Mangga

Membudidayakan mangga dapat dilakukan dimana saja. Salah satunya adalah di halaman atau pekarangan rumah. Dengan memanfaatkan pekarangan rumah, maka kita dapat membudidayakan semua tanaman termasuk tanaman mangga. Karena itulah banyak orang yang membudidayakan mangga di pekarangan rumah.Wajib Di baca dulu Ingin Tanaman Buah Berbuah Lebat Gunakan Cara Alami Ini

Sebelum membudidayakan mangga, terlebih dahulu kita harus melakukan perencanaan produksi. Perencanaan produksi ini sangat membantu dalam proses pembudidayaan yang sedang berlangsung. Ada juga orang yang memilih untuk tidak melakukan proses perencanaan produksi.

Perencanaan lahan Untuk Mananam Mangga

Perencanaan lahan merupakan hal yang paling utama kita harus lakukan. Perencanaan lahan ini bertujuan agar tanaman lahan yang digunakan untuk membudidayakan mangga bisa tercukupi. Pembudidaya yang tidak melakukan perencanaan lahan, biasanya mendapatkan kendala yang sama.

Kendala yang sama tersebut adalah lahan yang digunakan tidak mencukupi untuk membudidayakan mangga. Padahal seharusnya lahan yang tidak cukup tersebut dapat ditanam mangga lainnya.

Pembibitan Mangga Secara Vegetatif Sambung Batang Pucuk

Itulah gunanya perencanaan lahan. Perencanaan lahan memang sangat membantu dalam membudidayakan mangga. Ketika merencanakan lahan, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan. Beberapa hal yang perlu kita lakukan adalah sebagai berikut.Penting di baca juga Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Buah Dan Hias

  • Lahan pekarangan harus dibersihkan terlebih dahulu dari gulma atau tanaman pengganggu. Contoh tanaman pengganggu seperti bekas akar tanaman, alang-alang, rumput, dan beberpa gulma lainnya.
  • Apabila lahan sudah dibersihkan, selanjutnya buatlah lubang tanam. Lubang tanam yang akan dibuat tidak boleh sembarangan. Ukuran lubang tanamnya adalah 80 cm x 80 cm x 80 cm. Sedangkan jarak tanamnya adalhh 12 m x 12 m.
  • pH tanah yang cocok untuk budidaya mangga adalah 6.
  • Lubang tanam yang telah dibuat, selanjutnya biarkan lubang tanam tersebut terbuka hingga 14 hari.
  • Setelah 14 hari, selanjutnya masukkan pupuk kandang ke dalam lubang tanam sebanyak 25 kg per lubang tanam.
  • Di titik tengah lubang, tancapkan sebatang kayu.
  • Kemudian lubang tersebut ditutup kembali dengan menggunakan campuran antara tanah dan pupuk kandang.
  • Beberapa hari kemudian, angkat kayu dan gali bekas tancapan kayu tersebut dengan kedalaman kruang lebih 25 cm.
  • Bibit yang telah dipersiapkan, kemudian ditanam didalam lubang tanam yang telah dipersiapkan.
  • Berikan pupuk NPK pada tanaman.
  • Setelah memberikan pupuk NPK, selanjutnya tutup dengan menggunakan tanah.
  • Siramlah bibit mangga tersebut setiap harinya.
  • Perawatan bibit mangga ini perlu dilakukan dengan baik hingga bibit mangga tersebut tumbuh sehat serta cepat untuk berbuah.

Awalnya proses pembudidayaan mangga memang berjalan lancar. Namun, lama kelamaan kita akan mendapatkan kendala dalam proses pembudidayaan manga. Baik itu kendala yang berat maupun kendala yang ringan. Untuk itulah, sebaiknya kita harus melakukan perencanaan produksi agar proses pembudidayaan dapat berjalan dengan lancar sampai saat pemanenan berlangsung.

Apalagi jika kita membudidayakan mangga di pekarangan rumah. Diperlukan perencanaan produksi yang baik karena mengingat pekarangan rumah luas wilayahnya tidak luas.sekian Pembibitan Mangga Secara Vegetatif Sambung Batang Pucuk semoga bisa bermanfaat..Tulisan terkait lain Cara Membuat Melon Berbentuk Kontak Dengan Rasa Manis

Advertisement
Pembibitan Mangga Secara Vegetatif Sambung Batang Pucuk | admin | 4.5