Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Anggrek

Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Anggrek – Hama penyakit anggrek merupakan dua hal yang sering menyerang tanaman. Tak terkecuali tanaman anggrek. Hama dan penyakit muncul biasanya menyerang tanaman anggrek karena ada penyebabnya. Penyebab umum dari serangan hama dan penyakit adalah karena lingkungan sekitar tanaman anggrek tidak dijaga.

Hama dan penyakit merupakan hal paling ditakutkan oleh penghobis tanaman hias termasuk anggrek. Mengapa begitu? Hal tersebut dikarenakan hama dan penyakit dapat membuat tanaman anggrek menjadi sakit. Apabila tanaman anggrek menjadi sakit, maka bentuk anggrek tidak indah lagi.

Advertisement

Bahkan, serangan hama dan penyakit dapat menyebabkan kematian pada tanaman anggrek. Dari sekian banyak jenis hama dan penyakit, ada beberapa jenis saja yang sering menyerang tanaman anggrek. Berikut ini akan dibahas mengenai jenis-jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman anggrek.

Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Anggrek

Sebelum hama dan penyakit menyerang tanaman anggrek, sebaiknya cegah terlebih dahulu. Cara pencegahan datangnya hama dan penyakit adalah sebagai berikut.Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Anggrek

  • Menjaga kebersihan lingkungan sekitar penanaman anggrek. Jangan sampai ada gulma dan genangan air yang menjadi penyebab dari datangnya serangan hama dan penyakit.
  • Melakukan penyiraman bila dilakukan. Maksudnya disini adalah apabila tanaman anggrek membutuhkan penyiraman, maka lakukan penyiraman secukupnya hingga air keluar dari dasar pot.
  • Apabila ingin melakukan pemotongan setek, sebaiknya alat-alat yang akan digunakan seperti pisau atau gunting disterilkan terlebih dahulu. Cara menyeterilkan alat-alat yang akan digunakan untuk memotong setek adalah dengan mencelupkan pisau atau gunting ke dalamm larutan alkohol sebanyak 75% setiap kali ingin digunakan.
  • Tanaman yang baru sebaiknya dikarantina terlebih dahulu. Karantina tanaman baru dapat dilakukan selama 60-90 hari atau sampai benar-benar sehat.
  • Sebelum digunakan, sebaiknya media tumbuh disterilkan terlebih dahulu. Cara menyeterilkan media tumbuh adalah dengan merendam media tumbuh di dalam larutan pestisida.
  • Apabila terdapat salah satu tanaman anggrek yang terserang pennyakit, maka segera lakukan isolasi terhadap tanaman anggrek yang dianggap terserang panyakit.
  • Pot yang ingin digunakan untuk tempat penanaman sebaiknya disterilkan terlebih dahulu dengan cara merendamkan pot ke dalam cairan kloroks sebanyak 15%.
  • Pencegahan hama dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan insektisida sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan setiap seminggu sekali.
  • Pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan fungisida dan bakterisida sesuai dengan dosis yang telah ditentukan setiap seminggu sekali.
  • Tanaman anggrek yang diketahui telah terserang penyakit yang parah sebaiknya dibuang lalu dibakar. Atau bisa juga membuang bagian tanaman yang sakit.

Itulah cara mengendalikan serangan hama dan penyakit yang menyerang tanaman anggrek.

Kadang kala walaupun sudah dicegah, hama dan penyakit tetap saja menyerang tanaman anggrek. Jika sudah terlanjur menyerang tanaman anggrek, sebaiknya langsung melakukan pengendalian. Pengendalian serangan hama dan penyakit dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu dengan cara sanitasi, kimiawi, dan mekanik.

