Penyakit Penyimpangan Fisiologis Pada Durian

Penyakit Penyimpangan Fisiologis Pada Durian – Gangguan saat membudidayakan tanaman durian memang selalu datang pada saat sedang budidaya yang kita jalankan sedang berjalan dengan lancar.

Bentuk gangguan tersebut seperti gangguan dari hama atau bisa juga gangguan dari penyakit. Tidak hanya dua hal itu saja, tetapi gangguan lainnya juga ada. Salah satunya adalah gangguan penyimpangan fisiologis.

Advertisement

Apa itu penyimpangan fisiologis? Penyimpangan fisiologis merupakan respon tanaman terhaap kondisi lingkungan yang tidak stabil. Akibatnya, tanaman akan mengalami cacact atau bahkan rusak dan tidak dapat dipasarkan. Apa maksud dari kondisi lingkungan yang tidak stabil?

Maksud dari kondisi lingkungan yang tidak stabil adalah kondisi yang seharusnya sesuai dengan syarat tumbuh bagi tanaman durian tetapi sama sekali tidak sesuai dengan syarat tumbuh dari tanaman durian. Contohnya seperti suplai air yang diberikan tidak tepat pada waktunya, dan beberapa hal lainnya.

Penyakit Penyimpangan Fisiologis Pada Durian

Penyakit Penyimpangan Fisiologis Pada Durian

Penyakit penyimpangan fisiologis tidak tampak jika hanya dilihat dari luar permukaan kulit durian saja. Tetapi, pada saat sudah dibuka, nantinya akan tampak gejala yang akan ditimbulkan akibat penyimpangan fisiologis ini.Simak juga 5 Jenis Durian Yang Paling Enak Rasa Manis Daging Tebal

Lantas, apa-apa saja jenis penyimpangan fisiologis yang terjadi pada tanaman durian? Penyimpangan fisiologis yang terjadi pada tanaman durian diantaranya adalah sebagai berikut.

Inti basah Pada Durian

Advertisement

Inti basah termasuk ke dalam penyimpangan fisiologis  yang sering terjadi pada tanaman durian. Penyebab dari inti basah ini sendiri adalah satu hari sebelum panen, hujan lebat terjadi sehingga air hujan tersebut masuk ke dalam buah durian. Akibatnya, buah durian yang telah dipanen mengandung air yang terlalu banyak.Tulisan terkait Marfologi Anatomi Tumbuhan Durian Lengkap

Ciri-ciri dari adanya penyimpangan fisiologis inti basah ini adalah daging buah beserta batangnya menjadi berair dan sangat lembek. Penyimpangan fisiologis yang seperti ini akan menyebabkan seluruh bagian daging buah ddurian menjadi busuk berat.

Untuk pencegahan inti basah dapat dilakukan dengan cara air yang terlalu banyak setelah hujan turun sebaiknya langsung dibuang untuk menghindari genangan.

Buah masak tidak merata Pada Durian

Penyebab dari buah masak tidak merata adalah ketidakseimbangan nutrisi dan juga mineral yang didapatkan oleh buah durian tersebut. Akibatnya, sebagian buah ada yang masak dan sebagian lagi ada yang tidak masak.Baca juga Asal-Usul Durian Buah Lokal Asli Indonesia

Tidak hanya itu saja, buah masak tidak merata juga diakibatkan oleh ketersediaan air yang kurang serta kondisi lingkungan yang kurang diperhatikan.

Ciri-ciri tanaman yang terkena busuk masak tidak merata ini adalah jika dilihat pada sebagian buah durian ada yang masih keras dan tidak memiliki rasa dan bau sedikitpun.

Penyimpangan fisiologis ini sangat berpotensi menyerang bagian buah durian yang berukuran besar. Ingatlah, semakin besar suatu buah durian maka semakin besar pula potensi buah durian tersebut terserang penyimpangan fisiologis yang satu ini.

Pencegahan buah masak tidak merata adalah dengan melakukan pemupukan yang seimbang, penyiraman air yang tepat pada waktunya, dan kondisi lingkungan yang perlu diperhatikan lagi.

Inilah sedikit ulasan Penyakit Penyimpangan Fisiologis Pada Durian semoga bisa membantu dan berguna.Tulisan terkait Lain Menanam Durian Agar Cepat Berbuah Rasa Manis Daging Tebal

Advertisement
Penyakit Penyimpangan Fisiologis Pada Durian | admin | 4.5