Sejarah Asal Usul Kopi Luwak Hingga Tembus Eksport

Sejarah Asal Usul Kopi Luwak Hingga Tembus Eksport – Sejarah asal usul kopi luwak yang mendunia- Asal usul kopi luwak sangat erat kaitannya dengan sejarah pembudidayaan tanaman kopi di Indonesia.

Tumbuhan kopi diperkirakan berasal dari hutan tropis di kawasan afrika. Di Indonesia tanaman kopi mulai diperkenalkan pertama kali oleh VOC. Penanaman yang awalnya bersifat coba- coba, dirasakan justru memiliki keuntungan yang produktif oleh VOC.

Advertisement

Persebaran kopi yang meningkat dan permintaan terhadap konsumsi kopi yang sangat beragam pada akhirnya menimbulkan modifikasi tentang citarasa sebuah kopi. Modifikasi konsumsi kopi tersebut salah satunya adalah kopi luwak.Sejarah Asal Usul Kopi Luwak Hingga Tembus Eksport

Sejarah Asal Usul Kopi Luwak Hingga Tembus Eksport

Kopi luwak pertama kali mulai dikenal pada era “Tanam paksa” pada tahun 1830-1870/ belanda melarang para pekerja untuk memetik kopi guna konsumsi pribadi.Artikel terkait 3 Jenis Kopi Indonesia Tembus Pasar Ekspor

Hal tersebut pada perkembangannya para pekerja justru menemukan hewan sejenis luwak yang sangat gemar memakan daging buah kopi, sehingga kulit ari dan biji kopinya dibiarkan tetap utuh.

Kopi luwak adalah kopi yang diproduksi dari biji kopi yang telah dimakan dan melewati saluran pencernaan binatang musang. Proses yang tidak lazim tersebut membuat sebagian orang enggan mengkonsumsinya karena berbagai hal, salah satunya adalah jijik.

Maka cara lain untuk menggantikan proses fermentasinya dengan cara menumbuhkan inokulum makteri asam laktat pada biji kopi.

Advertisement

Seiring sejarah asal usul kopi luwak dan perkembangannya yang mendunia, kopi luwak saat ini merupakan salah satu kopi kegemaran orang-orang Borjuis sekaligus menjadi salah satu kopi yang termahal didunia sejak jaman kolonial. Sejarah asal usul kopi luwak pada akhirnya berkembang diberbagai daerah di nusantara.

Perkebunan- perkebunan kopi di Indonesia telah banyak yang membudidayakan kopi luwak sebagai komoditas utama mereka, salah satunya adalah penghasil kopi terbesar di Indonesia berasal dari Aceh Gayo dan Lampung.Baca juga Ciri Fisik Biji Kopi Arabika Kualitas Nomor Satu

Walaupun Indonesia masih menduduki peringkat ketiga dalam penghasil kopi setelah Afrika dan Vietnam, tetapi keunggulan kopi luwak di Indonesia yang merupakan warisan nenek moyang tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Bahkan kopi luwak menjelma sebagai komoditas kopi yang paling banyak dicari di dunia.

Mengapa kopi luwak menjadi kopi yang banyak dicari di dunia. Pertanyaan tersebut tidak tanpa sebab, terlepas dari enzim yang dimiliki oleh luwak, ternyata hewan ini sangat pandai mengkonsumsi dan memilih buah kopi terbaik yang dipilih berdasarkan indera penciumannya.

Luwak memilih buah yang matang optimal untuk dikonsumsi maka tidak heran mengapa kualitas kopi luwak menjadi salah satu kualitas terbaik kopi yang layak dikonsumsi.

Terlepas dari sejarah asal usul kopi luwak, kita sebagai masyarakat Indonesia harus berbangga menjadi produsen kopi luwak terbesar di dunia dan telah dieksport ke berbagai wilayah di dunia. Hal tersebut juga karena Indonesia merupakan pelopor pertama kopi luwak di dunia. Kopi luwak yang berkelas ini datang dari Indonesia.Simak Juga Ciri Dan Perbedaan Kopi Robusta dan Arabica

Advertisement
Sejarah Asal Usul Kopi Luwak Hingga Tembus Eksport | Penulis | 4.5