Teknik Pengendalian Penyakit AnggrekPengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Anggrek

Sanitasi yaitu pengendalian hama dan penyakit dengan cara membersihkan tempat yang menjadi sarang keong atau hama lainnya. Biasanya yang menjadi sarang keong adalah sampah dan gulma. Biasanya di situlah keong akan berkembang biak kemudian menyerang tanaman anggrek.Baca juga Media Tanam Tomat Dan Pot Terbaik Untuk Budidaya Tomat

Pengendalian secara kimiawi yaitu mengendalikan hama penyakit dengan menggunakan larutan pestisida. Pestisida terbagi lagi atas beberapa jenis, contohnya seperti insektisida dan fungisida serta jenis pestisida lainnya.

Pengendalian secara mekanik yaitu mengendalikan hama penyakit dengan cara menggunakan tangan secara langsung. Pengendalian secara mekanik ini biasanya dilakukan untuk hama maupun penyakit yang serangannya terbatas jumlahnya.

Jenis Hama Pada Anggrek.

Hama memiliki banyak jenisnya. Apa-apa saja jenis hama yang sering menyerang tanaman anggrek? Jenis hama yang sering menyerang tanaman anggrek diantaranya adalah seperti di bawah ini.

  • Trips

Trips merupakan salah satu dari sekian banyak jenis hama yang menyerang tanaman anggrek. Gejala yang ditimbulkan dari serangan trips adalah pertumbuhan tanaman anggrek akan terhambat, warna daun yang tadinya hijau berubah warna menjadi perak, dan kuntum bunga lama kelamaan mulai rontok. Cara mengendalikan hama trips ini adalah dengan menyemprotkan cairan insektisida sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.

  • Aphid

Aphid merupakan hama yang berbentuk kutu berwarna hijau. Tak jarang hama aphid ini disebut juga sebagai hama kutu hijau karena warna hijau yang ada pada kulitnya. Aphid biasanya menyerang pada bagian daun tanaman. Akibat dari serangan aphid adalah pertumbuhan tanaman anggrek akan terhambat karena proses fotosintesisnnya terganggu oleh adanya kutu hijau ini.Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Anggrek

Untuk cara pengendaliannya dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan insektisida sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.

Advertisement
  • Semut

Semut memang akrab dengan kehidupan tumbuhan. Semut merupakan salah satu hama yang dapat merusak sistem jaringan pada tanaman anggrek. Persembunyian semut dapat ddilihat pada pangkal batang. Semut juga sering bersembunyi di bawah pot tempat penanaman anggrek.

Cara mengendalikan hama semut ini adalah dengan menyemprotkan cairan insektisida sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.

  • Kumbang gajah

Kumbang gajah ini akan menyerang bagian epidermis tanaman anggrek. Kumbang gajah juga akan menyerang bagian titik tumbuh tanaman anggrek jika penyerangannya sudah dikatakan parah. Yang akan terjadi jika penyerangan sudah mencapai titik tumbuh adalah pucuk akan mati sehingga pertumbuhan tanaman akan terhenti.Baca juga Cara Menanam Tomat Pot Lahan Terbuka Rumahan

Untuk itulah, sebelum penyerangan kumbang gajah ini semakin parah, lakukan pengendalian sesegera mungkin. Cara mengendalikan hama kumbang gajah adalah dengan menyemprotkan cairan insektisida yang khusus untuk membasmi hama kumbang gajah sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.

  • Tungau

Gejala yang ditimbulkan dari serangan hama tungau adalah warna daun yang mulanya hijau berubah warna menjadi kuning keperakan. Pemberantasan tungau ini harus segera dilakukan pada saat penyerangan awal dengan cara menyemprotkan cairan insektisida sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.

  • Siput

Siput juga menjadi hama bagi tanaman anggrek. Siput biasanya tinggal pada media tumbuh. Siput menyerang pada bagian akar tanaman. Cara menanggulangi hama siput ini adalah dengan menyemprotkan cairan molusida sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Anggrek

Jenis penyakit Anggrek

Penyakit merupakan hal yang menyebabkan tanaman anggrek menjadi sakit. Penyakit yang sering menyerang tanaman anggrek dapat mengakibatkan tanaman anggrek menjadi mati. Ada begitu banyak jenis penyakit yang menyerang tanaman anggrek.

