Perawatan Bibit Durian Dan Dewasa Supaya Cepat Berbuah

Perawatan Bibit Durian Dan Dewasa Supaya Cepat Berbuah – Dalam suatu penanaman, pemeliharaan merupakan hal yang paling harus dikerjakan. Karena, baik atau buruknya hasil buah durian nantinya ditentukan dari bagaimana petani tersebut Perawatan tanamannya. Tidak terkecuali untuk tanaman durian. Tanaman durian termasuk tanaman yang dibudidayakan untuk menghasilkan buah.

Supaya menghasilkan buah yang bermutu, petani durian dituntut untuk merawat tanaman duriannya agar mendapatkan durian yang bermutu. Pemeliharaan tanaman durian dapat dilakukan saat durian tersebut masih muda hingga durian tersebut sudah dewasa.

Advertisement

Di dalam pemeliharaan tanaman durian, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Dan diantaranya adalah sebagai berikut.

Perawatan Bibit Durian Dan Dewasa Supaya Cepat Berbuah

Perawatan Bibit Durian Dan Dewasa Supaya Cepat Berbuah

Pada saat masih muda, tanaman durian perlu dilakukan pemupukan. Ada beberapa pupuk yang dapat diberikan pada saat tanaman masih muda.

Untuk melakukan pemupukan pada tanaman durian, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh petani tanaman durian tersebut. Dan beberapa cara tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.Jangan lupa baca dulu Marfologi Anatomi Tumbuhan Durian Lengkap

Pupuk Bibit Durian terbaik cepat besar

  1. Pemupukan pertama dapat dilakukan dengan menggunakan dolomit. Dolomit dapat diberikan tepat di bawah tajuk. Pemberian pupuk dilakukan sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.
  2. Selanjutnya, pupuk NPK dapat ditaburkan kembali tepat di bawah tajuk. Pemberian pupuk dapat dilakukan sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.
  3. Tidak hanya itu saja, pupuk kompos juga perlu ditaburkan dibawah tajuk. Berikan dosis sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.
  4. Setelah semua jenis pupuk ditebarkan di bawah tajuk tanaman selanjutnya area sekitar di bawah tajuk tanaman dapat ditutup dengan menggunakan tanah. Tutup dengan menggunakan tanah secara tipis.
  5. Apabila pupuk tabur telah diberikan seluruhnya, selanjutnya pupuk daun dapat diberikan pada permukaan daun luar dan permukaan dalam daun.

Itulah cara memberikan pupuk pada tanaman durian.

Mengelola area bawah tajuk Durian

Pemeliharaan ini dapat dilakukan untuk tanaman muda saja. Area bawah tajuk memang perlu dikelola. Apa tujuannya mengelola area bawah tajuk pada tanaman durian muda? Tujuan dari mengelola area bawah tajuk pada tanaman durian muda adalah untuk memberikan kondisi lingkungan yang sesuai dengan syarat tumbuh bagi tanaman durian itu sendiri.

Perawatan Bibit Durian Dan Dewasa Supaya Cepat Berbuah

Ketika mengelola area bawah tajuk, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, dan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Apabila terdapat gulma atau rumput yang berpotensi dapat memunculkan hama maupun penyakit dapat dipotong atau dapat juga dicabut dengan menggunakan tangan kosong.
  2. Untuk menghambat pertumbuhan gulma atau rumput dapat dilakukan dengan cara memasang mulsa organik tepat di bawah tajuk. Dengan begitu, tidak ada lagi gulma atau rumput yang berpotensi dapat menimbulkan hama maupun penyakit yang dapat berpotensi membuat tanaman menjadi mati.
  3. Saat memasuki musim hujan, sebaiknya tanah di sekitar area bawah tajuk dapat ditambah lagi. Tujuannya agar air tidak menggenangi area sekitar bawah tajuk. Tidak hanya saat memasuki musim hujan saja, tetapi saat sesudah musim hujan pun perlu diberikan tanah disekitar area bawah tajuk.

