Penanganan Pasca Panen Pada Mangga Budidaya

Penanganan Pasca Panen Pada Mangga Budidaya – Tidak hanya pada saat pemanenan mangga saja yang perlu diperhatikan. Tetapi pada saat pasca panen buah mangga juga harus diperhatikan. Pemanenan dengan pasca panen merupakan dua hal yang tak boleh ditinggalkan di dalam tahap membudidayakan tanaman mangga.

Apa tujuan sebenarnya dari penanganan pasca panen itu? Tujuan dari penanganan pasca panen adalah untuk memisahkan antara mangga yang baik dan mangga yang buruk. Ketika melakukan tahap pasca panen, ada langkah-langkah yang perlu dilakukan.

Advertisement

Penanganan Pasca Panen Pada Mangga Budidaya

Penanganan Pasca Panen Pada Mangga Budidaya

Apa-apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan ketika melakukan tahap pasca panen? Langkah-langkah yang perlu dilakukan ketika melakukan tahap pasca panen diantaranya adalah sebagai berikut.Tulisan terkait Lain Ingin Tanaman Buah Berbuah Lebat Gunakan Cara Alami Ini

Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah memisahkan antara buah mangga yang baik dengan buah mangga yang buruk. Buah mangga yang baik ditandai dengan warna kulit yang bersih dan tidak ada tanda-tanda kebusukan di dalam daging buah mangga tersebut.

Sedangkan untuk buah mangga yang buruk ditandai dengan warna kulit yang kusam dan ada tanda-tanda kebusukan di dalam daging buah mangga tersebut.

Tahap yang kedua adalah membersihkan buah dari getah. Kadang kala getah buah mangga menetes ke kulit buah mangga tersebut. Akibatnya, buah mangga menjadi berwarna gelap dan tidak menarik. Buah mangga yang tidak menarik tentu saja akan mengurangi nilai jual dari buah mangga tersebut.

Advertisement

Untuk itulah, buah mangga perlu dibersihkan dari getah dengan cara dicuci dengan menggunakan larutan 120 ppm natrium hipokhlorit. Pencucian ini sebaiknya dilakukan langsung setelah pemanenan selesai dilakukan. Jika tidak secepatnya dilakukan pencucian, kulit buah akan terbakar dan buah akan membusuk.Silahkan di baca dulu Cara Simpel Membuat Tanaman Buah Cepat Berbuah Panjang

  1. Pisahkan buah mangga menurut tingkat, kematangan, ukuran, dan kualitas buah.
  2. Untuk memperpanjang waktu penyimpanan, sebaiknya lakukan pelapisan lilin dengan cara mencelupkan buah mangga di dalam cairan emulsi lilin selama beberapa detik atau lebih dekatnya 40 detik. Setelah dicelupkan, keringkan buah mangga tersebut dengan cara diangin-anginkan.
  3. Apabila mangga dipasarkan di tempat yang jauh, sebaiknya mangga dikemas dengan rapi. Pengemasan mangga ini bertujuan supaya buah mangga tidak rusak ketika diperjalanan. Pilihlah tempat yang sesuai untuk pengemasan buah mangga supaya buah mangga benar-benar terjaga. Apalagi jika tempat yang digunakan untuk perjalanan mendistribusikan buah mangga adalah tempat yang lembap. Wadah yang dipilih untuk pengemasan harus wadah yang tahan dengan kelembapan dan tahan dengan panas.

Kadang-kadang, buah mangga ada yang tidak langsung didistribusikan. Apabila buah mangga tidak langsung didistribusikan, usahakan simpan buah mangga di dalam lemari pendingin supaya daya simpannya lebih lama.

Ketika sudah didistribusikan, sebaiknya wadah atau keranjang yang digunakan untuk tempat pendistribusian di tumpukkan.

Tumpukan yang baik adalah dua tumpukan dan tidak boleh lebih. Tumpukan yang lebih akan mengakibatkan terjadinya benturan pada buah mangga sehingga buah mangga menjadi rusak.sekian Penanganan Pasca Panen Pada Mangga Budidaya semoga saja bisa membantu..Tulisan lain Pembibitan Mangga Secara Vegetatif Sambung Batang Pucuk

Advertisement
Penanganan Pasca Panen Pada Mangga Budidaya | admin | 4.5