Supaya Tanaman Salak Anggur Berbuah Lebat Dengan Cara Pemangkasan

Supaya Tanaman Salak Anggur Berbuah Lebat Dengan Cara Pemangkasan – Supaya tanaman salak dan tanaman anggur cepat berbuah, biasanya pemilik tanaman akan melakukan pemangkasan. Pemangkasan memang dapat terbukti ampuh membuat tanaman menjadi cepat berbuah. Mengapa dikatakan begitu? Karena tanaman yang memiliki percabangan yang banyak tentunya memerlukan unsur hara yang banyak pula.

Sedangkan untuk pembentukan bunga harus memerlukan unsur hara yang komplit. Bunga tidak akan terbentuk jika unsur hara yang didapatkan hanya sedikit karena sudah dibagi-bagi ke bagian tanaman lainnya seperti percabangan dan lain sebagainya.

Selain itu, pemangkasan juga berguna supaya hasil buah akan besar dan bagus karena unsur haranya terpenuhi tanpa harus dibagi pada bagian tanaman lainnya.

Advertisement

Supaya Tanaman Salak Anggur Berbuah Lebat Dengan Cara Pemangkasan

Hampir semua tanaman dapat dilakukan tahap pemangkasan ini. Namun, disini kita hanya akan membahas mengenai cara pemangkasan pada tanaman salak dan tanaman anggur. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara pemangkasan pada tanaman salak dan tanaman anggur, mari kita simak uraian di bawah ini.simak juga Cara Sederhana Membuat Tanaman Cepat Berbuah Lebat

Supaya Tanaman Salak Anggur Berbuah Lebat Dengan Cara Pemangkasan

Sebagai tanaman yang berbuah, tentunya tanaman salak perlu dipangkas supaya pembuahannya dapat berlangsung dengan cepat. Cara melakukan pemangkasan pada tanaman salak adalah dengan mengurangi anakan. Tanaman salak termasuk tanaman yang harus dilakukan pemangkasan supaya pembuahannya dapat berlangsung dengan cepat.

Tanpa dilakukan pemangkasan, tanaman salak akan mengalami proses pembuahan yang lambat. Selain itu, hasil buah pun tidak sebagus tanaman yang dipangkas karena unsur hara terbagi pada semua bagian pada tanaman salak.

Supaya Tanaman Salak Anggur Berbuah Lebat Dengan Cara Pemangkasan

Apa yang akan terjadi jika tanaman salak tidak dilakukan pemangkasan? Yang akan terjadi jika tanaman salak tidak dilakukan pemangskasan adalah pembuahan akan berlangsung sangat lama. Pada saat tahun pertama dan tahun kedua tanaman tidak dipangkas, maka pembuahan akan terjadi pada umur ke-6 atau ke-7 setelah penanaman.

Berbanding terbalik jika tanaman dipangkas pada tahun pertama, tanaman akan berbuah dua setengah tahun setelah penanaman. Pada umumnya, sebelum di pangkas terlebih dahulu tanaman salak dicangkok. Setelah tumbuh akarnya, tanaman salak dapat dipisahkan dari induknya. Setelah itu, pemangkasan dapat dilakukan dan pada tahun kedua dapat dilakukan pemanenan.simak juga Mempercepat Tanaman Berbuah Dengan Pupuk Pas

Pemangkasan pada Tanaman anggur

Anggur merupakan tanaman yang sering dibudidayakan di para-para atau ditempat rambatan lainnya. Mengapa dibudidayakan di tempat yang ada rambatannya? Hal tersebut dikarenakan tanaman anggur termasuk tanaman yang memanjat. Untuk membentuk tajuk yang bagus, biasanya tanaman anggur dipangkas sedini mungkin.

Apabila tanaman anggur sudah berbuah, pemangkasan selanjutnya dapat dilakukan lagi bersamaan dengan pemangkasan perompesan daun. Tujuan untuk dilakukan pemangkasan lagi adalah supaya pembungaan dapat dipacu lagi pada musim buah berikutnya.

Supaya Tanaman Salak Anggur Berbuah Lebat Dengan Cara Pemangkasan

Ranting yang di pangkas pada tanaman anggur adalah ranting pada ruas kedua atau pada ruas ketiga. Mengapa begitu? Karena pada ruas tersebutlah tanaman dapat menghasilkan ranting yang baru, bunga, atau ranting baru dengan bunga. Semuanya tergantung kepada ranting yang dipangkas.

