Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Buah Dan Hias

Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Buah Dan Hias – Hama dan penyakit pada tanaman buah dan hias merupakan hal yang paling ditakutkan oleh pembudidaya tanaman. Bagaimana tidak, hama penyakit dapat membuat tanaman menjadi sakit dan lama kelamaan menjadi sakit. Sebenarnya, hama datang bukan karena tidak ada penyebab. Pasti ada penyebab mengapa hama menyerang suatu tanaman.

Hama penyakit merupakan hal yang akan mengganggu tanaman saat tanaman masih menjadi bibit maupun tanaman sudah dewasa. Hama tidak mengenal usia tanaman, semua tanaman akan di serangnya. Ada begitu banyak jenis hama yang sering menyerang tanaman. Namun, kali ini kita akan membahas mengenai beberapa jenis hama saja.

Advertisement

Salah satu penyebab umum hama penyakit menyerang suatu tanaman adalah karena gulma yang tidak pernah dibersihkan. Gulma adalah tanaman penganggu yang dapat menjadi inang bagi hama. Gulma yang tidak dibersihkan lama kelamaan akan dipenuhi oleh hama dan hama tersebut akan menyerang tanaman.

Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Buah Dan Hias

Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Buah Dan Hias

Ada beberapa jenis hama yang sering menyerang tanaman. Dan beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Hama ulat dan belalang Pada tanaman

Hama ulat dan belalang merupakan dua hama yang sering menyerang bagian daun tanaman. Mengapa pada bagian daun? Hal tersebut dikarenakan hama ulat dan belalang memakan daun tanaman secara langsung. Jika daun sudah dimakan oleh ulat dan belalang, maka proses fotosintesis akan terganggu.Tulisan terkait lain Dampak Kekurangan Dan Kelebihan Pupuk Pada Tanaman

Penyerangan ulat dan belalang yang satu atau dua ekor memang tidak ada masalahnya. Namun, ulat dan belalang umumnya menyerang tanaman dengan membawa ulat dan belalang lainnya. Bahkan, jumlahnya ada yang mencapai ribuan ekor. Jika sudah begitu, bukan satu tanaman lagi yang diserang tetapi puluhan tanaman akan diserang.

Hama ulat dan belalang dapat mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi terganggu. Tidak hanya itu saja, hama ulat dan belalang juga akan menyebabkan pembuahan menjadi terganggu.

Hama lalat buah Pad tanaman

Sesuai dengan namanya, hama lalat buah ada setelah musim buah telah tiba. Hama lalat buah dapat ditemukan di dalam buah. Di dalam buah tersebut, nantinya hama lalat buah ini akan berkembang biak dan akhirnya menyebabkan buah menjadi busuk. Akibatnya, hasil panen akan berkurang karena banyak buah yang membusuk.

Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Buah Dan Hias

Hama penggerek batang

Bentuk dari hama penggerek batang adalah seperti kumbang. Biasanya, hama penggerek batang ini akan berkembang biak pada daun tanaman. Telur dari hama penggerek batang berwarna putih dan akan berkumpul di satu daun. Telur ini jika sudah membesar akan memakan kulit batang.

Tidak hanya itu saja, telur ini juga akan melubangkan batang. Di dalam batang, nantinya hama ini akan melubangi lagi batang-batang hinggga batang tampak rapuh.

Hama Kutu daun

Kutu yang menyerang tanaman ada begitu banyak jenisnya. Dan salah satu jenisnya adalah hama kutu daun. Hama kutu daun dapat menyebabkan semut berdatangan. Mengapa begitu? Karena hama kutu daun mengeluarkan cairan manis yang menyebabkan semut berdatangan dan ikut menyerang tanaman juga terutama pada bagian daun tanaman.Baca juga Manfaat Dan Teknik Stres Air Pada Tanaman Buah

Advertisement

Jika sudah begitu, proses fotosintesis akan terganggu dan jika terganggu, maka tanaman lama kelamaan akan layu karena tidak mendapatkan hasil fotosintesis akibat daun yang diserang kutu dan dan semut. Untuk itulah, jangan sampai kutu daun menyerang tanaman.

Hama tungau

Tungau tidak hanya dapat ditemukan di tempat-tempat yang jorok saja, tetapi tungau dapat ditemukan di tanaman. Tanaman yang terserang hama biasanya lingkungan sekitarnya tidak bersih. Pemilik tanaman tidak pernah membersihkan lingkungan sekitar penanaman.

Biasanya, hama tungau akan menyerang bagian kulit buah dan permukaan daun bagian bawah. Tungau terbagi lagi atas beberapa jenis. Ada jenis hama tungau yang menyerang bagian kulit buah dan ada pula jenis hama tungau yng menyerang bagian permukaan daun bagian bawah saja.

Hama nematoda

Hama nematoda termasuk hama yang sangat kecil sehingga untuk melihatnya saja diperlukan alat bantu seperti mikroskop supaya lebih jelas lagi. Karena ukurannya yang kecil, hama nematoda dapat dikategorikan menjadi hama penyebab patogen pada penyakit.

Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Buah Dan Hias

Karena dapat menyebabkan patogen pada penyakit membuat hama nematoda merupakan salah satu hama yang berbahaya.Simak juga Supaya Tanaman Salak Anggur Berbuah Lebat Dengan Cara Pemangkasan

Nematoda adalah hama yang berukuran kecil serta dapat merusak tanaman melalui media akar. Perakaran yang selalu lembap akan membuat nematoda semakin mudah untuk masuk ke dalam akar kemudian menyebar keseluruh bagian tanaman.

Hama thrips

Hama thrips merupakan hama berbentuk seperti serangga. Thrips biasanya menyerang bagian daun tanaman dan menghisap cairan di dalam tanaman tersebut. Akibatnya, cairan yang tadinya akan disebarkan keseluruh jaringan tanaman tetapi dihisap oleh hama thrips ini.

Thrips kebanyakan menyerang tanaman buah dan juga dapat membawa virus kuning yang dapat mematikan suatu tanaman yang terserang virus kuning ini.

Hama mamalia

Hama mamalia ini contohnya seperti musang, tikus, tupai, dan kelelawar. Jika hama mamalia ini sudah menyerang suatu tanaman, tanaman yang diserang akan mengalami kerusakan yang hebat. Apalagi yang menyerang adalah kelelawar.

Jika hama sudah terlanjur menyerang tanaman, usahakan lakukan pengendalian dengan cara kimia atau dengan cara alami. Pengendalian tanaman dengan cara kimiawi dapat dilakukan dengan menggunakan cairan seperti pestisida dan lain sebagainya. Penggunaan bahan kimia ini harus sesuai dengan dosis agar tidak berakibat fatal bagi tanaman nantinya.

Sedangkan pengendalian dengan cara alami dapat dilakukan dengan cara menggunakan musuh alami hewan pengganggu atau hama tersebut. Menggunakan cara alami ini terbukti ampuh untuk mengusir hama yang menyerang tanaman. Pengendalian secara alami juga dapat digunakan untuk pencegahan dini supaya tanaman tidak terserang hama lagi.

Untuk itulah, sebelum menyerang tanaman, sebaiknya hama dicegah terlebih dahulu dengan cara menjaga lingkungan sekitar penanaman.demikian Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Buah Dan Hias semoga bisa bermanfaat..Baca juga Ingin Tanaman Buah Berbuah Lebat Gunakan Cara Alami Ini

Advertisement
Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Buah Dan Hias | admin | 4.5