Apa-apa saja jenis penyakit yang menyerang tanaman anggrek? Jenis penyakit yang sering menyerang tanaman anggrek diantaranya adalah seperti di bawah ini.

  • Busuk akar

Busuk akar merupakan salah satu jenis penyakit yang sering menyerang tanaman anggrek. Penyakit busuk akar ini ada disebabkan oleh jamur yang bernama Rhizoctonia solani. Jamur tersebutlah yang menjadi penyebab dari serangan busuk akar ini. Seperti namanya, penyakit busuk akar ini menyerang bagian akar tanaman anggrek.Tulisan terkait Memilih Tanaman Anggrek Sehat Dan Cepat Berbunga

Akibat dari serangan busuk akar ini adalah akar tanaman anggrek menjadi membusuk dan lama kelamaan jaringan pada akar tanaman menjadi mati. Apabila akar tanaman suah terserang, maka pertumbuhan tanaman anggrek menjadi terhambat. Ada beberapa jenis anggrek yang sering terserang penyakit busuk akar ini.

Contohnya adalah seperti anggrek Dendrobium, anggrek Phalaenopsis, anggrek Cattleya, anggrek Paphiopedilum, dan anggrek Vanda. Untuk pengendalian penyakit busuk akar ini dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan fungisida sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Anggrek

  • Bercak bunga

Penyebab dari penyakit bercak bunga adalah jamur Botryris cinerea. Penyakit bercak bunga ini menyerang bagian bunga tanaman anggrek. Gejala yang ditimbulkan dari serangan penyakit bercak bunga adalah pada bagian bunga akan muncul bercak-bercak berwarna cokelat dengan tepian bunga berwarna merah muda.

Penyakit bercak bunga yang telah parah akan menyebabkan bunga menjadi layu dan lama kelamaan akan membusuk. Jamur penyebab penyakit bercak bunga ini dapat menular pada tanaman anggrek lainnya melalui angin. Untuk itulah, tanaman anggrek yang tersernag penyakit bercak bunga sebaiknya di isolasikan terlebih dahulu.

Untuk pengendalian dari penyakit bercak bunga dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan cainra fungisida sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan. Setelah tanaman anggrek bebas dari peyakit, barulah bisa diletakkan lagi bersama dengan anggrek lainnya.

  • Penyakit antraknosa

Penyebab dari penyakit antraknosa ini adalah jamur Colleototrichum gloeosporium. Gejala yang ditimbulkan dari serangan penyakit ini adalah munculnya bercak berwarna cokealat pada bagian daun atau pada bagian tanaman lainnya. Penyakti antraknosa ini dapat menular pada tanaman anggrek lainnya melalui serangga atau air.

Sebaiknya anggrek yang terkena serangan penyakit antraknosa ini di isolasi di ruang khusus tanaman anggrek yang sakit. Setelah tidak ada penyakit lagi barulah bisa digabungkan pada tanaman anggrek lainnya. Untuk pengendaliannya dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan cainran fungisida sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Anggrek

  • Busuk lunak

Busuk lunak merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri penyebab penyakit ini akan menyerang seluruh bagian tanaman anggrek. Contohnya seperti batang, akar, pseudobulb, dan daun. Bakteri penyebab penyakit ini juga akan menyerang bagian jaringan yang lunak.

Cara mengendalikan penyakit busuk lunak adalah dengan menyemprotkan cairan insektisida sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.inilah beberapa jenis hama dan penyakit pada tanaman hias anggrek serta tata cara pengendalian paling benar.semoga berguna dan membantu..Baca juga Cara Paling Mudah Membungakan Tanaman Anggrek

Advertisement
Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Anggrek | admin | 4.5