Pemeliharaan Tanaman Pohon durian Dewasa

Saat memelihara tanaman durian, antara pemeliharaan tanaman dewasa dengan pemeliharaan tanaman muda itu berbeda-beda. Hal ini dikarenakan kebutuhan setiap fase pertumbuhan itu berbeda. Karena itulah antara pemeliharaan tanaman durian muda dengan pemeliharaan tanaman durian dewasa itu berbeda.Baca juga Asal-Usul Durian Buah Lokal Asli Indonesia

Advertisement

Pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas mengenai pemeliharaan tanaman durian dewasa saja. Ketika memelihara tanaman durian dewasa, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh petani tanaman durian tersebut. Dan diantaranya adalah sebagai berikut.

Perawatan Bibit Durian Dan Dewasa Supaya Cepat Berbuah

Melakukan pemupukan Pada Durian

Tidak hanya tanaman durian muda saja yang perlu dilakukan pemupukan, tetapi tanaman durian dewasa juga perlu dilakukan pemupukan. Di dalam melakukan pemupukan, ada tahap-tahapnya. Dan tahap-tahap melakukan pemupukan pada tanaman dewasa diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pupuk pertama yang dapat diberikan adalah pupuk dolomit. Berikan pupuk dolomit secara merata di area bawah tajuk dan sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.
  2. Pupuk kedua yang dapat diberikan adalah pupuk NPK sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.
  3. Pupuk ketiga yang dapat diberikan adalah kompos. Kompos diberikan tepat di area bawah tajuk sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.
  4. Pupuk keempat yang dapat diberikan adalah pupuk daun. Pupuk daun ini diberikan dengan cara disemprotkan secara merata pada permukaan daun luar dan pada dalam tajuk.
  5. Setelah itu, larutan POC dapat disirimkan di area bawah tajuk sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.

Itulah beberapa tahap dalam melakukan pemupukan pada tanaman dewasa.

Melakukan pemangkasan Rating atau cabang durian rusak

Tujuan dari pemangkasan pada tanaman durian dewasa adalah supaya produksi buah menjadi optimal. Pada saat tanaman dewasa biasanya petani lebih memfokuskan untuk membuat tanaman berproduksi secara optimal. Dengan melakukan pemangkasan, maka produksi buah bisa menjadi optimal.Tulisan lain Menanam Durian Agar Cepat Berbuah Rasa Manis Daging Tebal

Tidak hanya itu saja, pemangkasan juga bertujuan untuk mempertahankan bentuk tajuk yang seimbang, mengatur daun supaya tidak saling menutupi satu sama lain. Daun yang tidak dilakukan pemangkasan biasanya akan menutupi daun satu sama lain sehingga daun tidak dapat sinar matahari yang utuh dan proses fotosintesis menjadi terhambat.

Cara memangkas tanaman durian dewasa adalah sebagai berikut.

  1. Pemangkasan pertama dapat dilakukan pada tunas-tunas kecil dan pada tunas air. Tunas air yang dipangkas merupakan tunas air yang ada pada cabang primer pada dua per tiga bagian dalam tajuk tanaman.
  2. Pemangkasan kedua dapat dilakukan pada cabang-cabang primer yang berukuran kecil serta yang berdekatan dan yang tidak sejajar.
  3. Apabila sudah melakukan pemangkasan, sebaiknya bekas potongan tersebut dapat diolesi dengan menggunakan fungisida agar bekas potongan tersebut dapat cepat kembali.

Itulah cara memangkas tanaman durian dewasa.

Waktu penyiraman durian

Tanaman durian merupakan tanaman yang membutuhkan air agar terus hidup. Penyiraman dapat dilakukan dengan menggunakan selang. Penyiraman yang dilakukan pada tanaman durian dewasa dilakukan saat seminggu tidak hujan.

Apabila hujan sudah turun pada salah satu hari dalam satu minggu tersebut, sebaiknya penyiraman tidak perlu dilakukan.demikian Perawatan Bibit Durian Dan Dewasa Supaya Cepat Berbuah  semoga bisa berguna dan bermanfaat..Tulisan terkait Menanam Durian Di Pekarangan Rumah Teknik Tumpang Sari

Advertisement
Perawatan Bibit Durian Dan Dewasa Supaya Cepat Berbuah | admin | 4.5