Sistem Strategi Pemasaran Buah Mangga Budidaya

Sistem Strategi Pemasaran Buah Mangga Budidaya – Agar mangga terjual dengan keras, biasanya petani mangga akan menyusun strategi pemasaran mangga. Biasanya strategi pemasaran mangga ini dilakukan oleh petani mangga dalam skala kecil atau dalam skala rumah tangga. Berbeda dengan petani mangga dalam skala besar yang tidak menerapkan strategi pemasaran mangga.

Biasanya petani mangga dalam skala besar akan menjual mangga nya di pedagang pengumpul. Hal tersebut dikarenakan tidak memungkinkan bagi petani mangga dalam skala besar menjual mangga nya di tempat-tempat tertentu karena ada begitu banyak mangga yang harus dijual dengan sesegera mungkin.

Jika tidak langsung dijual nantinya mangga tersebut akan membusuk. Maka dari itulah petani mangga dalam skala besar memilih menjual mangganya di pedagang pengumpul. Walaupun begitu, memasarkan mangga secara sendiri untungnya lebih besar daripada menjual mangga di pedagang pengumpul.

Advertisement

Sistem Strategi Pemasaran Buah Mangga Budidaya

Apalagi ditambah dengan penetapan strategi pemasaran yang akan menambah keuntungan dari pedagang mangga dalam skala kecil. Ada beberapa cara untuk memasarkan mangga yang bisa dilakukan oleh petani mangga dengan skala kecil maupun petani mangga dengan skala besar. Beberapa cara tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.Tulisan menarik lain Cara Alami Membuat Tabulampot Mangga Cepat Berbuah

Penjualan Mangga di lokasi Panen

Menjual mangga di lokasi tempat membudidayakan tanaman mangga merupakan salah satu strategi dari pemasaran mangga. Apalagi untuk mangga yang ditanam di dalam pot. Mangga yang ditanam di dalam pot dapat langsung di jual di lokasi pembudidayaan nya.

Dengan begitu, petani mangga tidak perlu repot-repot untuk memanen mangga dengan sendiri karena nantinya pembeli akan memilih tanaman mangga yang di pot mana yang akan dibelinya.

Tanaman mangga yang ditanam di dalam pot juga bisa dibeli sekaligus dengan potnya. Dengan begitu, petani mangga akan mendapatkan keuntungan yang berlipat karena petani mangga tidak perlu mengantarkan mangga di tempat tujuan atau pun menggunakan transportasi untuk memasarkan mangga.

Namun, penjualan di lokasi ini harus juga dibarengi dengan promosi yang bisa petani mangga lakukan dimana saja. Contohnya seperti memanfaatkan media online untuk mempromosikan mangga yang petani mangga jual.

Layanan antar Pada pelanggan

Layanan antar ini juga merupakan salah satu strategi dalam pemasaran mangga. Sistem layanan antar ini harus dibarengi dengan promosi supaya layanan antar mangga ini bisa dikenal oleh masyarakat luas. Cara melakukan sistem layanan antar ini adalah dengan mencantumkan nomor telepon atau pun sejenisnya di tempat promosi.

 

Sistem Strategi Pemasaran Buah Mangga Budidaya

Dengan begitu, konsumen akan menelpon nomor tersebut lalu petani mangga dapat mencatat alamat yang akan diantarkan pesanan mangga nya. Sistem pembayaran layanan antar ini dapat langsung dibayar maupun ditransfer di tempat-tempat tertentu.Baca juga 4 Penyakit Tanaman Pohon Mangga Paling Mematikan

mencari Langsung ke kebun Mangga 

Wisata kebun merupakan strategi pemasaran mangga. Kebun mangga dapat dijadikan sebagai tempat untuk wisata kebun mangga. Dengan begitu, banyak pengunjung yang berwisata ke kebun mangga. Pengunjung wisata kebun dapat memetik mangga secara langsung sekaligus berkeliling kebun mangga.

Cara menjual dan memasarkan Mengga dengan Cepat

Advertisement

Setelah kegiatan panen dan pascapanen tanaman mangga telah selesai dilakukan, hal selanjutnya yang harus dilakukan oleh petani mangga adalah memasarkan buah mangga nya. Kebanyakan petani mangga dalam hal memasarkan buah mangga nya tidak ada teknik khusus.

