Penyakit Jagung Manis Susah Di obati Paling Mematikan

Penyakit Jagung Manis Susah Di obati Paling Mematikan – Tanaman jagung manis merupakan tanaman yang kebutuhannya dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal ini banyak diambil oleh beberapa orang sebagai peluang untuk membudidayakan tanaman jagung manis. Apabila jagung manis yang dihasilkan berkualitas, maka harga jualnya sangatlah tinggi.

Itu berarti, kita akan meraup keuntungan yang besar. Begitu pul sebaliknya, apabila jagung manis yang dihasilkan tidak berkualitas, maka harga jualnya sangat rendah. Dan itu berarti, kita akan mengalami kerugian yang mungkin akan membuat usaha yang kita jalani tidak lagi berjalan.

Advertisement

Penyakit Jagung Manis Susah Di obati Paling Mematikan

Berkualitas atau tidaknya jagung manis yang dihasilkan berdasarkan bagaimana kita merawat tanaman tersebut. Jika kita merawatnya dengan baik, maka hasilnya pun akan baik. Begitu pula sebaliknya, apabila kita merawat tanaman tersebut dengan buruk, maka hasilnya pun akan buruk.Simak juga Hormon Perangsang Pohon Mangga Cepat Berbuah Lebat

Penyakit Jagung Manis Susah Di obati Paling Mematikan

Namun demikian, walaupun kita sudah melakukan berbagai macam hal untuk mendapatkan tanaman jagung manis berkualitas, namun ada saja kendala untuk mendapatkan hal itu. Salah satu kendalanya adalah penyakit yang sering menyerang tanaman jagung manis. Penyakit tersebut akan menyerang bagian tanaman mana saja dan akan menyerang kapan saja.

Baik itu pada saat masih menjadi bibit maupun sudah ingin berbuah. Berbicara mengenai penyakit yang sering menyerang tanaman jagung manis, ada beberapa jenis penyakit yang dikelompokkan secara tersendiri.

Salah satu contohnya adalah penyakit fisiologis. Selain penyakit yang disebabkan oleh hewan pengganggu, penyakit ternyata juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor.Baca juga Kelebihan Menanam Jagung Manis Unggul Di Pekarangan Rumah

Advertisement

Faktor Dan penyebab Penyakit jagung Manis

Beberapa faktor tersebut seperti kelebihan air, kekurangan air, kelebihan pupuk, kekurangan pupuk, serta terkena pestisida pada  saat belum waktunya. Faktor-faktor tersebut biasanya muncul dikarenakan perawatan yang dilakukan oleh petani jagung tersebut tidak benar.

Seharusnya, perawatan lah yang harus diutamakan terlebih dahulu baru lah hal lainnya. Hal ini dilakukan untuk tujuan supaya tanaman jagung manis tidak mudah terserang penyakit fisiologis.

Ada beberapa jenis penyakit fisiologis. Lantas, apa-apa saja jenis dari penyakit fisologis? Penyakit yang berasal dari fisiologis diantarnaya adalah sebagai berikut.Simak juga Cara Pembibitan Varietas Jagung Manis Hibrida Panduan Pemula

Penyakit Jagug Manis akibat kekeringan dan kelebihan air

Walaupun tanaman jagung manis tidak memerlukan air yang banyak, tetapi usahakan penyiraman dilakukan secara benar untuk menghasilkan jagung manis yang baik. Lakukan penyiraman sewajarnya. Jangan sampai ada yang kering dan jangan sampai ada yang kelebihan air.

Apabila kekurangan air, tanaman akan menunjukkan gejala. Gejala yang timbul dari tanaman adalah daun-daun semuanya tergulung dan hanya tinggal sebesar pena saja. Sedangkan apabila tanaman kelebihan air, tanaman juga akan menunjukkan gejala. Gejala yang akan ditimbulkan adalah tanaman menjadi layu dan hama dan penyakit jenis lainnya dengan mudah menyerang tanaman jagung tersebut.

Penyebab Mengecilnya Tongkol jagung

Tongkol jagung yang baik adalah tongkol jagung dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Namun, untuk tongkol ukuran yang terlalu kecil itu berarti tanaman tersebut  kekurangan nitrogen. Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan cara menambahkan pupuk yang mengandung nutrisi yang banyak sehingga pertumbuhan tanaman jagung manis tidak ada hambatan lagi.

Inilah Penyakit Jagung Manis Susah Di obati Paling Mematikan semoga bisa berguna dan membantu.Tulisan terkait Lain Pengendalian Hama Pada Jagung Manis Terbukti Ampuh

Advertisement
Penyakit Jagung Manis Susah Di obati Paling Mematikan | admin | 4.5