Teknik Menanam Tanaman Merambat Dalam Pot

§Teknik Menanam Tanaman Merambat Dalam Pot  – Budidaya tanaman hias Merambat memang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Saat ini, membudidayakan tanaman hias memang tengah populer-populernya. Karena itulah saat ini banyak yang mengoleksi tanaman hias. Walaupun harga tanaman hias tidak murah, namun penggemar tanaman hias tetap saja ingin mengoleksinya.

Tanaman hias terbagi atas beberapa jenis, dan beberapa diantaranya seperti tanaman hias merambat dan tanaman hias tidak merambat. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tanaman hias yang merambat. Sebenarnya, antara tanaman hias tidak merambat dengan tanaman hias yang merambat itu sama saja.

Yang membedaknnya adalah alat-alat yang  dibutuhkan untuk merambat tanaman hias. Biasanya, untuk merambatkan tanaman hias diperlukan beberapa bahan. Salah satunya adalah kawat atau besi kecil. Tanpa adanya kawat atau besi kecil, tanaman hias merambat secara asal-asalan dan tidak tertata dengan rapi.

Advertisement

Berbeda halnya jika menggunakan kawat atau besi kecil, tanaman hias akan tumbuh dengan tertata rapi sesuai dengan kawat atau besi kecil yang dibentuk. Penanaman tanaman hias rambatan dapat dilakukan dimana saja. Baik itu dilakukan di tanah secara langsung maupun dengan menggunakan tempat seperti di pot.

Teknik Menanam Tanaman Merambat Dalam Pot

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara menanam tanaman hias rambatan di dalam pot. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simaklah uraian di bawah ini.Simak juga Tanaman Hias Merambat Bagus Untuk Pagar Rumah

Teknik Menanam Tanaman Merambat Dalam Pot

Pot bisa menjadi media untuk menanam tanaman hias. Pot terbagi atas beberapa jenis, diantaranya seperti pot plastik, pot keramik, pot kayu, dan beberapa jenis pot lainnya. Pilihlah pot yang sesuai dengan kondisi dan tempat dimana pot akan diletakkan. Setelah itu, persiapkanlah beberapa bahan-bahan.

Bahan-bahan yang akan dipersiapkan diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Bibit tanaman hias yang sudah siap untuk ditanam di dalam pot disisihkan dari bibit yang lainnya. Bibit yang dipersiapkan kurang lebih ada tiga buah bibit. Bibit yang baik untuk ditanam di dalam pot adalah bibit yang telah berusia 60 hari setelah penanaman berlangsung.
  • Pot plastik yang memiliki ukuran diameter 39 cm. Kadang kala air siraman sering kali menggenang pada bagian bawah pot. Untuk mengatasi masalah tersebut, pilihlah pot yang memiliki kaki supaya air siraman memiliki tempat untuk mengalir ke tempat yang lain.
  • Pilih coco peat yang sudah masak. Ciri-ciri dari coco peat yang sudah masak adalah warnanya berubah menjadi cokelat tua dari yang tadinya berwarna cokelat muda.
  • Tempat untuk merambat yang terbuat dari besi juga perlu disiapkan mengingat tanaman hias yang ditanam adalah tanaman hias yang merambat. Jika memungkinkan, pilihlah rambatan yang berbentuk seperti hati atau payung-payungan supaya lebih menarik lagi.
  • Media tanam seperti sekam bakar yang telah matang yang ditandai dengan warna sekam bakar menjadi berwarna hitam pekat.
  • Pupuk kandang juga perlu di persipkan. Bisa juga menggunakan pupuk organik.

