Penyakit Pada Melon Dan Cara Mengatasinya Secara Cepat

Penyakit Pada Melon Dan Cara Mengatasinya Secara Cepat – Selain hama, tanaman melon juga tak luput dari serangan penyakit. Ada begitu banyak jenis penyakit yang dapat menyerang tanaman melon.

Tidak hanya pada manusia, penyakit juga sering datang pada tanaman, salah satunya adalah tanaman melon. Penyakit yang menyerang tanaman melon diakibatkan oleh lingkungan yang ada disekitar perkebunan tanaman melon tidak terjaga. Contohnya saja seperti gulma yang tidak pernah dibersihkan dan genangan air.

Advertisement

Kedua hal tersebut bisa saja menyebabkan datangnya bakteri, virus, ada hal lainnya yang mengakibatkan serangan penyakit. Penyakit yang menyerang tanaman melon disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur.Baca dulu Ciri Kelebihan Pepaya California Sebagai Buah Budidaya

Penyakit Pada Melon Dan Cara Mengatasinya Secara Cepat

Lantas, penyakit apa saja yang sering menyerang tanaman melon? Penyakit yang sering menyerang tanaman melon diantaranya adalah sebagai berikut.

Penyakit Pada Melon Dan Cara Mengatasinya Secara Cepat

Penyakit Melon antraknosa

Penyakti antraknosa merupakan salah satu jenis penyakit yang sering menyerang tanaman melon. Penyakit antrakanosa disebabkan oleh virus yang bernama Collectorichum lagenarium. Gejala yang akan ditimbulkan dari tanaman melon yang terserang penyakit antraknosa adalah munculnya bercak berwarna cokelat.Penting di baca Membuat Serbuk Instan Daun Pepaya Untuk Melancarkan Asi

Kadang-kadang bercak tersebut berwarna hitam. Pada awalnya penyakit antraknosa menyerang bagian buah melon saja. Namun, jika dibiarkan, lama kelamaan penyakit antraknosa ini menyerang bagian tanaman melon yang lainnya seperti bagian daun, bunga, hngga batang muda pun ikut terserang penyakit antraknosa ini.

Untuk mengendalikan penyakit antraknosa dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan pestisida sesuai dengan dosis yang telah ditentukan. Penyakit antraknosa ini termasuk jenis penyakit yang menular. Untuk itu, untuk mencegah penyerangan penyakit antraknosa pada tanaman melon lainnya, dapat dilakukan dengan cara mengatur jarak tanam.

Jarak tanam yang harus diterapkan ketika menanam tanaman melon adalah 70 cm x 700 cm. Tidak hanya itu saja, untuk mencegah datangnya serangan penyakit antraknosa dapat dilakukan dengan cara merendam benih yang akan digunakan untuk menanam melon pada cairan fungsida sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.Silahkan Di simak juga Pengendalian Hama Penyakit Pada Tanaman Buah Dan Hias

Penyakit Melon bercak daun bersudut

Penyebab dari penyakit bercak daun bersudut adalah bakteri yang menyebar dari air. Itu berarti adanya penyakit bercak daun bersudut disebabkan oleh genangan air yang ada disekitar tempat penanaman tanaman melon. Penyakit bercak daun bersudut merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat menular.

Penyakit Pada Melon Dan Cara Mengatasinya Secara Cepat

Cara penularannya adalah dengan menggunakan air. Gejala yang akan ditimbulkan dari serangan penyakit bercak daun bersudut adalah timbulnya bercak pada bagian daun tanaman. Pada awalnya, bercak yang timbul pada daun ini berwarna putih. Namun, lama kelamaan bercak daun tersebut berubah warna menjadi berwarna cokelat.

Berubahnya warna pada bercak daun juga dibarengi dengan mengeringnya daun dan berlubangnya daun. Untuk mencegah penyakit bercak daun bersudut dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan cara kimiawi.