Advertisement

Cara Lain supaya Tanaman Cepat Berbuah Lebat

Pencincinan dan pencekikan merupakan salah satu dari sekian banyak cara mempercepat proses pembuahan pada suatu tanaman. Teknik tersebut telah dipakai oleh banyak orang untuk mempercepat proses pembuahan. Terutama bagi pembudidaya tanaman dalam skala besar yang menginginkan tanamannya cepat berbuah.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai mempercepat proses pembuahan pada suatu tanaman dengan cara pencincinan dan pencekikan.

Teknik pencincinan atau ringing Pada tanaman

Teknik pencincinan juga disebut dengan teknik ringing. Teknik pencincinan ini hampir sama dengan teknik pembacokan. Teknik pencincinan ini merupakan pengembangan dari teknik pembacokan. Karena itulah dikatakan hampir sama dengan teknik pembacokan.Tulisan terkait Dampak Kekurangan Dan Kelebihan Pupuk Pada Tanaman

Perbedaannya terletak dari tekniknya. Teknik pencincinan dilakukan lebih ekstrem daripada teknik pembacokan. Mengapa dikatakan lebih ekstrem dari teknik pembacokan? Hal tersebut dikarenakan teknik pencincinan dilakukan dengan mengupas kulit tanaman tersebut dengan lebar 12 cm.

Jika tidak dilakukan dengan hati-hati, akibatnya tanaman akan mati karena bagian kambiumnya yang rusak karena terkikis. Jenis tanaman apa saja dan bagaimana cara melakukan pencincinan dengan baik? Jenis tanaman yang bisa dilakukan teknik pencincinan dan cara melakukan pencincinan dengan baik adalah sebagai berikut.

Supaya Tanaman Salak Anggur Berbuah Lebat Dengan Cara Pemangkasan

Jenis tanaman Yang bisa di lakukan Teknik Ini

Tidak semua jenis tanaman dapat menggunakan teknik ini untuk mempercepat tanaman supaya dapat berbuah. Hanya beberapa tanaman saja seperti jambu biji, mangga, belimbing, jambu air, rambutan, nangka, sawo, dan lengkeng sajalah yang bisa menggunakan teknik ini untuk mempercepat pembuahan pada suatu tanaman.

Ingatlah, selain dari jenis tanaman tersebut tidak bisa dilakukan teknik mempercepat pembuahan ini. Teknik pencincinan dapat dilakukan beberapa bulan sebelum pembungaan berlangsung.

Cara melakukan pencincinan Pada tanaman buah

Ketika melakukan teknik pencincinan tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Harus ada teknik tersendiri supaya tanaman tidak mati akibat lapisan kambium ikut terkupas. Cara melakukan pencincinan pada suatu tanaman adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan terlebih dahulu alat-alatnya. Alat-alat yang dipersiapkan adalah pasta penyembuh luka sadap karet dan pisau yang berukuran besar yang tajam.
  2. Setelah itu, pilih tanaman yang akan dilakukan pencincinan.
  3. Pilih bagian batang tanaman yang mulus.
  4. Bagian batang tanaman yang akan dikupas kulitnya biasanya diatas  satu hingga satu setengah meter dari permukaan tanah.
  5. Untuk lebar pengupasan ukurannya adalah 12 cm.
  6. Kemudian kulit tersebut dikupas.
  7. Jangan sampai kambiumnya juga ikut terkupas.
  8. Apabila kulit batang sudah terkupas, selanjutnya bekas kulit yang dikupas dioleskan dengan pasta penutup luka.
  9. Oleskan secara merata. Jangan sampai ada bekas kulit yang tidak dioleskan pasta penutup luka karena akan menyebabkan tanaman menjadi terserang hama penyakit.

Biasanya, kulit akan kembali lagi seperti semula membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk memulihkan kulit batang menjadi seperti semula, akan memakan waktu sekitar satu tahunan atau bahkan  lebih. Untuk itulah, berikan selalu pasta penutup luka supaya kulit batang dapat kembali dengan waktu yang singkat.demikian Supaya Tanaman Salak Anggur Berbuah Lebat Dengan Cara Pemangkasan semoga bisa membantu dan berguna..Baca juga Manfaat Dan Teknik Stres Air Pada Tanaman Buah

Advertisement
Supaya Tanaman Salak Anggur Berbuah Lebat Dengan Cara Pemangkasan | admin | 4.5