Padahal, dalam memasarkan buah mangga, petani mangga harus memiliki teknik khusus agar buah mangga dapat laku keras di pasaran.

Ketika memasarkan buah mangga, ada beberapa tahap yang perlu buah mangga lewati. Beberapa tahap tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Petani mangga Unggulan Budidaya

Sebelum sampai ke tangan konsumen, terlebih dahulu buah mangga berada di tangan petani mangga. Setelah petani mangga mendapatkan hasil panen mangga nya, barulah petani mangga menjualnya ke pedagang yang berada di atas petani mangga. Biasanya pedagang tersebut dinamakan pengumpul.

Pada umumnya, petani mangga lebih memilih menjual buah mangganya ke pedagang pengumpul. Hal tersebut dikarenakan pedagang pengumpul bisa langsung dibayar. Sedangkan pedagang jenis lainnya tidak langsung dibayar karena mangga tersebut belum laku. Biasanya petani mangga memilih pedagang penngumpul yang telah langganan.Baca juga Supaya Panen Buah Mangga Melimpah Gunakan Cara Ini

Pada saat harga mangga murah, biasanya pedagang pengumpul tidak memanen mangga dengan sendiri melainkan menunggu petani mangga yang memanen mangga tersebut. Sedangkan pada saat harga mangga mahal, biasanya pedagang pengumpul akan memanen mangga dengan sendirinya.

Sistem Strategi Pemasaran Buah Mangga Budidaya

Pedagang pengumpul Mangga

Pedagang pengumpul merupakan pedagang yang membeli mangga langsung dari petani mangga. Biasanya mangga yang dijual ke pedagang pengumpul harganya lebih murah dikarenakan pedagang pengumpul nantinya menjual lagi ke pedagang pengepul atau yang biasa disebut agen.

Biaya untuk menjual mangga ke pedagang pengepul lah yang menjadikan harga mangga lebih murah jika petani mangga menjual mangga di pedagang pengumpul.

Apa bedanya antara pedagang pengumpul dengan pedagang pengepul? Pedagang pengumpul yaitu pedagang yang mencari petani mangga yang akan menjual mangga. Sedangkan pedagang pengepul atau agen yaitu pedagang yang membeli buah mangga dari 12 hingga 16 dari pedagang pengumpul.

Pedagang pengepul mangga

Pedagang pengepul atau agen adalah pedagang yang menerima pedagang pengumpul untuk menjual mangga. Mangga yang dibeli dari pedagang pengumpul harganya lebih mahal daripada pedagang pengumpul membeli mangga dari petani mangga. Agen bisa menerima mangga sekitar 120-140 ton per musimnya.

Pada pedagang pengepul ini mangga akan dipilih-pilih atau yang lebih dikenal dengan penyortiran. Hal ini dilakukan karena agen nantinya akan menjual mangga ke pedagang pasar induk. Untuk itulah buah mangga harus bagus supaya dapat diterima oleh pedagang pasar induk.

Sistem Strategi Pemasaran Buah Mangga Budidaya

Pedagang pasar induk Mangga 

Pedagang pasar induk akan menerima kiriman dari pedagang pengepul atau agen secara terus- menerus sesuai dengan pesanan. Pedagang pasar induk akan membeli buah mangga sekitar 120-150 ton per musimnya. Di pedagang pasar induk inilah harga mangga menjadi acuan oleh seluruh masyarakat maupun pedagang mangga lainnya.

Jika harga di pasar induk sedang murah, maka harga mangga pun akan murah. Biasanya harga mangga akan murah pada saat panen besar-besaran. Begitu pula sebaliknya, jika harga di pasar induk sedang mahal, maka harga mangga pun akan mahal. Harga mangga akan mahal terjadi pada saat bukan pada musim panen.demikian Sistem Strategi Pemasaran Buah Mangga Budidaya semoga bisa membantu..Baca juga Ciri Umur Mangga Siap Panen Pot Dan Lahan Terbuka

Advertisement
Sistem Strategi Pemasaran Buah Mangga Budidaya | admin | 4.5