Pengendalian Hama Pada Jagung Manis Terbukti Ampuh

Pengendalian Hama Pada Jagung Manis Terbukti Ampuh – Budidaya tanaman jagung manis memanglah mudah. Namun, ada satu hal yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman jagung manis. Jika pembudidaya tidak waspada dengan hal yang satu ini, maka tanaman akan menjadi mati. Lantas, hal apakah yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman jagung manis?

Hal yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman jagung manis adalah hama dan penyakit. Hama dan penyakit merupakan dua hal yang paling ditakuti seluruh petani, tidak terkecuali petani jagung manis. Pasalnya, hama dan penyakit dapat menyebabkan kematian pada tanaman jagung manis.

Advertisement

Pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas mengenai hama yang menyerang tanaman jagung manis saja. Berbicara hama, apakah yang dimaksud dengan hama? Hama merupakan hewan atau binatang pengganggu yang dapat merusak tanaman. Ada begitu banyak jenis hama yang dapat menyerang tanaman jagung manis.

Pengendalian Hama Pada Jagung Manis Terbukti Ampuh

Pengendalian Hama Pada Jagung Manis Terbukti Ampuh

Pemeliharaan tanaman jagung manis memang tidak sulit. Namun, yang membuat sulit jika tanaman jagung manis yang kita pelihara terserang hama. Mengapa hama sangat ditakutkan oleh seluruh petani jagung manis?

Karena hama dapat membuat tanaman menjadi sakit.  Tidak hanya sakit, hama juga dapat membuat tanaman jagung manis yang kita pelihara menjadi mati jika pennyerangannya sudah sangat parah dan sangat berisiko gagal panen.

Apa-apa saja hama yang dapat menyerang tanaman jagung manis? Hama yang dapat menyerang tanaman jagung manis adalah sebagai berikut.

  • Hama ulat tanah Pada Jagung

Hama ulat tanah merupakan salah satu jenis hama yang sering menyerang tanaman jagung manis. Ulat tanah ini biasanya bersembunyi di dalam tanah sehingga keberadaannya susah untuk dideteksi. Biasanya hama ulat tanah menyerang tanaman jagung manis bagian daun.

Gejala yang ditimbulkan dari serangan hama ulat tanah pada tanaman jagung manis adalah adanya bercak-bercak pada daun. Hama ulat tanah biasanya meletakkan telur-telurnya di atas daun. Setelah menetas, nantinya telur-telur ini akan menyerang bagian tanaman jagung manis lainnya seperti batang.

Batang yang terserang hama ulat tanah akan roboh jika tidak segera ditangani. Cara menangani hama ulat tanah adalah dengan cara menyemprotkan cairan insektisida berbahan aktif sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.

Pengendalian Hama Pada Jagung Manis Terbukti Ampuh

Sedangkan untuk mencegah hama ulat tanah menyerang tanaman dilakukan dengan cara menjaga lingkungan sekitar penanaman dengan cara memperbaiki drainase lahan dan penanaman serentak pada areal yang luas.

  • Hama lundi Jagung Manis

Hama lundi merupakan larva yang berasal dari kumbang. Hama lundi banyak ditemukan pada saat awal musim penghujan. Pada saat itulah penyerangan hama lundi mulai dilakukan dan dapat menyebabkan tanaman menjadi layu. Penyerangan yang paling parah bisa menyebabkan tanaman menjadi mati.

Untuk mencegah tanaman dapat mati karena hama lundi dapat dilakukan dengan cara pengendalian. Pengendalian hama lundi dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan insektisida sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan. Hama lundi juga dapat dikendalikan dengan cara penggunaan musuh alami.

Advertisement

Sebagai contoh, musuh alami dari hama lundi adalah ulat atau binatang lainnya diletakkan ditempat yang sering terserang hama lundi. Dengan begitu, hama lundi tidak berani untuk datang ke tempat tersebut lagi.

Namun, penanganan ini hanya dapat dilakukan untuk penyerangan dalam skala kecil dan bukan untuk penyerangan dalam skala besar. Penyerangan dalam skala besar bisa dilakukan dengan menggunakan cairan insektisida.demikian

Pengendalian Hama Pada Jagung Manis Terbukti Ampuh

Hama ulat grayak Pada Jagung

Hama ulat grayak merupakan hama yang sering menyerang tanaman jagung manis. Hama ulat grayak biasanya menyerang bagian daun tanaman. Ciri-ciri dari hama ulat grayak ini adalah memiiki bentuk tubuh yang lonjong.

Panjang tubuhnya kira-kira 20 cm atau juga bisa lebih. Untuk warna kulitnya adalah berwarna hijau muda dan bercampur dengan hitam. Ulat grayak sangat berpengaruh terhadap kerusakan tanaman jagung manis.

Penyerangannya terhadap tanaman bukanlah dalam jumlah yang sedikit tetapi alam jumlah yang banyak sehingga sekali dilakukan penyerangan maka akan mengakibatkan kerusakan yang berat.

Tidak hanya menyerang tanaman jagung manis saja, tetapi hama ulat grayak sering kali ditemukan menyerang tanaman lainnya seperti bawang merah, kangkung, jeruk, pisang,  dan beberapa jenis tanaman lainnya.

Untuk mengatasi hama ulat grayak caranya adalah dengan menyemprotkan cairan insektisida sesuai dengan dosis yang telah ditentukan. Selain itu, ada cara lain juga untuk mengatasi hama ualt grayak, yaitu dengan cara menggunakan perangkap.

Sedangkan untuk pencegahannya dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar penanaman jagung manis agar tetap bersih sehingga tidak ada lagi ulat grayak yang banyak tersebar dilingkungan penanaman.Penting di baca juga  Cara Pembibitan Varietas Jagung Manis Hibrida Panduan Pemula

Hama lalat bibit Jagung Manis

Hama lalat bibit paling sering ditemukan pada saat musim penghujan. Mengapa banyak ditemukan pada musim penghujan? Karena hama lalat bibit ini paling suka tinggal di tempat yang berkelembapan tinggi.

Pengendalian Hama Pada Jagung Manis Terbukti Ampuh

Pada saat musim hujan, otomatis kelembapan disekitar tempat penanaman sangat tinggi dan mengakibatkan hama lalat bibit tinggal di tempat tersebut dan menyerang tanaman jagung manis.

Hama lalat bibit ini akan bertelur pada daun tanaman. Setelah dua hari, telur tersebut menetas dan menjadi pupa.

Kebanyakan hama lalat bibit ditemukan di daerah sumatera dan di daerah Jawa. Persentase kerusakan yang akan dialami oleh tanaman jagung manis adalah hampir 90% dan itu sangat berpotensi mengakibatkan kematian pada tanaman jagung manis.

Sebelum bertambah parah, sebaiknya kenali terlebih dahulu gejala dari serangan lalat bibit agar segera diatasi. Gejala yang ditimbulkan dari serangan hama lalat bibit addalah warna daun yang awalnya hijau berubah menjai kuning.

Untuk mengatasi penyakit lalat bibit dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan insektisida sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.sekian Pengendalian Hama Pada Jagung Manis Terbukti Ampuh semoga bisa membantu dan berguna..Tulisan terkait Lain Manfaat Khasiat Tanaman Salam Dan Sambung Nyawa

Advertisement
Pengendalian Hama Pada Jagung Manis Terbukti Ampuh | admin | 4.5