Teknik Menanam Tanaman Merambat Dalam Pot

Advertisement

Menanam Tanaman Hias merambat Di Pagar Lahan terbuka

Menanam tanaman hias dapat dilakukan dimana saja. Seperti di dalam pot, di pergola, dan di lahan. Tanaman hias terbagi atas dua jenis, yaitu tanaman hias merambat dan tanaman hias tidak merambat. Tanaman hias merambat banyak dipakai untuk penghias pagar dan pergola. Sedangkan tanaman hias tidak merambat hanya untuk menghias suatu ruangan.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara menanam tanaman hias merambat di lahan. Menanam tanaman hias merambat di lahan dapat dilakukan dibagian mana saja termasuk di tepi pagar. Tanaman hias merambat memang sangat cantik jika diletakkan di tepi pagar. Apalagi tanaman hias tersebut memiliki bunga yang indah.Simak Juga Tanaman Hias Merambat Cocok Untuk Tembok Kanopi

Lantas, bagaimanakah cara menanam tanaman hias merambat di lahan tepatnya di tepi pagar? Cara menanam tanaman hias merambat di lahan tepatnya di tepi pagar adalah sebagai berikut.

Teknik Menanam Tanaman Merambat Dalam Pot

 

Bahan yang diperlukan

Sebelum menanam tanaman hias merambat, terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan yang diperlukan untuk menanam tanaman hias merambat di tepi pagar adalah sebagai berikut.

  1. Kawat.
  2. Anjang-anjang.
  3. Tang.
  4. Dan cangkul.

Itulah beberapa bahan yang perlu dipersiapkan.

Cara menanam Tanaman hias Merambat Di Pagar

Setelah bahan-bahan yang diperlukan untuk menanam tanaman hias telah dipersiapkan, selanjutnya Anda dapat menanam tanaman hias di lahan dekat pagar pagar besi. Bagaimanakah cara menanam tanaman hias di lahan dekat pagar besi? Cara menanam tanaman hias di lahan dekat pagar adalah sebagai berikut.

  1. Bibit terlebih dahulu dipersiapkan. Kali ini kita akan menanam bibit melati yang telah berusia kurang lebih 45 hari atau yang telah memiliki daun lebih dari 20 biji.
  2. Siapkan lahan yang akan ditanami tanaman hias. Kali ini kita akan menanam tanaman hias dilahan sekitar pagar.
  3. Lahan tersebut kemudian digali.
  4. Untuk ukurannya dapat disesuaikan dengan ukuran bibit yang ada.
  5. Supaya tanah menjai subur, tambahkan pupuk kandang ke dalam lubang tanam.
  6. Setelah itu, lepaskan bibit tanaman hias dari polibag atau tempat yang sebelumnya. Ketika melepaskan bibit, usahakan jangan sampai perakaran bibit sampai terlepas karena akan menyebabkan sistem perakaran menjadi mati.
  7. Masukkan bibit tersebut ke dalam lubang tanam.
  8. Tutup kembali dengan menggunakan tanah bekas galian sebelumnya yang telah dicampur dengan pupuk kandang.
  9. Tekan-tekan tanah disekitar bibit supaya bibit dapat berdiri kuat.
  10. Anjang-anjang dapat dipasang. Usahakan lokasi penanaman pas disamping pagar agar anjang-anjang memiliki tempat untuk merambat.
  11. Supaya tanaman dapat merambat sesuai dengan alur anjang-anjajng, ikat bagian ujung tanaman dengan menggunakan kawat ke anjang-anjang.
  12. Supaya mendapatkan air yang cukup, setelah penanaman siram langsung dengan menggunakan air dari selang. Jangan sampai air menggenang karena dapat menyebabkan hama penyakit menyerang tanaman hias.
  13. Tunggulah hingga beberapa bulan. Setelah itu, tanaman hias akan memenuhi pagar dan hasilnya akan sangat bagus.

Itulah cara menanam tanaman hias merambat pada pagar dan sesuai judul di atas Teknik Menanam Tanaman Merambat Dalam Pot semoga saja bisa berguna dan membantu..Tulisan terkait lain Membuat Desain Rambatan Tanaman Hias Bunga

Advertisement
Teknik Menanam Tanaman Merambat Dalam Pot | admin | 4.5