Advertisement

Cara kimiawi ini maksudnya adalah mengendalikan penyakit bercak daun bersudut dengan menggunakan bakterisida sesuai dengan dosis yang telah ditentukan. Tidak hanya cairan bakterisida saja, untuk mendapatkan hasil yang sempurna, penggunaan cairan bakterisida juga dapat diselingi dengan penggunaan fungsida sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.Wajib anda Baca Juga Cara Sederhana Membuat Tanaman Cepat Berbuah Lebat

Untuk mencegah penyerangan penyakit bercak daun bersudut dapat dilakukan dengan tidak menyiram tanaman melon dengan menggunakan air irigasi. Air irigasi ini bisa mengakibatkan munculnya penyerangan bercak daun bersudut. Untuk itulah, hindari penggunaan air irigasi ketika menyiram tanaman melon.

Penyakit Melon busuk buah

Penyakit busuk buah merupakan salah satu jenis penyakit yang sering menyerang tanaman melon. Penyakit busuk buah ini disebabkan oleh virus Phytophtora nicotianae. Virus tersebutlah yang menyebabkan penyakit busuk buah menyerang tanaman melon. Penyakit busuk buah menyerang bagian batang, daun, serta buah tanaman melon.

Gejala yang akan ditimbulkan apabila penyakit busuk buah menyerang bagian batang tanaman melon adalah akan timbul bercak berwarna cokelat pada batang tanaman. Bercak berwarna cokelat tersebut sedikit agak basah dan bercak tersebut terlihat memanjang pada bagian batang tersebut.

Penyakit Pada Melon Dan Cara Mengatasinya Secara Cepat

Untuk penyerangan yang terjadi pada daun, gejala yang akan ditimbulkan adalah bagian daun akan melepuh seperti terkena siraman air panas. Awalnya bagian yang melepuh pada daun hanya sedikit, namun lama kelamaan bagian yang melepuh pada daun akan menyebar hampir keseluruh bagian daun tersebut.Penting di baca dulu Mempercepat Tanaman Berbuah Dengan Pupuk Pas

Sedangkan penyerangan yang terjadi pada buah gejala yang akan ditimbulkan adalah munculnya bercak berwarna cokelat kehitaman pada buah yang terserang. Buah melon juga akan berubah menjadi lunak. Dengan begitu, buah yang terserang penyakit busuk buah tidak dapat dijual ke pasaran karena sudah tidak bagus lagi.

Untuk mengendalikan penyakit busuk buah dapat dilakukan dengan cara mencabut tanaman yang terserang penyakit busuk buah lalu membakar bagian tanaman tersebut.

Penyakit Melon Embun bulu

Penyakit embun bulu ini menyerang bagian daun tanaman melon. Gejala yang akan ditimbulkan dari serangan penyakit embun bulu adalah munculnya bercak berwarna kuning pada daun tanaman melon. Apabila dibiarkan, warna dari bercak tersebut akan berubah menjadi cokelat kehitaman.

Penyakit Pada Melon Dan Cara Mengatasinya Secara Cepat

Jika dilihat dibelakang daun tanaman melon yang terserang tersebut akan terlihat bulu-bulu halus yang berwarna putih. Untuk mengendalikan penyakit embun bulu dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan fungisida sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.

Cara lainnya juga bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan memotong daun yang terserang penyakit embun bulu lalu membakar daun yang telah dipotong tersebut.

Sedangkan untuk mencegah penyakit embun bulu dapat dilakukan dengan cara memilih jenis tanaman melon yang tahan terhadap serangan embun bulu. Dengan begitu, tanaman melon yang akan kita pelihara tidak mudah terserang penyakit embun bulu.Mungkin hanya ini saja yang bisa saya tuliskan tentang Penyakit Pada Melon Dan Cara Mengatasinya Secara Cepat semoga bisa membantu dan bermanfaat..Tulisan terkait Lain Cara Membuat Melon Berbentuk Kontak Dengan Rasa Manis

Advertisement
Penyakit Pada Melon Dan Cara Mengatasinya Secara Cepat | admin | 4.5